Momen sunrisedan sunset seringkali menjadi momen yang banyak ditunggu para penikmat alam. Tak jarang untuk mendapatkan pemandangan tersebut para wisatawan harus mencari spot yang paling tepat. Salah satunya adalah Bukit Paralayang di Watugupit yang sering dijadikan spot paralayang. Atraksi para atlet yang sedang melakukan paralayang pun sering menjadi tontonan para wisatawan.

Bukit ini juga menghadirkan pemandangan alam yang begitu mempesona ketika sore hari sehingga dijadikan sebagai destinasi wisata.

Sekilas Mengenai Bukit Paralayang Watugupit

Bukit dengan ketinggian mencapai 900 mdpl ini awalnya hanyalah perbukitan biasa hingga pada tahun 1991 dibuat landasan beton pertama untuk paralayang. Sekitar tahun 1998, tempat ini pun disulap menjadi bukit yang memiliki fasilitas pendukung seperti pendopo joglo, area parkir, dan tangga. Untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal, para wisatawan harus rela melewati ratusan anak tangga yang berada di antara tebing bebatuan. Pengaman yang tersedia di samping tangga cukup membuat pengunjung merasa tenang karena setidaknya ada yang menjadi pengaman ketika menaiki tangga tersebut.

Wisata dengan sunset yang romantis: Embung Nglanggeran

Bukit ini seolah memfasilitasi 2 fungsi bagi penikmat sunset dan pecinta paralayang. Ketika siang hari banyak atlet paralayang yang memanfaatkannya untuk olahraga paralayang dan tak jarang dijadikan tempat untuk mengadakan event kejuaraan. Sedangkan ketika sore hingga petang hari lebih sering dipenuhi pemburu sunset karena tempat ini juga terkenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset. 

Foto

Panorama Keindahan Bukit Paralayang

Keindahan matahari terbenam di balik bukit dengan warna jingganya yang sejajar dengan garis horizon laut Parangtritis menjadi daya tarik utama bukit ini. Keindahan alam Pantai Parangtritis pun terlihat begitu jelas dari atas ketinggian dan dapat dinikmati dengan sensasi yang berbeda. Tak heran sunset bukit paralayang menjadi favorit banyak wisatawan. Panorama keindahan alam berupa cakrawala, pantai, laut, dataran hijau, sunset, dan kelap-kelip lampu di jalan utama seolah menjadi paket lengkap wisata bukit ini.

Tak jarang tempat ini sering dijadikan salah satu spot romantis untuk dinikmati bersama pasangan. Selain sunset, sunrise bukit paralayang parangtritis ini juga tidak kalah indahnya dan sayang untuk dilewatkan.Selain itu, hunting foto di tempat ini pun menjadi pilihan yang tepat karena banyak pemandangan dan momen menarik yang bisa didapatkan dari atas bukit ini. Apalagi ketika event paralayang tiba atau ketika para atlet banyak yang latihan di sini, warna-warni paralayang pun menjadi pemandangan lain yang cukup menarik.

Lokasi Bukit Paralayang

Untuk menuju tempat wisata ini, anda bisa rental mobil murah di jogja dengan sopir atau lepas kunci.

Fasilitas yang Tersedia

Tak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia di bukit ini karena fasilitas yang tersedia terbilang cukup memadai untuk kebutuhan pengunjung, di antaranya:

  • Meja dan kursi untuk menikmati pemandangan yang sering dijadikan tempat nongkrong para wisatawan yang datang
  • Kedai yang menjual berbagai menu makanan dan minuman
  • Tangga untuk naik ke puncak bukit
  • Pendopo joglo
  • Area parkir

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk memasuki Bukit Paralayang Anda hanya cukup membayar tiket retribusi dan biaya parkir dengan rincian sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 3.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
RetribusiRp 10.000,-
Olahraga ParalayangRp 400.000,-

Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam sehingga Anda bisa datang kapanpun untuk menikmati indahnya pemandangan di sini. Namun, waktu pagi dan sore menjadi waktu ideal agar bisa menikmati sunrise dan sunset di sini. Pada waktu-waktu tersebut pun tempat ini cukup padat oleh pengunjung. Keindahan alam yang begitu mempesona begitu terlihat jelas dari atas bukit ini sehingga membuat takjub siapapun yang memandangnya.

Meskipun harus melewati tangga yang cukup banyak, lelahnya bisa terbayar lunas ketika melihat pemandangan dari atas bukit ini. Bukit Paralayang Watugupit menjadi tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu sore bersama pasangan, teman, maupun keluarga. Anda pun bisa mengambil paket wisata jogja Bukit Paralayang bersama tempat-tempat wisata lain di sekitarnya seperti Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, atau Pantai Depok.