Jogja masih memiliki obyek unik dan menarik untuk dijadikan tujuan wisata di akhir pekan atau hari libur. Salah satunya sebuah embung yang bernama Tambakboyo. Embung Tambakboyo yaitu danau buatan yang berada di Sleman ini mulai dikenal oleh masyarakat umum dan dijadikan salah satu tujuan wisata murah. Di Jogja memang ada banyak embung yang menarik dikunjungi salah satunya adalah yang berada di Sleman ini.

Lihat juga wisata lain di Sleman : Sindu Kusuma Edupark

Banyak orang mulai dibuat penasaran dengan obyek wisata yang satu ini, karena mulai menjadi buah bibir di kalangan traveler. Sebagai salah satu obyek wisata yang unik dan menarik di kota Jogja selain pantai, candi dan budayanya. Embung ini memiliki berbagai fakta menarik yang perlu anda ketahui dan akan diulas di bawah ini.

Fakta Menarik Objek Wisata Embung Tambakboyo

Sebagai salah satu obyek wisata yang unik Embung Tambakboyo memiliki banyak fakta menarik di baliknya. Tidak hanya sebagai waduk irigasi saja ternyata embung ini menyajikan pemandangan yang luar biasa. Berikut ini beberapa fakta menarik obyek wisata embung di Sleman Jogja:

1. Wisata Murah Yang Sering Digunakan Sebagai Lokasi Joging

Obyek wisata Embung ini memang dijadikan lokasi wisata murah di Jogja, karena tidak ada tarif masuk perorangan. Untuk masuk ke lokasi wisata embung anda hanya perlu membayar biaya parkir saja sesuai jenis kendaraan yang anda gunakan. Sebagian besar pengunjung embung ini adalah mahasiswa yang menghabiskan waktu mereka untuk jogging atau olah raga lainnya.

Jogging mengelilingi embung ini sangat menyenangkan, sembari melihat pemandangan yang tersaji di depan mata. Sebaiknya jogging dilakukan pada pagi atau sore hari, dengan keadaan yang tidak begitu terik karena tertutup tebing. Jika jogging satu putaran embung ini, berarti telah menempuh jarak 1,7 km, jarak yang cukup untuk menghasilkan keringat di badan.

2. Cocok Dijadikan Tempat Memancing

Selain obyek wisata yang menarik dengan pemandangan indah, ternyata Embung Tambakboyo sering digunakan sebagai tempat menyalurkan hobi pecinta memancing. Embung yang sudah selesai dibangun sejak tahun 2008 ini memiliki banyak jenis ikan yang hidup di dalam airnya. Setidaknya ada beberapa jenis ikan seperti, lele, nila, wader dan masih banyak lagi jenis ikan lainnya.

Berkunjung ke embung ini akan membuat anda puas menyalurkan hobi memancing anda dan mendapatkan ikan kegemaran keluarga. Namun anda harus tetap waspada dan hati-hati saat memancing, tetap perhatikan sekitar agar tidak terlena dan bisa terjatuh kedalam waduk yang sangat dalam ini.

3. Berlatar Belakang Gunung Merapi Yang Menawan

Pergi ke embung ini anda akan menyaksikan pemandangan yang menarik dan mungkin tidak akan anda dapatkan di tempat wisata lain. Terdapat view gunung Merapi yang terkenal eksotis dengan misterinya, namun jika cuaca mendukung. Gunung Merapi akan tampak di balik embung sebagai latar belakang pemandangan yang menawan.

Pemandangan tersebut sangat indah untuk diabadikan, apalagi jika anda memandangnya dari atas embung akan terlihat semakin indah. Waktu terbaik mengunjungi embung ini adalah pada pagi hari saat langit sedang tidak berkabut sehingga anda bisa melihat gunung Merapi di kejauhan. Menikmati segarnya udara di embung dan indahnya pemandangan gunung pasti akan menghilangkan penat dan stress dalam sekejap.

4. Merupakan Waduk Buatan Untuk Irigasi Dan Cadangan Air

Danau buatan atau waduk ini dibuat dengan luas 7,8 hektar dan memiliki volume tampungan air sebanyak 400.000 meter kubik air. Embung memiliki lokasi yang sangat luas, fungsi utamanya adalah untuk irigasi dan cadangan air PDAM warga Bantul, Sleman dan Jogja. Dengan memiliki embung ini, Sleman dan sekitarnya tidak perlu khawatir kekurangan air di musim kemarau.

Air danau buatan ini akan memenuhi kebutuhan irigasi pertanian warga Sleman dan sekitarnya selama satu tahun penuh. Selain untuk irigasi pertanian juga digunakan sebagai sumber air yang diolah PDAM untuk memenuhi kebutuhan air minum warga Sleman, Bantul dan Jogja.

5. Memiliki Pemandangan Senja Yang Indah

Jika anda berkunjung ke Embung Tambakboyo di sore hari, maka anda berkesempatan menikmati indahnya pemandangan senja di embung ini. Saat senja tiba matahari mulai bersiap untuk kembali keperaduannya, memancarkan kemilau lembayung senja. Air embung memantulkan cahaya matahari yang teduh, dan langit biru yang perlahan berubah warna.

Suasana yang berubah dari terik menjadi teduh, menambah syahdunya suasana senja di embung ini. Duduk menikmati pemandangan senja yang tidak biasa akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Inilah faktanya, sebuah embung di Sleman ini ternyata memiliki pemandangan senja yang menawan hati.

Lokasi Embung Tambakboyo Dan Harga Tiket Masuk

Embung indah ini berada di Condong Catur, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia. Lokasinya sangat mudah diakses karena bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Anda tidak akan kesulitan menuju lokasi wisata yang satu ini, apalagi jika anda menggunakan jasa sewa mobil di Jogja yang akan mengantarkan anda sampai lokasi tujuan.

Harga tiket masuknya sangat murah memungkinkan semua kalangan untuk menikmati keindahan embung ini. Untuk masuk lokasi anda hanya membayar biaya parkir saja, untuk kendaraan roda dua 2000 rupiah, mobil 3000 rupiah, dan untuk sepeda 1000 rupiah. Jika anda ke sana dengan berjalan kaki maka anda tidak perlu membayar apa-apa alias gratis.

Lihat juga tempat wisata di Jogja lain yang gratis : Titik Nol Jogja

Cara Menuju Lokasi Embung Tambakboyo

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menuju Embung Tambakboyo, seperti yang sudah disinggung diatas. Anda bisa menuju lokasi dengan jalan kaki, naik motor, sepeda atau pun mobil. Bagi anda yang baru pertama ke tempat ini cara paling nyaman adalah dengan menyewa mobil Jogja bersama keluarga anda.

Lokasinya berdekatan dengan UPN (Universitas Pembangunan Negara) sekitar 1 Km ke arah utara dari Ringroad utara depan kampus tersebut. Gunakan GPS akan mengarahkan anda ke lokasi, jika tidak memilikinya maka ikuti arahan di bawah berikut ini:

  • Dari perempatan UPN menuju arah utara, jika anda berasal dari jalan Senturan arahya lurus. Namun jika anda dari barat, berbeloklah ke kiri di perempatan ring road UPN, lalu lurus terus saja sampai melewati perempatan pertama.
  • Dari perempatan tersebut anda masih harus lurus sampai komplek perumahan yang memiliki jalanan konblok bukan aspal. Lalu tetap lurus sampai menemukan penunjuk arah Embung Tambakboyo. Posisinya di sebelah kanan, di gang kedua kira-kira 200 meter dari perempatan tadi.
  • Dari penunjuk arah tadi anda tinggal mengikutinya, jalanan mulai menurun, sebelah kirinya ada homestay. Posisi embung berada di bawah homestay tersebut, di depannya ada portal untuk masuk ke embung.

Berwisata bersama keluarga ke Embung Tambakboyo pasti sangat menyenangkan, dengan daya tarik yang ditawarkan dan akses yang sangat mudah. Embung ini bisa menjadi pilihan wisata murah anda dan keluarga untuk mengisi hari libur. Dengan menyewa mobil untuk pergi ke lokasi embung bersama keluarga pasti akan lebih menyenangkan, karena anda bisa merasakan kenyamanan sepanjang perjalanan.