Jogja memiliki banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu tempat wisata yang paling direkomendasikan untuk keluarga adalah Sindu Kusuma Edupark atau biasa disingkat SKE. SKE ini merupakan taman hiburan yang menyediakan banyak wahana baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Taman hiburan SKE dibuka sejak tahun 2014. Animo masyarakat untuk mengunjungi tempat ini juga semakin tinggi. Apalagi ketika musim liburan datang, maka SKE tidak pernah sepi dari pengunjung. Tentu saja hal ini dikarenakan taman hiburan ini memiliki fasilitas wahana yang lengkap dan juga seru.

Lihat juga wisata lain yang penuh wahana seru : Kids Fun

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark berlokasi di Jalan Magelang, Sleman Yogyakarta. Akses menuju ke tempat wisata ini terbilang mudah. Wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja agar bisa sampai ke tempat ini dengan mudah. Jika menggunakan kendaraan umum, wisatawan bisa kesulitan mencari angkutan umum yang tepat.

Taman hiburan ini buka setiap hari, dari jam 09.30 sampai 23.00 WIB. Ini artinya para pengunjung bisa memiliki waktu yang panjang untuk bermain di dalam SKE. Untuk bisa lebih leluasa menikmati wahana, sebaiknya pengunjung datang selain hari libur. Bila hari libur, tempat ini biasanya cukup padat.

Setiap orang harus membayar tiket terusan sebesar Rp. 70.000,-. Harga tiket ini bisa berbeda-beda sesuai dengan wahana yang akan dicoba. Namun anda tidak perlu merasa khawatir, harga tiket wahana masih dalam batas ambang wajar. Sehingga harga tiket ini tidak akan memberatkan para pengunjung. Harga tiket ini juga dinilai wajar mengingat SKE memiliki banyak wahana.

Wahana Yang Ada Di Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Pengunjung yang datang ke SKE wajib menyiapkan tenaga ekstra. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali wahana seru yang patut untuk dicoba. Beberapa wahana yang ada juga sangat menguji adrenalin. Tentu saja tempat wisata seperti ini sangat cocok bagi semua anggota keluarga. Berikut ini wahana-wahana yang ada di SKE:

1. Sepur Klutuk

Wahana yang satu ini sangat cocok untuk orangtua dan anak-anak. Para pengunjung akan dibawa berkeliling taman hiburan dengan menggunakan kereta api. Kereta api ini sangat unik bentuknya dan memiliki gerbong yang terbuka. Tentu saja hal ini membuat para pengunjung bisa melihat pemandangan taman hiburan. Untuk menikmati wahana ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5.000,-.

2. Kursi Mabur (Flying Chair)

Keseruan akan sangat terasa ketika mencoba wahana yang satu ini. Kursi mabur adalah kursi yang bisa menerbangkan para pengunjung di atas tanah hingga ketinggian 4 meter. Dengan naik wahana ini, pengunjung bisa merasakan seperti naik ayunan raksasa. Tentu saja ini cukup memicu adrenalin pengunjung. Siapkan uang Rp. 15.000,- untuk naik wahana ini.

3. Roti Puter

Pengunjung bisa juga mencoba wahana Roti Putar. Nantinya pengunjung akan naik di sebuah wahana berbentuk cupcake dan akan diputar-putar secara otomatis. Pengunjung juga tidak perlu merasa khawatir jika putaran terlalu kencang, ada sebuah tombol untuk mengatur putaran. Harga untuk bisa menikmati wahana Roti Putar adalah Rp. 10.000,-

4. Komidi Putar

Siapa yang tidak mau naik komidi putar? Pastinya semua orang suka untuk naik wahana yang satu ini. Apalagi komidi putar yang ada di SKE bentuknya unik-unik. Ada yang berbentuk seperti kencana da nada bentuk unik lainnya. Harga tiket untuk menikmati wahana ini juga sangat murah, yaitu Rp. 10.000,-.

5. Cakra Manggilingan

Cakra Manggilingan adalah wahana feris wheel atau seperti bianglala berukuran raksasa yang tingginya hingga 48 meter. Dari atas wahana ini bahkan  para pengunjung bisa melihat pemandangan kota Jogja. Aktivitas ini sangat menyenangkan jika dilakukan pada mala hari. Harga tiket untuk bisa menikmati Cakra Manggilingan adalah Rp. 10.000,-

6. Montor Tumbur

Montor Tumbur ini adalah wahana bumper car yang bisa dinaiki dan disetir. Keseruan saat menaiki montor ini jelas bisa dirasakan para pengunjung. Apalagi arena untuk bermain motor tumbur ini cukup luas. Sehingga para pengunjung bisa puas bermain bumper car. Sediakan uang sebesar Rp. 10.000,- untuk menikmati Montor Tumbur.

7. Cleret Gandul

Wahana yang satu ini akan memberikan kesempatan pada para pengunjung untuk bisa bergelantungan di tali diatas ketinggian. Para pengunjung bisa meluncur dengan cepat. Hal ini sangat menguji adrenalin siapa saja yang mencobanya. Wahana Cleret Gandul bisa dinikmati dengan biaya Rp. 15.000,-.

8. Mobil Kuno

Jika pengunjung ingin jalan-jalan keliling taman hiburan ini, para pengunjung bisa menggunakan mobil kuno. Mobil kuno yang ada di sini menggunakan tenaga listrik. Kapasitas dari mobil ini juga cukup besar muat hingga 4 orang. Harga dari wahana ini juga cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 50.000,-.

9. House Of Terror

Bila pengunjung suka dengan suasana horor, maka House Of Terror siap untuk dicoba. Wahana yang satu ini mewajibkan pengunjung duduk manis di atas kereta. Setelah itu, kereta akan meluncur melintasi rumah hantu. Jangan meragukan keseraman dari wahana yang satu ini. Bagi pengunjung yang punya sakit jantung atau terlalu takut dengan hantu, tidak dianjurkan mencoba wahana ini. Harga wahana House Of Terror hanya Rp. 25.000,-.

10. Cinema 8D

Mungkin pengalaman menonton film 2D atau 3D sudah sangat biasa. Pengunjung bisa mencoba pengalaman menonton Cinema 8D. Sindu Kusuma Edupark akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Bahkan penonton bisa ikut merasakan apa yang terjadi di dalam film. Oleh sebab itu, penonton dituntut untuk siap dengan segala kemungkinannya. Harga dari Cinema 8D ini yaitu Rp. 30.000,-.

11. Sepeda Mabur

Bersepeda di taman mungkin sudah biasa, namun bagaimana rasanya jika bersepeda diatas ketinggian? Pengalaman inilah yang akan diberikan oleh wahana Sepeda Mabur. Wahana yang satu ini memaksa pengunjung untuk bersepeda di atas ketinggian. Wahana yang satu ini sangat aman dan tidak perlu dikhawatirkan. Untuk bisa menikmati wahana ini pengunjung harus membayar sebesar Rp. 10.000,- .

12. Dino Park

Di dalam SKE juga terdapat beberapa wahana yang gratis. Satu diantara wahana tersebut adalah Dino Park. Di sini anak-anak bisa bermain sambil belajar tentang dinosaurus. Wahana bermain yang satu ini juga dinilai sangat aman. Anak-anak bisa bermain dengan beberapa sarana yang telah disediakan. Hal ini membuat SKE penuh dengan keceriaan anak-anak. Namun tetap saja orang dewasa harus mengawasi aktivitas anak-anaknya.

13. House Of Batik

Tidak hanya sekedar bermain, SKE juga merupakan tempat belajar banyak hal. Di sini ada house of batik atau wahana rumah batik. Di sini para pengunjung bisa belajar banyak hal mengenai apa itu batik. Ada banyak koleksi batik yang bisa dilihat di dalam wahana ini. Wahana ini wajib dikunjungi karena biayanya gratis.

Baca juga wisata edukasi lain : Taman Pintar

Banyaknya wahana yang ada di Sindu Kusuma Edupark, membuat para wisatawan harus bijak memilih wahana yang mau dicoba. Jika ingin mencoba semua wahana yang ada di sini, sebaiknya jangan hanya berkunjung 1 hari. Cobalah mencicil naik wahana-wahana ini dalam beberapa kunjungan.