Pesona keindahan pantai-pantai di Gunungkidul yang khas dengan hamparan pasir putihnya yang luas memang selalu menarik perhatian para wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Sundak yang sudah terkenal sejak dulu sebagai salah satu pantai yang banyak diminati para pengunjung. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini baik hari biasa maupun ketika hari libur tiba.

Di balik keindahan alamnya yang begitu mempesona ternyata pantai ini menyimpan cerita legenda yang unik. Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan dan lakukan ketika berlibur di pantai ini.

Sekilas Tentang Pantai Sundak

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang luas ini memiliki perpaduan yang sempurna dengan biru jernihnya air laut dan deretan pohon hijau di pesisirnya. Para wisatawan biasanya memanfaatkan gazebo yang berada di sekitar pantai untuk bersantai menikmati indahnya pemandangan sekitar. Tak jarang pantai ini sering dijadikan area untuk berkemah dan piknik bersama keluarga maupun teman-teman karena hamparan pasirnya yang begitu luas. Menghabiskan waktu malam hingga pagi di pinggir pantai ini tentu akan menjadi pengalaman yang begitu mengesankan.

Momen sunrise dan sunset pun menjadi momen indah yang banyak diburu wisatawan dan pecinta fotografi. Keindahan panorama alam yang ada di sini membuat tempat ini sering dijadikan tempat untuk hunting foto maupun syuting video. Batuan dan bukit karang yang ada di pinggir pantai dan menjadi pembatas Pantai Sundak dengan pantai lainnya pun menambah eksotisme pantai tersebut.

Lihat juga: Pantai Slili

Asal Mula Pantai Sundak

Pantai ini memiliki cerita yang unik hingga akhirnya terbentuk seperti panorama pantai yang sekarang ini. Di balik eksotisme keindahannya, pantai ini ternyata pernah mengalami evolusi yang terlihat dari bukti-bukti di sekitar Pantai Sundak Gunung Kidul. Terdapat sebuah masjid dan lahan parkir serta goa dengan sumur alami di dalamnya yang ternyata pada tahun 1930 area tersebut pernah terendam air laut.  Area yang dulunya terendam air laut tersebut mengalami evolusi dan mengakibatkan permukaan laut menyempit sehingga menimbulkan daratan baru di pantai ini.

Pantai Sundak Jogja yang sekarang dikenal banyak wisatawan, dulunya dikenal dengan nama Pantai Wedibedah (pasir yang terbelah).  Debit air yang cukup besar saat musim hujan membuat daratan di sebelah timur pantai terlihat seakan-akan terbelah membentuk sungai. Sedangkan ketika musim kemarau tiba, belahan yang terbentuk secara alami tersebut tiba-tiba menghilang. Namun, pada tahun 1976 pantai ini berganti nama menjadi Pantai Sundak (asu dan landak) yang diambil dari kisah seekor anjing yang berkelahi dengan seekor landak. Tempat wisata pantai ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja bersama guide profesional

Lokasi Pantai Sundak

Fasilitas yang Tersedia

Pengelolaan pantai Sundak Gunung Kidul ini sudah cukup baik dan didukung dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai seperti berikut ini:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Gazebo untuk beristirahat
  • Penyewaan payung dan tikar
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Penginapan di sekitar pantai
  • Spot foto menarik seperti bingkai bunga berwarna-warni yang berbentuk love
  • Panggung hiburan
  • Camping ground

Foto

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Bagi Anda yang ingin bersantai dan menikmati keindahan pemandangan di pantai yang buka selama 24 jam ini, Anda tidak perlu merogoh kocek mahal. Tiket masuk Pantai Sundak daerah istimewa Yogyakarta sangat terjangkau harganya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Sewa GazeboRp 10.000 – Rp 20.000,-

Tentu akan menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan jika bisa menikmati keindahan alam di sini bersama keluarga maupun teman. Tempat wisata yang sangat cocok untuk bersantai ini tentu harus dijaga keasriannya dengan tidak membuang sampah sembarangan bagi setiap wisatawan yang datang. Apalagi untuk menuju ke pantai ini aksesnya pun tidak sulit karena mudah dijangkau kendaraan roda dua maupun roda empat.

Antusias wisatawan yang datang ke pantai ini terlihat dari padatnya area parkir terutama ketika hari libur tiba. Tak jarang beberapa wisatawan pun ada yang datang bersama rombongannya. Bagi yang datang dari luar kota, Anda tidak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan jasa sewa mobil Jogja yang ada. Jika ingin menginap di Pantai Sundak ini, selain dengan berkemah Anda pun bisa memanfaatkan penginapan yang disewakan di sekitar pantai.