Saat ini kegiatan piknik atau berwisata menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang. Berwisata adalah salah satu cara untuk menghilangkan penat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Tidak sedikit yang menyediakan waktu di tengah-tengah kesibukannya untuk sekedar menikmati keindahan alam. Salah satu wisata alam pilihan adalah Grojogan Banyu Tibo di Bantul.

Sesuai dengan namanya, tempat ini akan memanjakan Anda dengan air yang menyegarkan dan pemandangan yang indah. Anda bisa menjadikan wisata ini sebagai salah satu destinasi wisata Anda ketika berada di Jogja.

Sekilas Tentang Grojogan Banyu Tibo

Grojogan Banyu Tibo menjadi salah satu wisata air yang tersedia di Bantul. Begitu tiba di lokasi wisata ini, Anda akan langsung melihat pemandangan air terjun yang menenangkan. Keindahan air terjunnya akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Di sana juga ada batu karang yang siap dijadikan sebagai tempat Anda bersantai sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan. Terlebih lagi latar belakangnya adalah air terjun Banyu Tibo dengan aliran yang deras.

Wisata alam seru dan favorit di Jogja: Goa Pindul

Bagi Anda yang bisa renang, Anda bisa mencoba menceburkan diri ke kolam yang ada di Grojogan Banyu Tibo. Air di sini tidak begitu dalam, namun Anda harua tetap hati-hati karena batu-batunya sangat licin. Dengan air yang masih segar ditambah pemandangan indah membuatnya semakin menarik. Selain bersantai di atas batu karang, Anda bisa juga memilih bersantai di gazebo yang tersedia. Gazebo ini sendiri letaknya ada di sekitar Air Terjun Banyu Tibo.

Foto

Lokasi Grojogan Banyu Tibo

Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja agar lebih memudahkan anda saat berlibur di kota Yogyakarta.

Obyek wisata Grojogan Banyu Tibo ini berlokasi di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Curug ini biasa disebut juga dengan Curung Banyunibo, Curug Banyu Tibo atau Air Terjun Banyu Tibo. Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin melepas penat saat sedang berada di Yogyakarta tepatnya di Bantul.

Tempat ini cukup bagus, tapi sayangnya tidak masuk kedalam daftar populer tempat wisat adi Jogja. Jika Anda adalah wisatawan, dan ragu untuk berkunjung sendirian, Anda bisa menyewa jasa rental mobil joga. Selain menyewa mobil Anda juga bisa menyewa sopir, anggap saja jadi tour guide selama liburan di Jogja.

Fasilitas di Air Terjun Banyu Tibo

Selain ada pemandangan air terjun yang indah, di lokasi wisata ini Anda juga bisa menikmati beragam fasilitas yang disediakan. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan selama Anda liburan di Grojogan Banyu Tibo.

  1. Tempat parkir yang luas
  2. Toilet
  3. Mushola
  4. Warung makan
  5. Gazebo

Harga Tiket Masuk & Parkir Kendaraan

Untuk menikmati keindahan yang ada di sana tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu biaya untuk tiket masuk. Selain itu, apabila Anda membawa kendaraan pribadi maka biaya untuk parkir kendaraan juga perlu Anda siapkan. Berikut ini daftar harga tiket masuk dan parkir kendaraan di lokasi wisata ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir KendaraanRp 3.000

Itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan Grojogan Banyu Tibo. Dengan informasi yang telah dijelaskan di atas, semoga pengetahuan dan rasa ingin tahu Anda semakin bertambah. Selain itu, diharapkan Anda juga bisa berkunjung ke lokasi wisata ini ketika Anda kebetulan sedang mampir atau ada acara di Yogyakarta, khususnya daerah Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul.

Tempat wisata romantis yang layak dikunjungi: Embung Nglanggeran

Saat berada di sana, pastikan untuk menyempatkan diri mengabadikan momen terbaik. Dengan berlatar belakang air terjun grojogan Banyu Tibo yang indah tentu akan membuat hasil foto semakin terlihat menarik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengajak orang-orang terdekat Anda saat mengabadikan momen indah di sana. Berfoto bersama keluarga di tempat ini tentu akan menjadi momen tidak terlupakan.