Pantai Parangkusumo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengajak pasangan terkasih ke tempat yang romantis agar lebih berkesan. Pantai ini terkenal sebagai pantai romantis karena terdapat ikon cinta dan kisah cinta menarik yang terjadi di Pantai Parangkusumo. Momen romantis semakin terasa ketika warna jingga langit mengantarkan matahari turun ke peraduannya. Pantai ini pun terkenal sebagai pantai dengan spotĀ sunsetĀ yang indah ditambah adanya legenda kisah cinta yang romantis di Pantai Parangkusumo.

Cerita cinta yang menarik di pantai ini menjadi salah satu daya tarik di samping panorama keindahan alam yang begitu mempesona berupa hamparan pasir nan luas yang berpadu dengan garis horizon laut.

Daya Tarik Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo dan Parangtritis seperti menjadi satu paket wisata jogja yang melekat di mata para wisatawan yang ingin berwisata ke pantai di Jogja. Lokasinya yang sangat berdekatan membuat kedua pantai ini seringkali menjadi destinasi utama para wisatawan yang berlibur ke Jogja. Banyak hal menarik yang membuat pantai ini cukup istimewa sehingga banyak diminati oleh para wisatawan.

Pemandangan yang epik akan Anda dapatkan ketika langit mulai berwarna jingga dengan bulatan matahari yang mulai terbenam. Jangan lupa membawa kamera terbaik yang Anda miliki untuk mengabadikannya. Selain itu, di Pantai Parangkusumo sering diadakan ritual sakral. Beberapa di antara ritual tersebut adalah semedi, tirakatan, Labuhan dan Labuhan Ageng, dan Upacara Melasti.

Lihat tempat wisata di jogja lainnya: Candi Abang Jogja

Sejarah Pantai Parangkusumo

Keindahan sunset di Pantai Parangkusumo Jogja terkenal romantis dan memiliki legenda mistis yang cukup tersohor. Anda akan menemukan Batu Cinta yang menjadi ikon romantis di kawasan pantai ini. Dinamakan Batu Cinta karena konon katanya terdapat 2 buah batu yang dipercaya menjadi tempat pertemuan Ratu Kidul dan Panembahan Senopati. Batu ini berdiri di dalam area Cepuri yang diyakini menjadi pintu gerbang masuk istana Ratu Kidul.

Menurut legenda, dikisahkan bahwa Panembahan Senopati sedang melakukan semedi di sebuah batu gilang besar di sebelah utara. Pertapaan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meminta Ratu Kidul agar membantunya menjadi pemimpin Kerajaan Mataram. Sang ratu pun mendatangi Panembahan Senopati dan jatuh cinta pada laki-laki tersebut. Ratu Kidul menyetujui keinginan Panembahan Senopati asalkan dia mau menjadi suaminya. Panembahan Senopati pun setuju asalkan dalam pernikahan tersebut tidak menghasilkan keturunan.

Foto Pantai Parangkusumo

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Parangkusumo Bantul terkenal sebagai pantai yang romantis dan sakral dengan cerita menariknya ini memiliki fasilitas-fasilitas pendukung yang memadai, di antaranya:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Spot foto menarik
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Hotel dan penginapan
  • Penyewaan wahana ATV yang dibanderol dengan harga Rp 50.000,00 per 15 menit
  • Penyewaan kereta kuda seharga Rp 20.000,00 sekali putaran
  • Toko souvenir

Lokasi Pantai Parangkusumo

Untuk menuju kelokasi tempat wisata pantai ini, anda bisa sewa mobil di jogja dengan sopir atau lepas kuci agar lebih leluasa.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk memasuki kawasan wisata pantai ini Anda tidak perlu merogoh kocek mahal dan cukup membayar biaya tiket masuk Pantai Parangkusumo Jogja sebagai berikut.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-

Ombak di pantai ini cukup besar sehingga sangat disarankan untuk tidak mandi dan berenang di pantai karena akan sangat berbahaya. Di sekitar Pantai Parangkusumo juga terdapat wisata menarik lainnya seperti gardu action dan Gumuk Pasir Parangkusumo yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pantai ini juga masih berada dalam satu pos retribusi masuk dengan Pantai Parangtritis. Sehingga ketika berkunjung ke Pantai Parangkusumo, Anda bisa sekaligus melipir dan menikmati keindahan di Pantai Parangtritis.

Momen romantis di pantai ini tentu sangat sayang jika hanya dinikmati sendiri. Mengajak pasangan terkasih maupun keluarga dan teman-teman akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Anda bisa datang setiap hari menikmati keindahan pantai Parangkusumo Jogja yang buka selama 24 jam ini dan sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Parangkusumo ini agar kelestarian alamnya terus terjaga.