Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul berkembang dengan sangat pesat dengan munculnya tempat-tempat wisata menarik. Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk yang kini menjadi primadona wisata di Jogja. Air Terjun Sri Gethuk dan Sungai Oyo ini bagaikan oase di tengah kegersangan wilayah yang terkenal sebagai daerah yang sering kekeringan ini.

Selain pemandangan yang indah dan menarik, beberapa aktivitas seru bisa dilakukan di tempat wisata ini agar liburanmu lebih mengesankan.

Sekilas Tentang Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun yang mengalir di tempat wisata ini berasal dari tiga mata air yaitu Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Aliran air dari mata air tersebut masuk melalui tebing tinggi dan mengalir ke dalam sungai Oyo yang konon katanya tidak pernah kering maupun surut. Ketinggian air terjun sendiri berkisar 50 meter dan diapit oleh tebing tinggi. Jika beruntung Anda pun bisa menyaksikan warna-warni pelangi yang berada di antara aliran air terjun Sri Gethuk Jogja yang mengalir deras. Debit air terjun di sini mencapai 30 hingga 60 liter per detik.

Kunjungi juga candi dengan relief yang unik dan penuh misteri: Candi Pawon

Menariknya, sumber air terjun ini hanya berasal dari tebing yang kering dan tidak terlihat tanda sumber mata airnya ketika berada di atasnya. Hijaunya pepohonan di sekitar lokasi, air terjun yang mengalir deras, dan pematang sawah di dekat lokasi air terjun menjadi perpaduan harmoni alam yang menarik. Nuansa khas alam pedesaan begitu terasa dengan adanya warung-warung yang menjual makanan khas daerah Gunungkidul.

Foto

Aktivitas Menarik di Air Terjun Sri Gethuk

Selain menikmati panorama keindahan alam yang ada berupa air terjun yang terus mengalir melewati batuan 5 tingkat, Anda bisa mencoba aktivitas menarik berikut ini:

  • Body rafting/river tubing dan berenang menggunakan ban pelampung
  • Susur Sungai Oya dengan jarak kurang lebih 700 meter
  • Trekking melewati jalan setapak di pematang sawah sambil menikmati hijaunya pemandangan yang ada
  • Cliff jumping yaitu melompat dari atas tebing dengan ketinggian 3 – 5 meter yang bisa ditempuh dengan meniti tali yang disediakan
  • Canyoning yaitu aktivitas rappelling atau turun dari atas tebing menggunakan tali dan dilakukan di bawah guyuran air terjun
  • Menikmati kuliner tradisional seperti tiwul, ikan wader, gatot, sayur lombok hijau, belalang goreng, dan masih banyak lagi

Rute dan Lokasi Air Terjun

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, anda bisa rental mobil jogja dengan sopir atau lepas kunci.

Fasilitas yang Tersedia

Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini dan terbilang cukup memadai:

  • Toilet dan kamar mandi
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Flying fox
  • Tempat penitipan barang
  • Tempat penyewaan ban dan pelampung
  • Kapal atau perahu sederhana

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Meskipun sudah menjadi tempat wisata yang cukup terkenal dan memiliki popularitas tinggi, harga tiket yang harus dikeluarkan masih sangat terjangkau. Berikut ini tarif dan biaya yang harus Anda keluarkan selama berlibur di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 15.000,-
Sewa KapalRp 10.000,- per orang
Sewa BanRp 2.000,-
Harga MakananRp 10.000,- – Rp 15.000,-

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sangat disarankan untuk tidak datang ketika musim hujan karena debit air naik dan airnya pun cenderung berwarna kecoklatan. Sedangkan ketika tidak sedang musim hujan, air sungai di Air Terjun Sri Gethuk ini tampak tenang dan sangat jernih. Anda bisa memilih trekking berjalan kaki melewati pematang sawah atau menaiki kapal dalam waktu sekitar 10 -15 menit. Kapal yang disewakan cukup menarik karena terbuat dari kayu dan drum hasil kreativitas pengelola. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja terlengkap.

Mengajak keluarga maupun teman-teman untuk berlibur ke sini menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan Anda. Udaranya yang sejuk dengan pemandangan yang indah menjadikan tempat wisata ini banyak diminati. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan di Air Terjun Sri Gethuk agar kelestarian alamnya tetap terjaga.