Menikmati eksotisme keindahan air terjun yang berada di pinggir pantai mungkin hanya bisa dinikmati di Pantai Jogan ini jika Anda berlibur ke Gunungkidul. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang cukup berbeda jika dibandingkan pantai-pantai lainnya di deretan laut selatan. Jika biasanya air terjun terdapat di dataran tinggi yang dekat dengan pegunungan maupun sungai, di Pantai Jogan Anda bisa menyaksikan air terjun yang berada di bibir pantai.

Panorama keindahan air terjun yang mengalir di antara batuan tebing karang yang langsung mengarah ke laut tentu menjadi sebuah fenomena yang menakjubkan dan menjadi daya tarik utama pantai ini.

Keindahan Air Terjun di Pantai Jogan

Air terjun yang eksotis di Pantai Jogan Jogja ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan merupakan air tawar yang mengalir dari atas tebing khas pegunungan kapur yang kemudian bercampur dengan asinnya air laut. Pemandangan yang disuguhkan di pantai ini sekilas mirip dengan McWay Beach Waterfall di California. Para wisatawan akan melewati dua sungai kecil di sisi kiri yang menyatu dengan air terjun yang mengalir ke laut. Sehingga aliran air terjun tersebut menghasilkan sungai kecil yang biasanya dimanfaatkan untuk mandi atau berenang.

Sangat disarankan untuk datang ketika musim hujan karena debit air naik sehingga aliran air terjunnya deras. Sedangkan ketika musim kemarau tiba debit air turun dan aliran air terjun pun kecil bahkan kering ditambah lagi adanya aktivitas penyedotan air untuk kebutuhan warga sekitar. Liburan pun akan menjadi lebih seru dan menyenangkan ketika Anda bisa menikmati guyuran air terjun yang mengalir dari atas tebing tersebut secara langsung. Terdapat jalan turunan dari atas bukit ini yang bisa dilewati para wisatawan yang datang. Namun, harus ekstra hati-hati karena jalanan tersebut licin dan basah.

Lihat tempat wisata lainnya: Pantai parangkusumo

Aktivitas Menarik di Pantai Jogan

Selain menikmati pemandangan dan guyuran air terjun secara langsung, bagi Anda yang menyukai tantangan bisa menggunakan teknik canyoning atau rappelling melewati air terjun ini. Kegiatan seperti ini akan terasa lebih seru dan menyenangkan apalagi jika dilakukan di pinggir pantai. Ada banyak bayi kepiting berukuran kurang lebih 5 mm yang berwarna transparan sehingga Anda harus ekstra hati-hati ketika melewati batuan karang di sekitar air terjun.

Jika pantai lainnya selalu identik dengan hamparan pasir putih yang luas, di sini hampir tidak akan Anda temukan pasir pantai yang menjadi batas daratan dan laut. Hal ini dikarenakan laut di sini berbatasan langsung dengan tebing. Pemandangan hijaunya tumbuhan yang tumbuh di atas bukit menjadi daya tarik lain dari Pantai Jogan Gunung Kidul. Bermain dan berenang di sungai kecil yang mempertemukan aliran air terjun dan air laut pun menjadi aktivitas yang banyak dilakukan wisatawan. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja terlengkap.

Foto

Lokasi Pantai Jogan

Fasilitas yang Tersedia

Lokasi pantai ini masih tersembunyi dengan akses jalan yang masih belum begitu bagus sehingga fasilitas yang ada pun cukup minim. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini:

  • Toilet
  • Area parkir
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Gazebo

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam dan Anda pun tidak perlu merogoh kocek yang mahal untuk menikmati segala keindahan di pantai ini. Cukup dengan membayar tiket masuk dan biaya parkir dengan rincian sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 3.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir BusRp 20.000,-

Menikmati keindahan air terjun yang mengalir di batuan karang yang berada di pinggir pantai tentu akan menjadi pengalaman unik yang mengesankan. Karena pada umumnya panorama keindahan air terjun biasanya bisa didapat di daerah dataran tinggi atau daerah yang dekat dengan sungai. Agar lebih leluasa, sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa sewa motor maupun sewa mobil jogja yang telah kami sediakan.

Keunikan yang ada di pantai ini membuat Pantai Jogan menjadi pantai yang istimewa dan diminati banyak wisatawan. Karena banyak yang penasaran dengan fenomena langka seperti di Pantai Jogan ini. Keasrian alam di pantai ini tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk terus dijaga kelestariannya. Salah satu caranya adalah dengan tidak mengotori dan tidak membuang sampah sembarangan di Pantai Jogan.