Menghabiskan waktu sore sambil menikmati momen ketika warna oranye langit berpadu dengan matahari yang mulai beranjak turun menjadi hal seru dan menarik. Sehingga para penikmat alam dan pecinta fotografi biasanya akan berburu spot terbaik untuk menikmati dan mengabadikan momen tersebut. Situs Candi Ratu Boko menjadi salah satu spot favorit di Kota Jogja untuk menikmati sunset.

Komplek bangunan yang merupakan situs purbakala ini selain terkenal dengan pemandangannya yang romantis juga sarat akan nilai sejarah yang tinggi. Tempat ini salah satu tujuan populer saat berlibur, bahkan masuk ke dalam list tujuan paket liburan ke Jogja.

Sekilas Tentang Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan situs purbakala yang masih berdekatan dengan Candi Prambanan dengan jarak kurang lebih 3 km. Situs candi ini memiliki luas mencapai 25 hektar dengan ketinggian 196 mdpl. Sehingga udara yang sejuk dapat Anda rasakan ketika berada di kompleks candi ini. Diduga kuat situs ini dulunya merupakan bekas istana raja jika dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunannya. Selain itu, di sekeliling situs ini terdapat sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan sebuah istana. Candi ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra.

Berbeda dengan keraton atau istana raja pada umumnya, situs Candi Ratu Boko memiliki arsitektur yang cukup unik yang terdiri dari:

  1. Gerbang situs yang disusun dengan gapura paduraksa yang terdiri dari gerbang utama di bagian dalam yang berjumlah 5 gerbang dan gerbang luar yang berjumlah 3 dengan ukuran yang lebih kecil
  2. Batu Kapur dan Batu Putih yang memiliki pondasi yang terbuat dari batu kapur dan menyerupai candi meskipun bagian atas dari candi sudah hilang
  3. Candi Pembakaran yang terletak di bagian dalam kompleks dan dibuat dari batu andesit serta ditemukan abu bekas dari sebuah pembakaran
  4. Sumur suci dengan kedalaman mencapai 2 meter ketika musim kemarau dan dulunya digunakan untuk upacara keagamaan yang langsung dilakukan di Candi Pembakaran

Sejarah Candi Ratu Boko

Ratu Boko yang dalam bahasa Jawa memiliki arti “raja bangau” adalah ayah dari Loro Jonggrang yang juga menjadi nama candi utama di kompleks Candi Prambanan. Situs ini pertama kali ditemukan di atas bukit yang merupakan bagian dari Pegunungan Sewu dan dilaporkan pada tahun 1790 oleh Van Boeckholtz. Terdapat penemuan Prasasti Abhayagiri Wihara yang berangka tahun 792 M yang menjadi bukti ditemukannya situs ini. Prasasti tersebut menyebut nama Rakai Panangkaran dan suatu kawasan di wihara di atas bukit yang dinamakan Abhayagiri Wihara.

Kompleks ini kemudian diubah menjadi keraton yang dilengkapi benteng pertahanan yang bernama Rakai Walaing Pu Kumbayoni. Tempat ini dijadikan kubu pertahanan yang terdiri atas ratusan tumpuk batu oleh Balaputra yang terbukti dari bangunan parit yang mengelilingi kompleks candi sebagai strategi pertahanan. Terdapat bekas gapura, kolam, pendopo, pringgitan, keputren, ruang Paseban, dan dua ceruk goa di situs ini.

Alamat dan Rute Lokasi

Fasilitas yang Tersedia

Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Candi Ratu Boko:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Shuttle bus
  • Kursi-kursi untuk bersantai
  • Spot foto menarik
  • Jasa foto keliling
  • Toko souvenir dan oleh-oleh
  • Spot foto menarik

Untuk menuju ke candi ratu boko ini Anda bisa sewa mobil di jogja lepas kunci atau dengan sopir agar lebih nyaman dan aman.

Foto

Harga Tiket Masuk dan Shuttle Bus

Untuk memasuki kawasan candi ini, para pengunjung akan dikenakan tiket terusan sekaligus dalam satu paket wisata yang bisa dibeli di Candi Prambanan dengan harga yang cukup terjangkau dengan rincian sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 25.000,-
Tiket Masuk usia dibawah 6 tahunRp 10.000,-
Tiket Masuk Wisatawan AsingUSD 13
Shuttle Bus dari PrambananRp 30.000 – Rp 40.000,-

Namun, jika ingin datang sendiri menggunakan kendaraan pribadi tentu lebih disarankan karena akan lebih leluasa. Apalagi jika Anda ingin menikmati keindahan sunset di salah satu spot sunset terbaik di Jogja ini. Jika Anda memilih untuk memesan tiket terusan, sangat disarankan untuk datang sebelum pukul 16.00 WIB. Hal ini dikarenakan layanan shuttle bus yang ada hanya tersedia hingga sore hari pada waktu tersebut.

Lihat juga tempat wisata lainnya yaitu: Pantai Watu Kodok

Ketika berada di kompleks candi ini, Anda akan melihat pemandangan alam yang indah berupa hamparan sawah nan hijau dan bangunan perkotaan. Selain menikmati keindahan alam dan sunset dari kawasan Situs Candi Ratu Boko ini, Anda pun bisa belajar banyak hal mengenai sejarah sejak zaman kerajaan dahulu. Bukti-bukti sejarah yang ditemukan di situs Candi Ratu Boko ini akan membuat Anda takjub dengan kekayaan sejarah yang dimiliki bangsa ini.