Ulasan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Di Indonesia

//Ulasan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Di Indonesia

Nama obyek wisata Candi Borobudur tentu sudah sangat familiar di telinga anda. Candi Budha terbesar di Indonesia ini juga terbesar di dunia yang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada 1991. Obyek wisata ini selalu menarik perhatian wisatawan baik domestik atau pun mancanegara dengan banyak daya tarik yang dipancarkan.

Lihat juga Candi lain : Candi Prambanan

Borobudur memiliki luas 123×123 meter persegi, ditemukan kembali pada masa penjajahan Belanda dan menarik perhatian dunia. Diperkirakan dibangun pada masa tahun 750 masehi saat dinasti Syailendra berkuasa. Obyek wisata Candi Borobudur termasuk wilayah propinsi Jawa Tengah, namun biasanya masuk ke dalam paket wisata Jogja dan sekitarnya.

Lokasi Dan Informasi Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya kurang lebih berada di 40 Km sebelah barat laut kota Jogja, dengan waktu tempuh 1 jam saja dari kota Jogja. Dengan jam operasional Senin-Minggu pada pukul 06.00-17.00 WIB, anda bisa mengunjungi candi ini di hari apa pun selama sepekan.

Untuk info, harga tiket masuk ke obyek wisata Candi Borobudur dibagi menurut beberapa kategori yaitu, perorangan dan kelompok. Berikut ini info harga tiket untuk memasuki area obyek wisata Borobudur untuk setiap kategori:

  • Tiket Domestik Perorangan: TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur, usia diatas 10 tahun Rp. 40.000/ orang, Usia 3-10 tahun Rp. 20.000/ orang.
  • Tiket Domestik Rombongan: Dapatkan diskon 50% untuk pelajar atau mahasiswa yang datang dengan rombongan minimal 20 orang.
  • Tiket Wisatawan Mancanegara: USD $ 8/ orang

Itulah informasi lokasi, jam operasional dan harga tiket masuk ke lokasi wisata Candi Borobudur, Magelang Jawa tengah. Siapkan waktu anda untuk menikmati liburan dengan wisata budaya dan sejarah di Borobudur.

Akses Menuju Lokasi Borobudur

Untuk menuju ke lokasi obyek wisata Candi Borobudur dari kota Jogja anda bisa menuju ke terminal bus Jombor. Kemudian dari sana anda bisa langsung oper bus jurusan Borobudur dan langsung turun di depan lokasi candi. Jika anda dari bandara Adi Sucipto, bisa menggunakan bus DAMRI langsung tanpa ke terminal Jombor dulu.

Jika menggunakan mobil pribadi atau mobil sewa di Jogja anda bisa menggunakan rute Jogja- Terminal Jombor- Magelang-Pertigaan Palbapang- Belok kiri Borobudur. Menggunakan jasa sewa mobil di Jogja memang lebih leluasa dibandingkan dengan menggunakan bus, karena anda bisa mampir ke obyek wisata lainnya. Jadi anda bisa lebih puas berwisata di Jogja dan sekitarnya jika menggunakan sewa mobil Jogja.

Daya Tarik Wisata Candi Borobudur

Sebuah obyek wisata selalu memiliki daya tarik yang membuat wisatawan selalu merindukan untuk kembali menikmatinya. Begitu juga komplek Candi Borobudur, juga memiliki sejuta daya tarik yang membuat anda akan mengaguminya. Berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki Borobudur:

1. Kemegahan Bangunan Candi Terbesar Di Dunia

Daya tarik utama tentu kemegahan dan arsitektur candi itu sendiri yang tiada duanya di dunia ini. Jika disaksikan langsung akan terasa betapa besar dan megahnya bangunan Candi Borobudur ini. Struktur bangunan candi menggunakan gaya mandala yang berarti lambang konsep alam semesta di dalam Budha.

Candi ini berbentuk kotak pada tingkatan dasarnya dengan 4 pintu masuk, serta pusat cantik berbentuk lingkaran. Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Menikmati keseluruhan bangunan candi akan membuat anda terkagum-kagum pada desain dan arsitekturya seolah tidak percaya ini adalah bangunan masa lampau.

2. Relief Dinding Yang Menawan

Candi ini memiliki relief di sepanjang dindingnya di setiap tingkatannya, bentuk relief yang detail dengan nilai seni yang tinggi. Untuk bisa memahami cerita yang dituturkan melalui relief tersebut anda harus membacanya berurutan. Caranya dengan mengitari candi searah jarum jam dari kiri ke kanan, mulai lah dari tingkatan paling bawah.

Setelah mendapatkan satu putaran, yang artinya anda telah kembali ke titik awal, anda bisa menaiki tangga menuju tingkatan selanjutnya. Lakukan hal yang sama yaitu mengitarinya searah jarum jam sambil terus membaca relief dinding yang menawan. Kemudian naiklah ke tingkatan selanjutnya dan lakukan hal yang sama sampai tingkatan paling atas.

3. Safari Gajah Borobudur

Ada hal unik yang juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, yaitu safari gajah mengelilingi lokasi obyek wisata Borobudur. Untuk menikmati aktivitas unik ini anda harus membayar Rp. 250.000/ orang. cukup mahal memang, tapi anda dapat merasakan sensasi unik yang hanya ada di Borobudur.

Jika budget anda terbatas ada alternatif lain yaitu menunggang gajah, berfoto atau memberi makan gajah. Harga yang dibandrol untuk kegiatan tersebut cukup murah, yaitu Rp 50.000/ orang/ 10 menit. Sangat unik bukan? Safari gajah dan bermain bersama gajah memang hanya da di candi Borobudur.

4. Sunrise Di Candi Borobudur

Salah satu daya tarik yang dikejar-kejar wisatawan adalah pemandangan sunrise di Borobudur. Banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang mengincar untuk mengabadikan momen ini. Berada di bukit dengan hamparan tanah luas dan menyajikan momen sunrise berlatar Candi memang sangat indah sayang jika dilewatkan.

Panorama sunrise yang unik dan tidak biasa tersaji untuk anda, memang sangat indah dan tidak akan anda temukan di tempat lain. Untuk menyaksikannya langsung pengelola akan memfasilitasi dengan memberikan paket wisatawan domestik Rp. 162.500 / anak dan Rp. 325.000/ orang dewasa. Tiket tersebut termasuk snack dan makanan selama menginap menunggu sunrise tiba.

5. Memiliki Nilai Historis Sejarah

Berada di Candi ini membuat anda merasakan kejayaan masa silam, dengan bangunannya yang megah dan arsitekturnya yang menawan. Borobudur menyimpan nilai histori yang tinggi, dikisahkan pembangunannya melibatkan umat Hindu-Budha dalam pembangunannya. Tersimpan nilai saling menghormati antar umat beragama di dalamnya.

Merupakan wujud peradaban masa lampau di sebuah wilayah kerajaan yang dipimpin dinasti Syailendra. Melihatnya membuat anda akan mencintai kebudayaan dan merasa wajib untuk menjaganya. Konon dibutuhkan 2 juta balok batu untuk menyusun keseluruhan bangunan Borobudur.

Lihat juga wisata sejarah lain : Monumen Jogja Kembali

6. Pemandangan Yang Indah Dari Puncak Candi

Daya tarik lainnya yang bisa anda nikmati saat berada di Borobudur adalah pemandangan alam sekitar candi yang indah. Pemandangan desa sekitarnya tampak asri di pandang dari spot tertinggi Candi Borobudur. Panorama dan hamparan alam luas terbentang indah dan permai khas Indonesia bisa dilihat dari spot tertinggi candi.

Anda tidak akan kecewa telah menaiki Candi hingga titik tertinggi, karena anda sudah di tunggu oleh sajian pemandangan yang memanjakan mata. Hamparan bukit dan juga bentangan alam hijau dengan payung langit biru tersaji sangat elok dari atas sana.

Banyaknya daya tarik yang dimiliki Candi Borobudur yang membuatnya selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya. Jika ingin melihat sendiri daya tariknya, segera kosongkan jadwal dan memasukkannya ke dalam daftar tujuan wisata anda. Kota Jogja dan sekitarnya adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan, akan semakin menyenangkan liburan dengan sewa mobil Jogja.

By | 2018-11-03T15:53:26+07:00 November 3rd, 2018|Wisata Jogja|0 Comments

Leave A Comment

× 08112955063