Nama Pantai Pulang Sawal mungkin tidak seterkenal nama yang selama ini diketahui masyarakat. Pulang Sawal merupakan nama asli dari pantai yang selama ini dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Karena nama Indrayanti sudah cukup melekat, masyarakat pun lebih mengenal pantai ini dengan nama sebuah restoran tersebut. Pesona keindahan alam yang ada di pantai ini mampu menjadi magnet untuk menarik para wisatawan datang berkunjung. 

Pantai ini menyuguhkan pemandangan eksotis berupa hamparan pasir putih yang luas dan berpadu dengan birunya air laut yang juga bisa dinikmati dari ketinggian atas bukit.

Eksotisme Keindahan Pantai Pulang Sawal

Payung berwarna-warni yang berjajar di sepanjang bibir pantai menjadi pemandangan khas di pantai ini yang menandakan ramainya pengunjung yang datang. Para wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan berupa hamparan laut dan pasir yang luas, dan hijaunya perbukitan sambil duduk santai atau tiduran di atas tikar. Bermain bersama ombak sambil berenang di pinggir pantai pun menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan di sini. Ada pula wisatawan yang mencari batuan karang yang unik sambil menyusuri sepanjang garis pantai.

Ketika memasuki bagian barat dari pintu masuk pantai, Anda akan melihat gunungan batu karang yang cukup besar dan elok. Batu karang tersebut seperti menjadi gerbang menuju pantai berpasir putih yang cukup luas yang masih menjadi bagian dari Pantai Pulang Sawal ini. Keindahan pantai dan laut di sini pun tak kalah mempesonanya ketika dilihat dari atas bukit karang. Terdapat satu bukit di bagian timur yang bisa dinaiki dengan melewati jalan setapak untuk melihat pesona keindahan laut ini dari ketinggian. Hijaunya tanaman yang tumbuh di bukit karang tersebut pun menambah eloknya pantai ini.

Sejarah Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal atau yang sering disingkat Pantai Pulsa ini memang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti yang sudah terlanjur lama melekat. Banyak yang salah kaprah dan menganggap pantai ini merupakan pantai yang berbeda. Papan-papan penunjuk yang tersebar di pinggir jalan pun bertuliskan Pantai Pulang Sawal dan bukan lagi Pantai Indrayanti. Karena memang nama resmi dari pemerintah yang disematkan pada pantai ini adalah Pantai Pulang Sawal.

Indrayanti sendiri merupakan nama sebuah kafe yang berada di dekat pantai. Sebelum terkenal seperti sekarang, pantai ini memang sudah sering disinggahi pengunjung dan ketika lapar atau haus para pengunjung sering mampir ke kafe Indrayanti. Karena lokasinya sangat dekat dan bersebelahan dengan bibir pantai, akhirnya para pengunjung pun memiliki mindset bahwa pantai ini adalah Pantai Indrayanti dan nama tersebut menjadi lebih tersohor dibanding nama aslinya.

Lokasi Pantai Pulang Sawal

Fasilitas yang Tersedia

Pengelolaannya yang sudah sangat baik dengan didukung fasilitas-fasilitas yang memadai membuat pantai ini banyak diminati para wisatawan. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Pulang Syawal:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Gazebo untuk istirahat
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Penyewaan payung pantai dan tikar
  • Penyewaan jetski
  • Spot foto yang menarik
  • Penginapan di sekitar pantai

Foto

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Berlibur ke pantai selalu menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin liburan singkat dengan budget yang minim. Sama halnya dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul, berlibur ke Pantai Pulang Sawal tidak perlu merogoh kocek yang mahal. Namun, jika Anda ingin menikmati semua fasilitas yang tersedia siapkan budget berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir BusRp 20.000,-
Toilet dan Kamar MandiRp 2.000 – Rp 5.000,-
Sewa Payung PantaiRp 20.000,-
Sewa GazeboRp 30.000,-
Sewa JetskiRp 250.000,-

Sangat disarankan untuk datang ke pantai ini ketika hari biasa dan jangan di hari libur karena biasanya ketika hari libur tiba pantai ini sangat padat wisatawan. Alih-alih menikmati indahnya pemandangan yang ada, Anda pun akan lebih banyak disuguhkan pemandangan orang-orang yang lalu lalang di Pantai Pulang Sawal Gunung Kidul ini. Eksotisme keindahan yang ada di pantai ini memang selalu membuat siapa saja yang melihatnya terpesona.

Tak jarang Pantai Pulang Sawal juga sering dijadikan salah satu destinasi dalam paket wisata jogja bersama pantai-pantai lainnya yang ada di wilayah Gunungkidul. Selain terkenal dengan eksotisme keindahannya, pantai ini juga terkenal sebagai pantai yang paling bersih. Pihak pengelola memberlakukan denda Rp 10.000,00 kepada setiap pengunjung yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukan agar keasrian alam di Pantai Pulang Sawal tetap terjaga dengan baik.