Jogja memang sangat terkenal sebagai salah satu kota yang ada di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Tidak hanya menarik, tempat wisata di kota ini terbilang unik dengan ciri khas masing-masing sehingga menarik perhatian para wisatawan. Salah satunya adalah tempat wisata Watu Amben.

Tempat wisata yang memiliki ketinggian melebihi kawasan Bukit Bintang yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis.

Keindahan Watu Amben

Sebelum wisata Watu Amben bantul, daerah istimewa yogyakarta  dikenal banyak orang, dulunya tempat ini menjadi peristirahatan para penduduk yang sedang mencari rumput untuk hewan ternak mereka. Kawasan wisata ini cukup potensial, tapi masih dalam tahap pengembangan. Jalan berbukit serta tanjakan akan dijumpai.

Namun tentu saja akan terbayar dengan keindahan di sana. Jaraknya tidak jauh dari lokasi Bukit Bintang . Biasanya wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini menggunakan jasa tour and travel dengan membeli paket wisata jogja.

Pemandangan hijau yang bisa menghilangkan rasa penat, di mana pemandangan di Watu Amben menyuguhkan landscape kota Yogyakarta dan sekitarnya. Sementara apabila Anda ingin mengambil spot foto, waktu terbaik adalah sore hari pada saat sunset dan juga malam hari dengan penerangan cahaya rembulan serta gemerlap bintang. Sayangnya, tempat ini tidak cocok bagi Anda yang berburu sunrise.

Foto

Sejarah Watu Amben

Sejarah tempat wisata ini tidak lepas dari nama Watu Amben yang merupakan istilah yang diambil dari bahasa Jawa. Di mana watu berarti batu, sedangkan amben berarti balai atau tempat tidur. Hal ini tidak lepas dari bentuk batu yang ada memang memiliki ukuran yang besar dan rata seperti ranjang.

Kunjungi tempat wisata unik dan seru di Jogja: Jogja Bay

Letak batu ini persis berada di jurang yang memiliki kedalaman ratusan meter. Konon dari kisah yang ada,Watu Amben Jogja ini merupakan tempat peristirahatan petinggi Kerajaan Mataram pada saat melintas setelah berburu sambil memandang ke dataran di bawahnya. Kini tempat ini telah menjadi lokasi wisata yang mengagumkan.

Lokasi

Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, Anda bisa rental mobil di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Fasilitas yang Tersedia

Untuk Fasilitas di Watu Amben sudah cukup memadai saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa bangunan dan fasilitas lain yang dibangun,  di antaranya:

  1. Warung
  2. Gazebo
  3. Tempat Parkir
  4. Kamar Mandi
  5. Wifi

Penyediaan fasilitas tentu saja dilakukan demi untuk membuat para pengunjung atau wisatawan merasa nyaman dan menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata jogja yang ramai pengunjung.

Harga Tiket dan Biaya Parkir

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak dikenakan biaya. Di tempat wisata ini tidak ada biaya untuk tiket masuk watu amben. Namun, Anda hanya menyediakan biaya untuk tarif parkir saja. Berikut ini daftar tarif parkir di objek wisata ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 5.000

Bisa dikatakan obyek wisata ini masih tergolong tempat wisata baru sehingga belum terlalu banyak pengunjung. Oleh karena itu, jika Anda menyukai suasana yang tenang maka tempat wisata ini sangat recommended bagi Anda. Terlebih jika Anda menyukai ketenangan dan ingin melepaskan penat. Anda tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini terbuka selama 24 jam.

Jangan lewatkan wisata negeri di atas awan: Gunung Ireng

Lokasinya terletak tidak jauh dari Bukit Bintang. Jadi, apabila Anda berkunjung di Bukit Bintang, maka tidak ada salahnya untuk mampir di Watu Amben. Karena selain tempatnya yang asri dan menawarkan keindahan, makanan di sana terbilang murah. Meskipun sederhana, tapi warung di kawasan objek wisata ini dibuat senyaman mungkin dan juga terbilang bersih.