Jogja adalah tempat yang tepat bagi wisatawan untuk menemukan destinasi wisata sejarah yang unik. Kekayaan sejarah yang dimiliki Jogja merupakan daya tarik khusus bagi para wisatawan lokal dan luar negeri. Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang bisa ditemukan di kota gudeg ini. Monumen yang satu ini menyimpan banyak cerita tentang kota Jogja pada era lampau.

Jogja Kembali adalah monumen yang mengingatkan penduduk Indonesia bahwa Jogja pernah menjadi ibukota Republik Indonesia. Hal ini terukir di dalam sejarah bangsa Indonesia. Guna mengingat peristiwa tersebut, maka dibuatlah sebuah monumen yang menceritakan detail sejarahnya.

Lihat tempat wisata yang satu lokasi dengan Monumen Jogja Kembali : Taman Pelangi

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Monumen Jogja Kembali

Lokasi dari monumen ini terletak di Jalan Lingkar Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik Yogyakarta. Akses menuju ke monumen ini cukup mudah, namun sebaiknya para pengunjung menggunakan jasa mobil rental di Jogja. Hal ini akan lebih memudahkan pengunjung mendapatkan rute tercepat daripada harus menggunakan angkutan umum.

Monumen ini buka dari hari Selasa sampai hari Minggu. Pada hari Senin monumen ini ditutup untuk umum. Jam buka dari monumen ini dimulai dari jam 08.00 pagi hingga jam 16.30. Ini artinya kawasan ini tidak dibuka pada malam hari. Pengunjung yang ingin datang ke monumen ini harus memperhatikan jam buka ini.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini terbilang sangat murah. Para pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000,-. Jika pengunjung datang dalam rombongan, maka tiket masuk mendapatkan diskon sebesar 10%. Sedangkan khusus bagi pengunjung rombongan panti asuhan dan anak TK, maka tiket masuk mendapatkan diskon 50%. Diskon ini jelas akan sangat meringankan beban pengunjung.

Lihat Museum bersejarah lainnya di Jogja : Museum Perjuangan Jogja

Daya Tarik Dari Monumen Jogja Kembali

Ada banyak daya tarik yang dimiliki Jogja Kembali. Semua daya tarik inilah yang membuat para wisatawan penasaran dan ingin segera mengunjungi tempat ini. Setidaknya ada 5 daya tarik khusus yang ada pada Monumen Jogja Kembali. Berikut ini daya tarik tersebut:

1. Desain Arsitektur Yang Unik

Arsitektur dari bangunan ini sangat unik sekali. Bentuk bangunannya sangat berbeda dengan bentuk bangunan lain pada umumnya. Bangunan ini berbentuk seperti mirip piramida mesir, yang di depannya ada pintu masuk yang tinggi. Warna bangunannya juga berbeda dengan bangunan kebanyakan. Arsitektur ini terbilang unik untuk sebuah monumen yang terdiri dari tiga lantai utama.

2. Memiliki 40 Relief Sejarah

Ada banyak sekali relief sejarah yang ada di bangunan ini. Bahkan ada 40 relief yang bisa dilihat oleh para pengunjung. Relief-relief ini terletak pada bagian tangga dalam monumen. Semua relief yang ada di sini bukan relief sembarangan. Relief-relief ini menceritakan tentang perjuangan bangsa Indonesia merebut kembali kemerdekaannya. Hal ini juga berkaitan dengan sejarah perang perebutan kembali Yogyakarta.

3. Mempunyai Halaman Hijau Yang Luas

Monumen ini tidak hanya memiliki bangunan yang cukup luas. Halaman depan bangunan ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Hamparan rerumputan hijau yang sangat rapi tertata menyambut para pengunjung. Luasnya halaman depan dari monumen ini juga banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan yang datang.

4. Ada Banyak Koleksi Diorama

Koleksi dari monumen ini juga cukup banyak. Bahkan ada koleksi-koleksi diorama yang bisa dilihat dan dipelajari pengunjung. Diorama-diorama ini banyak menceritakan tentang peristiwa penting. Tentu saja peristiwa-peristiwa ini adalah peristiwa yang berkaitan dengan kota Jogja.

5. Fasilitas Yang Ada Sangat Lengkap

Daya tarik yang terakhir dari tempat ini adalah fasilitas yang ada di dalamnya. Ada banyak fasilitas yang ada di tempat ini seperti ruang koleksi, auditorium, perpustakaan dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya. Semua fasilitas ini juga terawat dengan baik. Sehingga para pengunjung juga akan merasa betah. Bahkan ada beberapa fasilitas tambahan seperti tempat bermain dan tempat makan.

Itulah 5 daya tarik yang dimiliki oleh monumen ini. Selain daya tarik tersebut, pengunjung datang ke sini karena ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Kegiatan-kegiatan ini sangat seru apabila dilakukan bersama teman atau keluarga.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Monumen Jogja Kembali

Para pengunjung yang datang ke monumen dijamin tidak akan bosan. Setidaknya ada 7 kegiatan yang bisa dilakukan di museum ini. Apa saja kegiatan tersebut? Berikut ini rinciannya:

1. Melihat Beragam Koleksi

Kegiatan pertama yang harus dilakukan pengunjung yang datang ke monumen ini adalah melihat koleksi. Ada banyak koleksi yang ada di dalam bangunan ini dan sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Dari beragam koleksi ini para pengunjung juga bisa belajar banyak hal.

2. Melihat Pertunjukan Spesial

Pengelola monumen ini juga sering mengadakan pertunjukan spesial. Pertunjukan ini biasanya berkaitan dengan sejarah yang ada di kota Jogja. Para pengunjung yang datang bisa menikmati pertunjukan spesial ini secara gratis. Namun pertunjukan ini memang tidak diadakan setiap harinya Oleh sebab itu, sebaiknya kunjungi tempat ini ketika ada pertunjukan-pertunjukan khusus.

3. Membaca Buku Di Perpustakaan

Manfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada di dalam museum ini dengan membaca buku di perpustakaan. Ada banyak sekali koleksi buku yang bisa dibaca oleh para pengunjung. Buku-buku ini sangat beragam. Bukan hanya buku sejarah saja yang bisa dibaca pengunjung, namun ada beberapa buku menarik lainnya. Kegiatan ini juga sangat penting untuk mengajarkan budaya membaca pada anak-anak.

4. Bermain Di Arena Khusus

Anak-anak bisa bermain di kawasan arena khusus yang ada di dalam bangunan ini. Arena ini disediakan agar anak-anak tidak merasa jenuh. Bermain sambil belajar tentunya merupakan kegiatan yang sangat bagus sekali untuk dilakukan bersama. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun pastikan anak-anak yang berada di dalam kawasan ini tetap ada dalam pengawasan orang dewasa.

5. Berfoto Ria Di Depan Koleksi

Jangan lupa untuk berfoto ria di depan koleksi. Ada banyak spot foto yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto yang bagus. Para pengunjung bisa berfoto sepuasnya di dalam tempat ini. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membawa kamera.

6. Jalan-Jalan Di Taman Hijau

Manfaatkan taman hijau yang ada di depan bangunan ini. Para pengunjung bisa jalan-jalan di depan taman hijau. Area taman hijau ini terdapat di depan halaman monumen. Kegiatan ini juga baik untuk menghilangkan penat pengunjung.

7. Mengikuti Workshop

Ruang auditorium yang ada di dalam monumen sering digunakan untuk mengadakan workshop. Workshop ini temanya sangat beragam. Para pengunjung bisa mengikuti kegiatan workshop yang diadakan oleh para pengelola. Hal ini dapat menambah wawasan para pengunjung yang mengikuti workshop.

Banyak sekali yang bisa dilakukan di Monumen Jogja Kembali. Monumen yang satu ini adalah monumen kebanggaan masyarakat Jogja. Banyak orang yang datang ke monumen ini merasa kagum dengan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Sebagai warga Indonesia, kita harus bangga dengan sejarah yang ada pada negara kita, khususnya yang ada di Jogja.