Banyak sekali tempat menarik yang ada di Jogja dan wajib untuk anda singgahi. Salah satu tempat menarik tersebut adalah Titik Nol Jogja. Tempat ini dikatakan titik nol karena memang lokasinya yang berada tepat di tengah kota Jogja. Bahkan bisa dikatakan jika tempat yang satu ini adalah jantungnya Jogja. Melihat fakta ini, maka tidak heran jika Titik Nol menjadi tempat wisata tersendiri bagi warga lokal maupun wisatawan yang ke Jogja. Ada banyak informasi penting dan menarik yang sebaiknya anda ketahui tentang tempat ini.

Lokasi, Harga Tiket Dan Akses Menuju Titik Nol Jogja

Tempat wisata yang satu ini berada di Jalan Margo Mulyo nomor  9 Ngupasan, Gondomanan, kota Jogja. Sebenarnya tempat wisata yang satu ini hanya berupa perempatan jalan. Namun walaupun hanya perempatan jalan, perempatan jalan ini bukan perempatan biasa. Ada area pedestarian yang cukup luas. Selain itu, ada banyak tempat untuk duduk dan menikmati keindahan Jogja. Anda tidak perlu merasa khawatir untuk masalah tiket. Hal ini dikarenakan pengunjung tidak akan dikutip uang tiket. Area ini dibuka untuk publik secara gratis.

Akses menuju titik nol juga terbilang mudah. Namun saat ke sini pada hari libur sebaiknya gunakan saja jasa mobil sewa di Jogja. Alasannya sederhana, angkutan umum menuju tempat ini biasanya selalu padat saat musim liburan. Selain itu, dengan menggunakan jasa sewa mobil, anda juga bisa langsung menikmati beragam objek wisata yang ada di sekitar Titik Nol. Tidak ada ruginya anda pergi ke sini karena selain unik, tempat ini juga kaya akan sejarah.

Sejarah Di Titik Nol Jogja

Ada baiknya jika anda mengetahui sejarah yang ada di Titik Nol. Tempat ini menjadi saksi bisu kekejaman para penjajah Belanda. Pada tanggal 1 Maret 1949, Belanda menyerang Indonesia. Hal ini dilakukan untuk kembali menduduki Indonesia setelah Indonesia merdeka dari Jepang. Namun tindakan Belanda ini mendapatkan perlawanan dari rakyat Jogja yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman. Peristiwa ini sangat membekas bagi masyarakat Jogja. Dikarenakan peristiwa ini terjadi di kawasan Titik Nol maka dibangunlah monumen untuk mengingat peristiwa tersebut.

Bagi kita bangsa Indonesia, mengingat akan sejarah tersebut adalah sebuah keharusan. Sehingga kita paham betapa sulitnya para pahlawan mempertahankan kemerdekaan khususnya di kawasan Jogja. Jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang peristiwa di Titik Nol beberapa dekade yang lalu itu, anda bisa mengunjungi museum Benteng Vredeburg yang terletak tidak jauh dari Titik Nol. Di samping kaya sejarah, tempat yang satu ini juga penuh dengan keunikan.

Keunikan Yang Ada Di Titik Nol Jogja

Ada beberapa keunikan yang bisa anda lihat pada titik ini. Tentu saja keunikan tersebut belum tentu bisa anda lihat pada tempat lainnya. Apa saja keunikan yang bisa anda dapatkan pada Titik Nol Jogja? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Dikelilingi Oleh Bangunan Peninggalan Belanda

Keunikan yang pertama dari Titik Nol adalah tempat ini dikelilingi banyak bangunan peninggalan Belanda. Beberapa bangunan tersebut antara lain bangunan Kantor POS dan bangunan Kantor Bank BNI. Bahkan bangunan Kantor POS ini nyaris tidak pernah berubah fungsi dari sejak zaman Belanda. Bangunan-bangunan ini masih berdiri kokoh hingga saat ini. Tentu saja adanya bangunan-bangunan unik ini memberikan pemandangan yang unik bagi Titik Nol.

2. Banyak Musisi Jalanan

Jika anda duduk di Titik Nol, maka jangan heran jika melihat ada banyak musisi jalanan. Titik Nol merupakan tempat pertunjukan bebas bagi para musisi jalanan. Musisi jalanan ini adalah warga Jogja setempat yang mengapresiasikan diri merek dalam seni. Anda akan dibuat tekagum-kagum dengan aksi mereka. Dengan adanya aksi musisi jalanan ini akan membuat suasana Titik Nol tampak hidup dan jauh dari kesan membosankan.

3. Tempat Terbaik Menyaksikan Aktivitas Warga Jogja

Tempat ini adalah tempat terbaik menyaksikan aktivitas warga Jogja yang lalu lalang. Apalagi pada waktu senja datang. Pemandangan langit jingga saat senja hari akan memberikan nuansa yang sangat bagus untuk dinikmati. Tidak hanya pada saat siang hari saja tempat ini bisa dinikmati. Ketika malam datang, anda juga bisa melihat aktivitas masyarakat Jogja dari kelap kelip lampu malam. Ada banyak lampu hias yang diletakkan di sini untuk menemani pengunjung.

4. Dekorasi Penataan Yang Unik

Penataan tempat ini juga terbilang unik. Anda bisa melihat beberapa kursi yang diatur sedemikian rupa. Bahkan hal ini juga akan memberikan kemudahan bagi anda yang ingin berinteraksi dengan warga lainnya. Penataan lampu jalan yang ada juga sangat rapi. Sehingga anda akan merasa betah berada di tempat ini.

5. Memiliki Taman Kecil

Tempat ini juga memiliki sebuah taman kecil yang sangat bagus. Taman kecil ini ditata dengan baik dan memiliki banyak tanaman yang cantik. Sebagai pengunjung yang baik, anda juga tidak boleh merusak taman yang ada di sini termasuk memetik bunga ataupun tumbuhan yang ada. Anda juga tidak boleh membuang sampah sembarangan di area ini. Menjaga kelestarian tempat Titik Nol adalah tanggung jawab bersama.

Semua keunikan yang ada di atas bisa anda nikmati bersama keluarga, teman atau pasangan. Jika ke Titik Nol ini jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat wisata yang ada di tempatnya. Ada banyak sekali tempat wisata yang terletak di dekat Titik Nol ini. Bahkan hanya dengan berjalan kaki saja, anda sudah bisa sampai ke tempat wisata yang lainnya.

Tempat-Tempat Wisata Yang Berada Di Dekat Titik Nol Jogja

Setidaknya ada 3 tempat wisata yang berada di dekat Titik Nol dan bisa anda kunjungi.  Sehingga ketika anda berlibur ke sini, anda bisa mendapatkan banyak pengalaman yang menyenangkan sekaligus. Berikut ini tempat-tempat wisata tersebut:

1. Benteng Vredeburg

Tempat wisata yang pertama adalah Benteng Vredeburg. Di sini anda bisa melihat beragam koleksi menarik seputar Jogja pada masa penjajahan Belanda. Benteng ini dibangun oleh Belanda dengan tujuan memantau pergerakan masyarakat Jogja. Di sini ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan seperti bersepeda di halaman museum, berfoto dengan koleksi dan masih banyak lagi.

Baca selengkapnya tentang Benteng Vredeburg

2. Taman Pintar

Taman Pintar merupakan tempat yang wajib anda kunjungi bersama anak-anak. Tempat wisata yang satu ini memiliki banyak fasilitas hiburan yang sangat mengedukasi. Di tempat ini anak anda bisa belajar banyak seperti latihan menjadi presenter TV, ilmuwan dan masih banyak lagi. Taman Pintar juga berada di dalam kawasan Titik Nol.

Baca selengkapnya tentang Taman Pintar

3. Pasar Beringharjo

Jangan lupa berbelanja ketika anda berada di kawasan Titik Nol. Tempat ini sangat dekat dengan pasar Beringharjo yang merupakan pusat perbelanjaan yang terbesar di Jogja. Tepat Terletak di kawasan Malioboro, anda bisa membeli banyak barang di pasar yang satu ini.

Jadi, jangan merasa ragu untuk jalan-jalan ke Titik Nol Jogja. Tempat wisata yang satu ini adalah perempatan yang unik. Sebagai tempat wisata yang letaknya sangat strategis, tempat wisata ini sayang jika anda lewatkan.