Seringkali pantai menjadi pilihan destinasi banyak para wisatawan untuk mencari momen yang romantis bersama pasangan. Momen sunset yang indah di ujung garis horizon laut dengan semburat warna jingga memang menjadi pemandangan yang mempesona. Pantai Parangtritis pun menjadi destinasi pilihan banyak orang karena terkenal memiliki pemandangan sunset yang romantis.

Selain itu, Pantai Parangtritis yang dikenal sebagai ikon wisata pantai di Jogja ini juga memiliki keunikan dan hal-hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan ketika berlibur ke sini.

Hal Menarik di Pantai Parangtritis

Keindahan Pantai Parangtritis Jogja dengan hamparan pasir yang luas ketika sunset tiba memang tidak diragukan lagi. Tak jarang banyak para pemburu foto yang berlomba mencari spot-spot menarik untuk diabadikan ketika senja tiba. Anda pun bisa menikmati senja bersama pasangan sambil menikmati jagung bakar yang dijajakan di pinggir pantai. Salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan pantai dan senja adalah dari atas Tebing Gembirawati yang berada di belakang pantai ini.

Pantai ini juga memiliki situs bersejarah yang jarang diketahui orang. Tidak jauh dari bibir pantai Parangtritis dan kurang lebih berada beberapa ratus meter Anda akan menemukan reruntuhan Candi Gembirawati dengen melewati jalan setapak ke arah barat dekat Hotel Queen of the South. Anda pun bisa merasakan naik kereta kuda yang biasanya ditawarkan di pinggir pantai bak pangeran dan tuan putri sambil menikmati keindahan pantai yang mengagumkan.

Sejarah Pantai Parangtritis

Pantai ini dikenal dengan berbagai mitos dan cerita bersejarah di balik munculnya nama Parangtritis tersebut. Konon ceritanya, pada zaman dahulu ada seseorang yang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit ke wilayah Parangtritis ini. Ketika sedang bersemedi, Dipokusumo melihat banyak tetesan air yang jatuh dari celah-celah batu karang di pinggir pantai.

Kejadian tersebut akhirnya melatarbelakangi munculnya nama Parangtritis yang merupakan singkatan dari paran = karang dan tumatitits = tetesan air. Sehingga arti dari nama Parangtritis sendiri adalah air yang menetes dari batu. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai bagian dari perwujudan kesatuan trimurti untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga sisi mistis dari pantai ini masih begitu melekat. Trimurti sendiri terdiri dari Gunung Merapi, Pantai Parangtritis, dan Keraton Jogja yang semuanya bisa ditarik garis lurus dari utara ke selatan.

Lihat juga: Pantai Siung

Lokasi Pantai Parangtritis

Untuk menuju ke tempat lokasi wisata pantai ini, Anda bisa rental mobil jogja atau dengan sopir.

Fasilitas yang Tersedia

Tak perlu diragukan lagi bagaimana pengelolaan pariwisata di pantai ini mengingat Pantai ini merupakan salah satu ikon wisata di Jogja. Berikut ini beberapa fasilitas panti Parangtritis:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Hotel dan penginapan di sekitar pantai
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Toko souvenir
  • Penyewaan tikar
  • Penyewaan ATV (all-terrain vehicle)
  • Kereta kuda
  • Jasa foto keliling
  • Spot paralayang
  • Spot bermain layang-layang

Foto

Harga Tiket Masuk dan Pakir

Tiket masuk pantai Parangtritis Jogja ini sangatlah terjangkau. Hanya saja jika ingin menikmati setiap fasilitas yang ada maka harus menyiapkan budget lebih dengan kisaran berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir BusRp 20.000,-
Sewa ATVRp 50.000 – Rp 100.000,- per jam
Sewa PenginapanRp 25.000 – Rp 2.000.000,- per malam

Anda bisa datang pantai yang buka setiap hari ini ini kapanpun karena buka selama 24 jam. Sehingga bagi Anda yang ingin menikmati panorama keindahan pantai dari pagi hingga malam bisa memanfaatkan fasilitas penginapan yang ada. Pantai Parangtritis sangat cocok untuk tempat liburan bersama keluarga maupun teman-teman. Akses jalan menuju pantai ini pun sudah bagus dan terdapat kendaraan umum yang bisa mengantar Anda langsung ke lokasi pantai.

Lokasi pantai ini cukup dekat dengan tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik seperti Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, maupun Gumuk Pasir. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi pilihan dalam satu paket wisata jogja bersama tempat wisata lain di sekitarnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Parangtritis agar keasrian alamnya tetap terus terjaga.