Bagi Anda yang tinggal di Gunungkidul, tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk dapat merasakan nuansa pantai yang sama. Pantai Ngobaran menyuguhkan panorama keindahan yang tak kalah indahnya dan mirip dengan suasana pantai-pantai yang ada di Bali. Pantai Ngobaran menghadirkan pesona keindahan yang cukup berbeda dan istimewa karena ciri khasnya. Pesona keindahannya berupa batuan karang dan jernihnya air laut membuat pantai ini banyak diminati pengunjung.

Selain pesona alamnya yang indah, pantai ini juga sarat akan nilai budaya dan sejarah. Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di pantai ini.

Hal Menarik di Pantai Ngobaran

Bebatuan karang, pura dan bangunan bernilai budaya, momen sunset yang begitu indah, serta garis horizon laut yang membentang menyuguhkan kesan eksotis di pantai ini. Pemandangan yang mempesona terlihat saat air laut surut karena hamparan alga baik yang berwarna coklat maupun hijau tampak jelas di sini. Hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang ini tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk jika dilihat dari atas ketinggian. Tak hanya rumput laut, beragam biota laut seperti berbagai jenis ikan, landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan banyak ditemukan di pantai ini.

Landak laut menjadi salah satu andalan penduduk di sekitar pantai ini sehingga ketika sore hari Anda akan menjumpai warga yang berburu landak laut. Landak tersebut dimasak dengan mengepras dulu durinya hingga rata kemudian dipecah menggunakan sabit. Penduduk sekitar biasanya mencari landak laut ini dengan peralatan sederhana seperti ember, sabit, dan saringan kelapa. Meskipun tak banyak penduduk yang menjual daging landak yang dikenal cukup kenyal dan lezat ini, Anda bisa memesan kepada salah satu penduduk untuk memasakkannya.

Lihat juga tempat wisata lainnya: Grojogan Banyu Tibo

Sejarah Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang menjadi ikon budaya. Pantai ini memiliki bangunan yang cukup menarik seperti tempat ibadah untuk empat agama yang dibangun berdekatan. Salah satunya adalah pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Selain itu, terdapat pula sebuah joglo yang biasa digunakan sebagai tempat ibadah penganut Kejawen.

Jika Anda terus menyusuri jalan setapak di depan joglo tersebut, maka Anda akan menemukan sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering. Ranting kering yang tumbuh tersebut konon katanya merupakan tempat Brawijaya V berpura-pura membakar diri dan ditandai dengan pagar kayu berwarna abu-abu. Tidak jauh dari kotak tersebut, terdapat pura yang biasanya digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Selain itu, terdapat pula sebuah masjid sederhana yang berukuran 3 x 4 meter sebagai tempat ibadah ibadah umat islam.

Lokasi Pantai Ngobaran

Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, Anda bisa rental mobil di jogja dengan sopir atau lepas kunci.

Fasilitas di Pantai Ngobaran

Fasilitas Pantai Ngobaran Gunung Kidul ini terbilang cukup lengkap dan memadai untuk mengakomodasi kebutuhan para pengunjung yang datang, di antaranya:

  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Area parkir
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Pusat budaya
  • Spot foto menarik

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk memasuki wilayah Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup dengan membayar biaya tiket masuk dan biaya parkir dengan rincian biaya sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-

Seperti halnya pantai-pantai lain yang ada di deretan laut selatan Kabupaten Gunungkidul, Pantai Ngobaran buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja ke pantai ini mulai dari pagi hingga malam hari untuk menikmati keindahan sunrise, sunset, dan langit yang penuh bintang ketika malam hari. Anda dapat mengambil paket wisata jogja Pantai Ngobaran bersama pantai-pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Ngrenehan atau Pantai Nguyahan.

Selain menikmati keindahan alam pantai yang begitu mempesona, bangunan bersejarah di pantai ini dapat memberi nilai edukasi lebih selama berlibur. Sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi pilihan berlibur bersama anak-anak, keluarga, maupun teman-teman. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Ngobaran dengan tidak membuang sampah sembarangan.