Wisata pantai menjadi salah satu tempat wisata favorit tujuan para wisatawan datang ke Gunungkidul. Banyak sekali pantai-pantai yang cukup terkenal dan memiliki ciri khas serta keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Wediombo yang terkenal sebagai pantai terluas di Gunungkidul dan udaranya yang sejuk karena terdapat pohon-pohon rindang di pinggir pantai.

Tak jarang tempat ini juga seringkali menjadi lokasi hunting foto terutama bagi para pecinta fotografi. Selain itu, banyak hal menarik yang bisa dilakukan di pantai ini.

Sekilas Tentang Pantai Wediombo

Nama pantai ini diambil dari Bahasa Jawa ‘wedi’ yang berarti pasir dan ‘ombo’ yang berarti luas dengan kesatuan makna hamparan pasir yang luas. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki lokasi yang lebih luas dibandingkan dengan pantai lainnya di deretan pantai selatan Gunungkidul. Daya tarik utama pantai ini berupa hamparan pasir putih nan luas yang berpadu dengan air laut yang sangat bening.

Selain itu, terdapat pula hamparan batu karang, rerimbunan pohon di pinggir pantai yang membuat suasana menjadi teduh, dan kolam buatan berupa laguna menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Laguna ini cukup menarik karena terbuat secara alami dari bebatuan karang di sekitar pantai yang membentuk cekungan yang diisi air laut. Tidak hanya wisatawan domestik saja, para wisatawan mancanegara pun banyak yang datangke Pantai Wediombo Gunung Kidul karena tempat ini memiliki spot bagus untuk berselancar.

Lihat pantai yang indah di jogja lainnya: Pantai Pulang Sawal

Aktivitas Menarik di Pantai

Selain menikmati indahnya pemandangan yang ada di pantai ini, Anda pun bisa melakukan aktivitas seru dan menarik seperti berikut ini:

  1. Berenang di kolam laguna yang terisi oleh air laut jernih yang terbawa ombak sehingga sangat cocok untuk aktivitas berenang
  2. Hunting sunset karena Pantai Wediombo terkenal memiliki spot sunset yang sangat bagus dengan keindahan warna senja dibalik hamparan karang yang luas
  3. Berkemah di hamparan pasir yang lembut dengan area yang luas sambil membuat api unggun di tepian pantai dan menghabiskan malam sambil menikmati indahnya bintang
  4. Memancing ikan di bukit karang yang menjadi salah satu spot para pemancing untuk menyalurkan hobinya karena banyak terdapat ikan di sini seperti ikan cucut, kerapu, tenggiri, ikan kakap batu, dan masih banyak lagi

Lokasi Pantai Wediombo

Untuk menuju ke lokasi pantai ini, Anda dapat sewa mobil jogja lepas kunci atau dengan sopir agar lebih mudah.

Fasilitas yang Tersedia

Pengelolaan pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyakarta ini sudah sangat baik dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung seperti berikut ini:

  • Toilet dan ruang ganti
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Warung makanan yang menjual berbagai macam olahan laut seperti kepiting, ikan, dan udang
  • Camping ground
  • Spot foto menarik

Foto

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Berlibur ke pantai memang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin liburan murah dan tetap menyenangkan. Untuk memasuki kawasan wisata pantai ini Anda cukup membayar biaya tiket masuk dan biaya parkir dengan rincian sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir MotorRp 3.000,-

Suasana berbeda akan Anda dapatkan ketika memasuki wilayah Pantai Wediombo ini karena pohon-pohon yang rindang akan menyambut Anda. Udara pantai yang biasanya panas pun akan terobati dengan pohon-pohon yang menjadikan udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk. Menikmati keindahan pantai sambil menyeruput es kelapa hijau di bawah pohon yang rindang di pinggir pantai akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Lokasi pantai ini cukup dekat dengan tempat-tempat wisata pantai lainnya sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi dalam paket wisata jogja bersama pantai lain. Akses jalannya pun sudah bagus dan Anda bisa naik kendaraan umum yang akan mengantarkan sampai di jalan raya utama dekat TPR pantai ini. Alamnya yang masih sangat asri harus terus dijaga salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan di Pantai Wediombo ini.