Jika anda jalan-jalan ke kota Jogja dijamin anda tidak akan kehabisan tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi. Kawasan Jogja memang kaya akan tempat wisata, satu diantaranya adalah Alun-Alun Kidul. Siapapun yang datang ke Jogja wajib mampir ke alun-alun ini. Ada banyak wisatawan yang datang ke alun-alun ini untuk mencoba banyak aktivitas seru yang menyenangkan.

Tempat wisata yang satu ini memang berbeda dari tempat wisata yang lainnya. Daerah ini sudah lama dikenal sebagai tujuan favorit para turis dan penduduk lokal. Sebagaimana fungsi alun-alun pada umumnya, alun-alun di kota Jogja ini juga sebenarnya memiliki fungsi tempat berkumpulnya para warga. Jika anda merasa penasaran, berikut ini akan disampaikan beragam informasi seputar Alun-Alun Kidul.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Alun-Alun Kidul

Alun-alun yang satu ini berlokasi di Jalan Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. Lokasi lebih tepatnya, alun-alun ini tepat berada di belakang Keraton Yogyakarta. Hal ini dikarenakan alun-alun ini sebenarnya merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta. Akses menuju ke tempat ini sebenarnya juga tidak sulit. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil untuk bisa sampai dengan cepat ke tempat ini. Alun-alun kota Jogja ini ramai dikunjungi karena lokasinya yang memang terbilang strategis. Apalagi ada banyak tempat wisata lain yang tidak jauh dari tempat ini, seperti Taman Sari dan masih banyak lagi.

Setiap tempat wisata pada umumnya mewajibkan pengunjungnya membayar tiket masuk. Namun anda tidak perlu khawatir jika pergi ke tempat wisata yang satu ini. Alun-alun kota Jogja ini bisa dinikmati gratis alias tidak ada uang tiket masuk sama sekali. Hanya saja jika anda ingin naik wahana-wahana tertentu anda harus membayar sesuai dengan tarif yang diberikan. Jadi bagi anda yang ingin liburan murah tanpa modal, tempat yang satu ini bisa jadi rekomendasi terbaik. Menyenangkan sekali berlibur di alun-alun ini. Apalagi alun-alun ini memiliki sejarah tersendiri.

Sekilas Sejarah Alun-Alun Kidul

Pada zaman dahulu, sebenarnya alun-alun ini adalah tempat bagi para prajurit keraton untuk berlatih. Namun melihat banyaknya animo masyarakat akan halaman belakang keraton ini, membuat pemerintah setempat membukanya untuk umum. Sejak dibuka untuk umum, tempat ini menjadi ramai dan tidak pernah sepi dari pengunjung. Tentu saja masyarakat Jogja juga menyambut dengan gembira dibukanya alun-alun ini untuk masyarakat.

Lihat wisata Jogja bersejarah : Museum Vredeburg

Menurut cerita, halaman belakang Keraton Yogyakarta ini dibuat luas, agar terlihat seperti bagian depan keraton. Hal ini juga merupakan akibat nilai masyarakat setempat yang tidak boleh membangun bangunan membelakangi laut pantai selatan. Namun terlepas dari cerita dan mitos yang berkaitan dengan alun-alun ini, halaman belakang Keraton dibuat luas agar masyarakat bisa memiliki ruang publik yang nyaman.

Mitos Terkenal Di Alun-Alun Kidul

Bila berbicara tentang alun-alun yang satu ini, maka alun-alun ini tidak bisa terlepas dari sebuah mitos. Mitos ini berkaitan dengan dua buah pohon beringin yang di tanam tepat pada bagian depan alun-alun. Masyarakat percaya bahwa kedua pohon beringin ini adalah gerbang untuk masuk ke dalam keraton dari jalur belakang yang sesungguhnya. Namun menurut mitos, hanya orang yang hatinya bersih saja yang bisa melewati gerbang pohon beringin ini.

Mitos ini jelas belum diketahui kebenarannya. Namun masyarakat Jogja sangat mengetahui akan mitos tersebut. Bahkan mereka menciptakan permainan yang diberi nama “masangin”. Permainan ini sebagai ajang pembuktian apakah seseorang memiliki hati yang bersih atau tidak. Tentu saja hal ini banyak dijadikan ajang seru-seruan oleh pengunjung. Disamping mitos yang menarik, ada banyak juga kegiatan seru yang bisa anda lakukan di sini.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Alun-Alun Kidul

Rasanya tidak akan lengkap jika anda tidak mengetahui kegiatan seru apa yang bisa dilakukan di alun-alun ini. Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama teman ataupun keluarga. Berikut ini kegiatan seru tersebut:

1. Bermain Permainan Masangin

Jika sudah ke tempat ini, sebaiknya ikuti tantangan bermain permainan masangin. Cara permainan ini sangat mudah, yaitu anda harus menutup mata menggunakan penutup mata. Setelah itu, cobalah untuk lewat di antara dua pohon beringin yang ada di alun-alun. Mitosnya siapapun yang bisa lewat diantara kedua pohon beringin itu berarti hatinya bersih atau orang baik. Nyatanya ada banyak wisatawan yang gagal dalam percobaan pertamanya. Anda tidak perlu bingung mencari penutup mata. Ada banyak tempat sewa tutup mata di sini.

2. Naik Odong-Odong

Di kawasan ini juga banyak sekali wahana-wahana seru, salah satunya adalah odong-odong. Bagi anda yang memiliki anak kecil, tidak ada salahnya mencoba permainan yang satu ini. Pasti anak anda akan merasa sangat senang bisa keliling alun-alun menggunakan odong-odong. Apalagi odong-odong yang ada di sini bukan odong-odong sembarangan. Semua odong-odong dihiasi dengan lampu kelap kelip. Hal ini juga yang membuat suasana alun-alun menjadi meriah apalagi pada saat malam hari.

3. Berkeliling Alun-Alun Naik Sepeda

Bagi anda yang hobi bersepeda, berkeliling alun-alun dengan menggunakan sepeda adalah kegiatan yang sangat direkomendasikan. Pasti akan sangat menyenangkan naik sepeda sambil menikmati pemandangan alun-alun yang cukup rindang. Apalagi jika anda melakukannya bersama teman-teman. Namun pastikan anda hanya bersepeda santai saja. Ada banyak orang yang datang ke alun-alun, jangan sampai anda mengganggu aktivitas mereka. Ditambah lagi ada banyak wisatawan yang melakukan masangin dan tidak bisa melihat anda yang sedang bersepeda.

4. Berburu Kuliner Lezat

Alun-alun ini adalah tempat yang tepat untuk berburu makanan kuliner khas Jogja. Jogja memang sangat terkenal dengan makanannya yang murah dan juga lezat. Ada banyak sekali pedagang yang menjual makanannya dengan murah di sekitar alun-alun. Anda bisa berburu kuliner lezat dengan mudah di tempat ini. Beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk anda adalah pecel, oseng-oseng teri, aneka sate dan beberapa makanan khas Jogja lainnya. Semua makanan ini dijamin murah dan yang terpenting rasanya lezat.

5. Lesehan Sambil Menikmati Suasana Teduh

Hal yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan yang datang kemari adalah lesehan sambil menikmati suasana teduh. Lesehan atau duduk santai di atas tikar memang aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa melihat aktivitas para pengunjung yang menikmati keseruan. Apalagi jika anda lesehan sambil menikmati sajian kuliner lezat. Momen ini juga bisa anda manfaatkan untuk saling bercengkrama dengan keluarga dan teman-teman anda. Sehingga anda mendapatkan sensasi liburan yang memuaskan.

Dapatkan liburan yang menyenangkan dengan mengunjungi Alun-Alun Kidul. Ketika anda pergi ke sini, sebaiknya luangkan waktu untuk jalan-jalan ke tempat-tempat menarik yang ada di sekitar alun-alun. Anda bisa juga singgah ke Taman Sari dan beberapa tempat lainnya.

Lihat selengkapnya wisata Jogja eksotis : Taman Sari

Ajak keluarga dan teman-teman anda untuk menikmati suasana di alun-alun ini. Jangan lupa untuk membawa persediaan uang yang cukup untuk menyewa wahana atau membeli makanan. Perhatikan dan ikuti juga aturan-aturan yang dibuat di alun-alun ini.