Bantul merupakan salah satu wilayah di Provinsi Yogyakarta yang memiliki kekayaan wisata mempesona mulai dari wisata alam, budaya, hingga kulinernya. Salah satunya adalah Pantai Depok yang selain menghadirkan pesona alam pantai yang mengagumkan, pantai ini juga menyuguhkan wisata kuliner yang lezat. Pantai ini juga terkenal dengan panorama sunset-nya yang begitu indah dan mempesona.

Seperti pantai-pantai lain yang berada di deretan laut selatan Bantul, Pantai Depok memiliki hamparan pasir hitam serta keunikan berbeda yang menjadi daya tariknya.

Daya Tarik Pantai Depok

Seringkali pantai hanya dimanfaatkan bagi para wisatawan yang ingin bersantai menikmati pemandangan sambil melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Pantai Depok Yogyakarta tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sini. Salah satunya adalah menikmati sajian seafood yang lezat. Menu-menu makanan ikan laut yang disajikan oleh penjual di sini diolah dari ikan segar yang diambil langsung dari nelayan setempat. Sehingga hasil makanannya pun lezat dan Anda tidak akan mencium bau tidak enak dari menu-menu masakan ikan di sini.

Jangan kaget ketika baru sampai di area pantai ini akan ada ibu-ibu yang menawarkan ikan segar untuk dimasak di warung-warung terdekat yang berjejeran di pinggir pantai.  Pantai Depok Jogja menghadirkan spot-spot foto yang kekinian seperti spot foto berbentuk bingkai love dan tulisan Depok beach. Terdapat pula sebuah spot gapura dilengkapi pagar dan kursi untuk duduk. Untuk bisa berfoto di spot-spot tersebut ternyata tidak gratis dan Anda pun harus membayar dengan tarif tertentu. Jika yang berfoto hanya satu orang maka akan dikenakan biaya Rp 3.000,00, Rp 5.000,00 untuk 2 orang dan ramai-ramai.

Foto

Asal Mula Pantai Depok

Menurut cerita yang beredar, sejarah Pantai Depok berawal dari perpecahan Kerajaan Majapahit. Saat perpecahan itu terjadi para prajurit harus meninggalkan kerajaan hingga sampai di suatu tempat dan membangun padepokan yang akhirnya diberi nama Depok. Wilayah yang diberi nama Depok tersebut dipegang oleh Tunggul Wulung yang punya anak angkat bernama Aris Baya yang dijadikan pengelola dusun ini.

Boleh lihat tempat wisata lainnya: Kaliadem Merapi

Wilayah ini terbagi menjadi 2 setelah Tunggul Wulung wafat yaitu Kelurahan Sono dan Grogol karena terjadi perebutan kekuasaan. Pada tahun 1947, dua wilayah ini bergabung menjadi satu Kelurahan Tirtoarjo dan kemudian berubah menjadi Kelurahan Parangtritis yang kini dikenal wisatawan. Pantai Depok kemudian berkembang menjadi tempat pelelangan ikan dan wisata kuliner seafood. Profesi sebagai pencari ikan atau tekong pun menjadi mata pencaharian utama warga di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Depok

Untuk menuju lokasi tempat wisata pantai ini, Anda bisa rental mobil di jogja murah dengan sopir atau lepas kunci.

Fasilitas yang Tersedia

Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Depok Jogja yang terbilang cukup memadai untuk dimanfaatkan para wisatawan yang datang:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Spot foto menarik
  • Warung yang menjual berbagai menu makanan dan minuman
  • Penyewaan wahana ATV
  • Penyewaan mobil-mobilan mini dengan tarif Rp 10.000,00 per anak
  • Pasar ikan segar
  • Toko souvenir
  • Penyewaan payung pantai dan alas tikar
  • Kolam renang anak dengan tarif Rp 5.000,00 per anak
  • Penginapan
  • Jasa cetak foto keliling dengan tarif Rp 5.000,00 untuk ukuran 5R dan Rp 10.000,00 untuk ukuran 10R

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Tidak perlu merogoh kocek mahal untuk menikmati keindahan pemandangan di pantai ini. Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan biaya tiket masuk saja. Biaya tambahan hanya berupa biaya untuk parkir dengan rincian sebagai berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 3.000,-
Parkir MobilRp 7.000,-
Parkir MinibusRp 10.000,-
Parkir BusRp 15.000,-

Momen sunset di pinggir pantai ini pun menjadi momen yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa membawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan keindahan momen tersebut. Anda dapat mengajak teman maupun keluarga berpiknik di pantai ini dengan menggelar tikar sambil mencicipi berbagai macam menu makanan yang ada dan menikmati keindahan pantai.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pantai Depok jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan agar keasrian alamnya tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.Jika ingin mendapatkan suasana yang sepi dan lebih syahdu sangat disarankan untuk datang ketika hari biasa. Karena ketika hari libur tiba Pantai Depok hampir selalu padat pengunjung. Anda juga bisa mengambil paket tour jogja Pantai Depok bersama tempat-tempat wisata lain di sekitarnya.