Tempat wisata yang paling menarik dikunjungi saat liburan bersama keluarga adalah kebun binatang. Ada banyak kebun binatang yang besar di Indonesia, salah satunya adalah Gembira Loka Zoo di Jogja. Kebun bintang yang satu ini ramai dikunjungi oleh wisatawan saat hari libur datang. Sebagai kebun binatang terbesar di Jogja, kebun binatang ini memiliki banyak keistimewaan tersendiri. Jadi tidak ada salahnya jika anda dan keluarga datang berkunjung ke kebun binatang ini. Berikut ini akan diberikan informasi-informasi penting seputar kebun binatang ini.

Lokasi, Harga Tiket Masuk Ke Gembira Loka Zoo

Informasi pertama yang harus anda ketahui adalah lokasi dari kebun binatang yang satu ini. Kebun bintang Gembira Loka terletak di jalanĀ  Kebun Raya No.2, Rejowinangun Kotagede. Kebun binatang ini buka setiap hari mulai dari jam 07.30 hingga jam 17.00. Akses menuju ke kebun binatang yang satu ini terbilang cukup mudah. Namun agar anda tidak kerepotan memilih angkutan umum, sebaiknya gunakan saja jasa rental mobil. Apalagi jika anda pergi ke kebun binatang ini dengan rombongan, menggunakan mobil tentu akan lebih nyaman.

Harga tiket masuk ke kebun binatang Gembira Loka Zoo terbilang cukup terjangkau. Pada hari biasa yaitu Senin sampai Jumat harga tiket hanya Rp. 25.000. Namun pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur, harga tiket yaitu Rp. 30.000. Harga tiket ini juga bisa berubah sesuai dengan kebijakan dari pengelola kebun binatang. Namun harga tiket ini terbilang murah dan tidak memberatkan bagi para pengunjung. Para pengunjung yang datang juga akan merasa puas dengan harga tiket yang telah dibayarkan.

Sejarah Berdirinya Gembira Loka Zoo

Kebun binatang yang satu ini dibangun lewat proses sejarah yang cukup panjang. Pada tahun 1933 Sri Sultan Hamengku Bowono VIII menginginkan adanya sebuah sarana hiburan masyarakat yang bagus dan mendidik. Sri Sultan Hamengku Bowono VIII akhirnya memutuskan untuk membangun sebuah kebun binatang. Sehingga pada akhirnya kebun binatang ini mulai dibangun oleh seorang arsitek Belanda. Namun pembangunan kebun bintang ini tidak berjalan dengan mulus.

Baca juga wisata Jogja bersejarah : Taman Sari

Pembangunan kebun binatang Gembira Loka terbilang cukup lama. Hal ini dikarenakan pembangunan sempat terhenti pada era perang dunia kedua. Saat itu kondisi Jogja sedang tidak stabil. Apalagi setelah Jepang menduduki Indonesia, maka pembangunan kebun binatang ini tidak bisa terealisasi dengan cepat. Pada akhirnya pembangunan kebun binatang ini dilanjutkan oleh Sri Sultan Hamengku Bowono ke IX. Perjuangan pembangunan ini tidak sia-sia, bahkan di Tahun 1978, kebun binatang ini sudah memiliki banyak koleksi satwa.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Gembira Loka Zoo

Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa anda lakukan bersama keluarga di kebun binatang ini. Untuk melakukan beberapa aktivitas seru ini pengunjung juga akan dikenakan biaya tambahan. Harga biaya tambahan ini juga bervariasi tergantung dari fasilitas yang digunakan. Namun anda tidak perlu merasa khawatir, sebab biaya tambahan ini relatif murah. Berikut ini aktivitas-aktivitas seru yang bisa dilakukan di kebun binatang Gembira Loka:

1. Melihat Banyak Binatang

Gembira Loka adalah sebuah kebun binatang yang memiliki banyak koleksi binatang. Oleh sebab itu, aktivitas pertama kali yang harus anda lakukan di kebun binatang ini adalah melihat banyak binatang. Di sini anda bisa melihat singa, gajah, burung dan masih banyak lagi binatang lainnya. Kebun binatang ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi, jadi anda tidak perlu merasa khawatir. Jika anda membawa anak-anak, mereka pasti akan sangat senang berkeliling kebun binatang sambil melihat satwa yang ada.

2. Menangkap Ikan Hias

Di dalam kebun binatang ini ada kolam yang khusus disediakan untuk menangkap ikan hias. Aktivitas yang satu ini merupakan aktivitas yang menarik bagi anak-anak. Ikan hias yang cantik-cantik pastinya sangat menggoda untuk bisa ditangkap. Permainan menangkap ikan hias ini juga sangat menyenangkan. Hal yang paling menyenangkan adalah anda bisa membawa ikan-ikan hias ini pulang. Namun pengunjung harus membayar sebesar Rp.10.000,- untuk bisa membawa ikan hias ini pulang.

3. Naik Unta Keliling Kebun Bintang

Di kebun binatang ini terdapat wahana untuk naik unta sungguhan. Untuk bisa menikmati wahana ini anda cukup membayar Rp. 20.000,- saja. Anda akan dipandu untuk naik unta sambil berkeliling kebun binatang. Tentu saja kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan. Anda bisa merasakan sensasi seperti orang Arab yang sering naik unta.

4. Naik Gajah Keliling Kebun Binatang

Tidak hanya naik unta, anda juga bisa merasakan naik gajah berkeliling kebun bintang. Sediakan uang Rp. 20.000,- jika anda ingin menikmati fasilitas yang satu ini. Gajah adalah binatang yang kuat dan juga ramah terhadap manusia. Pastinya anda tidak akan kecewa jika menggunakan fasilitas yang satu ini.

5. Menikmati Fasilitas Kolam Sentuh

Jika ingin fasilitas yang gratis, maka fasilitas kolam sentuh bisa menjadi tempat terbaik anda. Kolam ini dikatakan kolam sentuh karena pengunjung bisa menyentuh semua isi dalam kolam termasuk binatang yang ada di dalamnya. Di dalam kolam ini terdapat binatang yang lucu-lucu dan bisa disentuh seperti kura-kura. Namun ingat, jika anda hanya boleh menyentuh bukan memegang dengan keras dan menyakiti binatang yang ada di dalam kolam.

6. Menonton Atraksi Binatang Lucu

Di sini juga sering diadakan atraksi binatang-binatang lucu. Atraksi ini dilakukan pada jam-jam tertentu. Namun apabila pengunjung kebun binatang sangat ramai, pihak pengelola akan terus mengadakan atraksi. Banyak pengunjung yang sangat senang dengan atraksi hewan-hewan ini. Semua atraksi ini juga sangat aman untuk dilakukan.

7. Berfoto Dengan Satwa Liar

Di kebun binatang ini anda bisa berfoto dengan beragam jenis satwa liat. Satwa liar yang bisa diajak foto bersama seperti ular dan anak buaya. Anda bisa memegang hewan liar ini sambil berfoto. Tidak perlu merasa cemas. Kegiatan ini dipandu langsung oleh pawang binatang-binatang tersebut.

8. Memasuki Museum Zoo

Di kebun binatang ini juga terdapat sebuah museum. Masuk ke dalam museum ini, anda bisa melihat berbagai koleksi yang unik-unik. Di dalam museum ini juga ada banyak informasi seputar satwa dan juga tumbuh-tumbuhan. Museum ini juga sebagai sarana edukasi bagi anak-anak yang datang berkunjung. Mereka bisa belajar banyak hal dari informasi yang telah diberikan.

9. Mengunjungi Kebun Botani

Di kawasan kebun binatang Gembira Loka juga terdapatĀ  kebun botani yang bisa dikunjungi. Di sini ada banyak sekali tanaman cantik yang terurus dengan baik. Penyusunan tanaman di sini juga sangat rapi. Mata anda akan disegarkan dengan melihat pepohonan hijau yang ada di area kebun botani ini.

Lihat tempat membeli oleh-oleh di Jogja paling lengkap : Pasar Beringharjo

Pastinya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan berkunjung ke Gembira Loka Zoo. Lakukan beragam aktivitas seru yang ada di atas. Dijamin anda akan mendapatkan liburan yang menyenangkan di kebun binatang ini. Saat berlibur ke kebun binatang pastikan anak-anak yang anda bawa berada di dalam pengawasan. Selain itu, ajarkan banyak hal pada mereka agar mereka bisa lebih mencintai satwa.