Candi Prambanan, Obyek Wisata Menakjubkan

//Candi Prambanan, Obyek Wisata Menakjubkan

Wisata candi memang menjadi salah satu obyek wisata andalah di kota Jogja, banyak candi bertebaran di kota budaya ini. Salah satunya adalah candi Prambanan yang sudah tersohor keindahannya termasuk ceritanya yang melegenda. Obyek wisata ini terletak di perbatasan Klaten adalah obyek wisata yang selalu ramai saat liburan tiba.

Lihat juga obyek wisata lain yang selalu ramai saat liburan : Gembira Loka Zoo, Kids Fun dan Taman Pintar

Obyek wisata ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi, akan disayangkan jika anda ke Klaten tanpa mengunjunginya. Candi Prambanan adalah obyek wisata sejarah yang memiliki keindahan khas candi Hindu, keindahannya tiada duanya. Sangat mudah menemukan lokasinya, karena candi ini memang sudah sangat terkenal.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Candi ini terletak di desa sesuai dengan namanya yaitu Prambanan yang mencakup dua wilayah yaitu Sleman (DIY) dan Klaten (Jateng). Lokasinya berada di perbatasan Klaten tepat di tepi jalan raya Jogja-Solo menjadikan candi hindu yang mempesona ini mudah diakses.

Jam operasional candi Prambanan adalah buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Anda bisa mengunjunginya kapan pun saat anda berada di Jogja, karena obyek wisata ini buka setiap hari. Untuk harga tiket masuk dibagi menjadi beberapa golongan seperti di bawah ini:

  • Wisatawan Domestik Dewasa : Rp 30.000/ orang
  • Wisatawan Domestik Anak : Rp 12.500/ orang
  • Warga Negara Asing : USD $ 18/ orang

Itulah informasi lokasi dan harga tiket masuk ke obyek wisata candi Prambanan yang terkenal pesonanya. Untuk mencapai lokasi tersebut sangat mudah karena memang sudah dikatakan lokasinya sangat strategis.Apalagi jika anda menggunakan jasa sewa mobil Jogja terbaik yang bisa mengantar anda sampai tujuan, akan sangat mudah mencapai lokasinya.

Cara Menuju Lokasi Candi

Banyak akses yang bisa anda gunakan untuk menuju lokasi candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya memang mudah ditemukan karena terletak di tepi jalan raya utama Yogyakarta-Solo sehingga mudah diakses dari arah mana pun. Untuk anda yang berasal dari Jogja bisa menggunakan bus transjogja, motor atau mobil.

Untuk anda yang berasal dari Solo, anda bisa menggunakan bus Klaten-Prambanan untuk sampai ke lokasi, atau dengan angkutan umum lainnya. Namun jika anda ingin kendaraan yang lebih aman dan nyaman maka sewa mobil Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ke lokasi. Terutama bagi anda yang masih baru pertama kali ke Jogja, dengan mobil sewaan akan lebih terjamin

Daya Tarik Wisata Candi Prambanan

Sebagai salah satu obyek wisata memang pantas jika candi ini tersohor ke seluruh negeri bahkan seluruh Indonesia. Hal ini tidak lepas dari banyaknya daya tarik yang dimiliki Candi Prambanan sehingga wisatawan selalu memiliki alasan untuk berkunjung. Berikut ini beberapa daya tarik wisata yang dimiliki Candi ini:

1. Legenda Dibalik Terbentuknya Candi Prambanan

Melihat Candi Prambanan akan selalu mengingatkan tentang legenda dibalik terbentuknya candi ini. Ceritanya sudah melegenda di telinga seluruh warga Indonesia, tentang kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan antara pemuda dan si putri cantik.Konon katanya pemuda bernama Badung Bondowoso terpikat oleh kecantikan putri cantik bernama Roro Jonggrang.

Pemuda ini berminat meminangnya, namun untuk menolaknya secara halus si putri mengajukan syarat yang tidak masuk akal yaitu membangun 1000 candi dalam semalam. Sadar jika pemuda itu akan berhasil membuatkannya candi akhirnya putri memiliki siasat membangunkan ayam agar berkokok. Pemuda ini marah karena merasa gagal candi yang dibangunnya kurang satu saja, dan putri Roro Jongrang dijadikan candi yang ke 1000 oleh pemuda tersebut.

2. Gedung Pertunjukan Trimurti Yang Megah

Memiliki gedung pertunjukan Trimurti yang megah adalah salah satu daya tarik Candi Prambanan. Gedung ini merupakan area pertunjukan yang sering digunakan untuk mengadakan pertunjukan-pertunjukan berskala nasional maupun internasional. Banyak pagelaran yang telah diadakan di gedung pertunjukan Trimurti ini. Kebanyakan pagelaran yang di adakan berupa sendratari atau pertunjukan khas daerah.

Saat berkunjung ke candi ini, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir dan menikmati pertunjukan yang di sajikan oleh pihak penyelenggara. Anda tidak akan menyesal menyaksikan pertunjukannya karena akan menambah pengetahuan anda tentang seni dan budaya bangsa.

3. Memiliki Pemandangan Sunrise Terindah

Menikmati sunrise di pantai atau di pegunungan mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi traveller. Namun tidakkah anda membayangkan betapa indahnya menikmati sunrise di kawasan candi Prambanan. Kawasan ini dikenal memiliki pemandangan sunrise terindah, yang akan sangat sayang jika anda lewatkan.

Dengan ratusan bangunan candi di sekitarnya akan membentuk siluet yang sangat memukau di tengah warna jingga yang mulai semburat. Matahari seolah kembali ke peraduan dengan sendu di balik megahnya bangunan Candi Prambanan yang menawan. Jangan lupa untuk mengabadikannya.

4. Terdapat Museum Untuk Belajar Sejarah

Masih ada satu lokasi yang ada di kawasan candi yang merupakan salah satu daya tarik obyek wisata ini yaitu, museum Candi Prambanan. Bangunan museum yang berbentuk joglo ini memiliki banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah di dalamnya. Mulai dari artefak, arca, gerabah, gambar struktur candi Siwa, fosil hingga cerita legenda Roro Jonggrang.

Akan banyak hal yang bisa anda pelajari di dalam museum ini terkait sejarah dan budaya tempat ini. Kabar baiknya untuk memasuki area museum ini anda tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis. Jangan lupa untuk mampir agar perjalanan semakin lengkap.

5. Pemandangan Candi Yang Mempesona

Menikmati keindahan Candi Prambanan memang seolah tidak akan pernah bosan karena pemandangannya yang mempesona akan menyihir mata anda. Berkeliling komplek candi sambil menikmati arca-arca atau candi-candi kecil di sekitarnya yang sungguh mempesona. Kemegahannya menyatu dengan alam di sekitarnya menyuguhkan pemandangan yang mempesona.

Saat melihatnya anda akan berfikir, ini adalah hal yang mustahil dikerjakan oleh tangan manusia dalam semalam. Lebih dekat lagi kepada candi anda akan melihat betapa indah dan agungnya relief peninggalan masa lalu ini. Salah satunya berkisah tentang kisah cinta Rama dan Sinta.

6. Sendratari Ramayana Prambanan

Salah satu daya tarik Prambanan adalah adanya sendratari Ramayana yang diadakan secara rutin pada hari selasa, kamis dan jumat di kompleks candi. Pertunjukan yang memadukan seni tari, drama dan musik jawa ini merupakan pertunjukan yang sangat menarik untuk ditonton. Pertunjukan kolosal yang sangat mengesankan, meski tanpa dialog namun tetap bisa dipahami alur ceritanya.

Pagelaran diadakan pada pukul 19.30-21.30 WIB, pada musim kemarau diadakan di open theater, sedang pada musim hujan diadakan di dalam gedung Trimurti. Perlu diketahui jika tiket masuknya berbeda dengan tiket masuk ke dalam candi, pastikan sendratari ini masuk dalam daftar kunjungan.

Demikian informasi terkait obyek wisata Candi Prambanan yang ada di perbatasan Klaten dan Jogja. Akan sangat menyesal jika anda tidak segera mengunjunginya untuk menikmati semua daya tarik yang ditawarkan oleh Candi. Anda bisa menikmati seluruh perjalanan anda menuju lokasi wisata di Jogja jika menggunakan sewa mobil Jogja yang murah dan berkualitas.

By | 2018-11-03T08:52:38+00:00 November 3rd, 2018|Wisata Jogja|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

08112955063