Menikmati panorama keindahan laut selalu identik dengan bibir pantai dan hamparan pasirnya yang luas. Para wisatawan datang ke pantai untuk menikmati laut dari dekat di bibir pantai sambil sesekali membiarkan tubuhnya terkena ombak yang datang silih berganti. Bukit Pengilon akan memberikan nuansa berbeda dalam menikmati keindahan laut dari atas ketinggian bukit yang dipenuhi rerumputan hijau.

Suasana yang berbeda dengan pemandangan yang unik ini tentu cukup menarik dan akan memberikan pengalaman yang berbeda dan mengesankan.

Sekilas Tentang Bukit Pengilon

Bukit Pengilon merupakan tempat wisata Gunungkidul yang cukup baru hits, namun banyak sekali wisatawan yang datang meramaikan tempat ini. Lokasi bukit ini tepat berada di bibir pantai deretan laut selatan Gunungkidul. Sehingga para wisatawan akan disuguhkan pemandangan laut selatan yang begitu mempesona dari atas bukit. Bukit Pengilon memiliki hamparan rumput yang luas dan berada tepat di garis pantai selatan. Sehingga jika Anda berkunjung ke bukit ini, tidak akan Anda temukan bibir pantai dengan hamparan pasir putih karena bukit ini berbatasan langsung dengan tebing dan garis laut.

Wisata unik mirip Goa Pindul yang sayang dilewatkan: Goa Tanding

Hamparan biru Samudera Hindia terlihat sangat jelas dan lebih luas karena lokasi bukit yang cukup tinggi. Selain itu, bukit ini minim pepohonan tinggi dan bebatuan sehingga tidak ada yang menghalangi pandangan mata sejauh memandang. Lokasinya yang cukup terpencil semakin mendukung suasana tenang yang didapatkan di bukit ini. Ketika melihat ke arah barat bukit, keindahan laut di Pantai Banyu Tibo dan Pantai Siung terlihat begitu mempesona. Sedangkan di bagian timur bukit, Anda akan menemukan pemandangan Pantai Wediombo yang begitu luas dan Pantai Watu Lumbung.

Asal Mula Bukit Pengilon

Keunikan Bukit Pengilon ini memiliki sejarah yang cukup menarik. Lokasinya karena berada tepat di bawah kaki gunung purba batur. Gunung tersebut merupakan gunung api aktif jutaan tahun lalu yang berada di Kawasan Gunungkidul. Nama Pengilon sendiri diambil dari batu yang menyerupai cermin yang berbatasan dengan air laut. Pengilon dalam bahasa Jawa sendiri memiliki arti kaca atau cermin.

Kemunculan wisata Bukit Pengilon ini berawal pada tahun 2012 ketika ada pengunjung yang berfoto di atas bukit ini dan viral di media sosial. Sehingga banyak wisatawan yang mulai penasaran dan ingin mengunjungi bukit hijau di dekat garis pantai laut selatan Gunungkidul ini. Camping di atas bukit ini menjadi salah satu kegiatan favorit para wisatawan yang datangnya khususnya yang hobi berpetualang.

Foto

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Bukit Pengilon

Ketika datang ke suatu tempat wisata, tentu Anda ingin melakukan banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat tersebut. Di Bukit Pengilon, Anda bisa melakukan aktivitas menarik seperti berikut ini:

  1. Berkemah
  2. Menikmati indahnya pemandangan laut di atas kursi bambu
  3. Memancing ikan

Rute dan Lokasi Tempat Wisata

Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, anda bisa rental mobil jogja murah bisa lepas kunci atau dengan sopir.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Pengilon

Fasilitas yang ada di bukit ini memang masih sangat minim mengingat lokasinya yang cukup terpencil. Berikut  ini beberapa fasilitas yang tersedia di Bukit Pengilon:

  • Camping ground
  • Kursi-kursi bambu sederhana yang tepat menghadap laut selatan
  • Spot untuk memancing ikan

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Tidak perlu merogoh kocek mahal untuk bisa menikmati pemandangan indah dari atas Bukit Pengilon ini. Anda cukup membayar tiket masuk dan biaya parkir dengan rincian sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-

Perjalanan akan terasa cukup melelahkan untuk bisa sampai di atas bukit ini karena Anda harus melakukan trekking dengan berjalan kaki hingga sampai ke atas puncak bukit. Namun, semua itu akan terbayar dengan indahnya batuan pantai, birunya laut, dan hijaunya padang rumput. Suasana yang tenang membuat Bukit Pengilon sangat cocok untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat camping bersama keluarga maupun teman-teman. Anda pun bisa mengambil paket wisata jogja bersama pantai-pantai lain di sekitarnya yang lokasinya berdekatan. Alamnya yang begitu indah dan masih sangat asri tentu menjadi tanggung jawab bersama agar kelestariannya tetap terjaga dengan tidak mengotori Bukit Pengilon ini.