Wonogiri merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Provinsi Yogyakarta di bagian timur. Meskipun kurang terkenal sebagai kota dengan tempat wisata yang hits, ternyata wilayah ini menyimpan pesona alam yang tersembunyi. Salah satunya adalah Bukit Cumbri Wonogiri yang baru-baru ini viral di media sosial karena panorama keindahan dari ketinggian yang begitu indah.

Perjalanan yang jauh dan melelahkan untuk sampai di puncak bukit ini pun akan terbayar lunas ketika melihat panorama keindahan yang disuguhkan.

Sekilas Tentang Bukit Cumbri Wonogiri

Bukit Cumbri Wonogiri berada pada ketinggian 638 mdpl dengan keistimewaan pemandangannya bagaikan negeri di atas awan. Keindahan puncak ini dapat dilihat dari 2 puncak menawan yang menghadap ke barat dan ke timur. Puncak yang menghadap ke barat memiliki ketinggian lebih rendah dibandingkan puncak satunya. Para pengunjung yang datang akan disuguhkan pemandangan yang menawan berupa awan putih yang terlihat lebih dekat, hijaunya pepohonan, dan Kota Wonogiri beserta bukit-bukit lain di sekitarnya terlihat jelas di sini.

Wisata alam yang seru di Jogja: Goa Pindul

Momen sunrise menjadi salah satu momen terbaik yang banyak diburu para pelancong sehingga mereka rela datang ketika pagi hari. Tempat ini pun banyak dijadikan spot untuk hunting foto bagi para pecinta fotografi. Salah satu spot favorit untuk berfoto adalah di puncak Cumbri dengan background panorama Wonogiri yang asri. Selain hanya sekedar menikmati hangatnya mentari ketika pagi hari, tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk berkemah. Karena pemandangan yang indah pun bisa didapat ketika sore hari saat sunset tiba dan malam hari dengan keindahan kelap-kelip lampu Kota Wonogiri. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja terlengkap.

Foto

Tips Berlibur ke Bukit Cumbri Wonogiri

Agar liburan Anda ke Bukit Cumbri lebih mengesankan, tips-tips berikut ini bisa jadi pertimbangan untuk dilakukan:

  1. Pastikan kondisi badan dalam keadaan fit karena untuk mencapai puncak bukit ini Anda harus melewati jalanan menanjak yang cukup menantang.
  2. Pastikan Anda harus berhati-hati selama trekking karena struktur tanah bukit yang tidak rata dan banyak batuan yang lebih tinggi dari yang lain, bahkan cenderung curam.
  3. Datanglah ketika pagi hari untuk mendapatkan salah satu momen terbaik ketika cahaya matahari beranjak naik.
  4. Datanglah ketika hari biasa dan bukan hari libur karena ketika libur biasanya akan sangat ramai pengunjung sehingga harus berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya ketika ingin berfoto.

Lokasi Wisata Bukit Cumbri

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang terdapat di bukit ini terbilang masih sangat minim dan kurang memadai. Hanya ada area parkir, jalur trek yang sudah dibuka untuk memudahkan perjalanan ke puncak, camping ground, dan spot foto yang menarik.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Tiket masuk Bukit Cumbri Wonogiri adalah gratis. Para wisatawan cukup membayar biaya parkir biaya tambahan jika ingin menginap. Tak perlu merogoh kocek mahal untuk menikmati keindahan alam yang mempesona seperti di Bukit Cumbri ini. Berikut rincian biaya yang harus Anda siapkan:

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Biaya ParkirRp 3.000,-
Biaya MenginapRp 10.000,-

>Bagi Anda yang belum pernah mendaki gunung, tak perlu khawatir karena trek yang harus dilewati cukup aman dengan pijakan yang biasa dinaiki pendaki pemula. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki yang safety agar perjalanan Anda menuju puncak Bukit Cumbri Wonogiri tetap aman dan nyaman. Hati-hati selama trekking dan perhatikan jalur yang dilewati karena terdapat jurang di pinggir jalur yang dilewati.

Udara yang sejuk dan nyaman dengan pemandangan indah yang disuguhkan seperti menjadi paket lengkap untuk melepas kepenatan. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa rental mobil jogja lepas kunci yang ada. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di Bukit Cumbri Wonogiri agar kelestarian alamnya tetap terjaga.