Main ke Jogja tentunya tidak puas tanpa membawa oleh-oleh dan suvenir khas Jogja. Tempat terbaik untuk belanja oleh-oleh khas Jogja adalah Pasar Beringharjo. Pasar yang satu ini merupakan pasar yang paling lengkap yang ada di Jogja. Di sini anda bisa menemukan beragam barang yang sangat khas akan kota Jogja. Pasar ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan juga penduduk lokal. Bahkan pasar ini telah dipugar untuk meningkatkan daya tampung pengunjungnya.

Lihat wisata Jogja lain : Museum Vredeburg

Lokasi Pasar Beringharjo

Pasar yang satu ini terletak di jalan Ahmad Yani no 1 Yogyakarta. Beringharjo sebenarnya masih merupakan kawasan Malioboro. Oleh sebab itu, pasar ini memiliki letak yang terbilang sangat strategis. Akses menuju ke pasar ini sebenarnya cukup mudah, akan tetapi kondisinya yang ramai membuat anda harus pintar-pintar saat menuju ke sini. Untuk menghindari kemacetan dan kepadatan penumpang, sebaiknya anda jangan naik kendaraan umum. Untuk bisa ke sini anda bisa menyewa mobil di Jogja.

Wisata Jogja dekat Pasar Beringharjo : Jalan Malioboro

Setiap hari pasar ini dibuka pada jam 5 pagi hingga jam 5 sore. Namun pemerintah Jogja juga memperbolehkan pasar ini dibuka hingga malam hari. Izin ini diberikan melihat lonjakan pengunjung pasar yang tidak surut hingga ketika pasar akan ditutup. Namun untuk jam kunjung aman, sebaiknya anda datang pada saat pagi atau siang. Hal ini dikarenakan tingkat keamanannya lebih terjaga. Selain itu, kondisi stok barang juga masih banyak dibandingkan saat sore atau malam.

Kondisi Pasar Beringharjo

Sebelum kemari sebaiknya anda mengetahui kondisi dari pasar yang satu ini. Beringharjo merupakan pasar dengan kondisi yang cukup baik. Kondisi ini yang membuat banyak pengunjung yang merasa betah belanja berlama-lama. Berikut ini kondisi dari pasar kebanggaan masyarakat Jogja, Beringharjo:

1. Sangat Luas

Anda harus tahu jika pasar ini sangat luas. Luas dari Beringhajo hingga 2,5 hektar. Ini artinya pasar ini merupakan pasar yang bisa menampung banyak pengunjung. Pasar ini terdiri dari 4 lantai, dimana setiap lantainya menjual barang-barang yang berbeda.

2. Memiliki Ribuan Pedagang

Ada  ribuan pedagang yang menjajakan dagangannya di pasar yang luas ini. Jumlah pedagang yang ada di sini kurang lebih sebanyak 6000 pedagang. Semua pedagang-pedagang ini sangat akur dan rukun satu sama lain. Bahkan semua pedagang ini juga sangat ramah kepada para pengunjung yang datang. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bagi Beringharjo.

3. Jumlah Pengunjung Sangat Banyak

Dengan luas pasar yang memadai hingga jumlah pedagang yang mencapai ribuan maka tidak heran jika ada banyak pengunjung yang datang. Pengunjung dari pasar ini bisa mencapai 16.000. Di saat hari libur pengunjung yang datang bahkan sampai membludak. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk belanja di pasar ini adalah saat hari-hari biasa pada jam kerja.

4. Fasilitas Cukup Lengkap

Pemerintah Jogja memberikan fasilitas yang cukup lengkap untuk pasar ini. Fasilitas inilah yang membuat banyak pengunjung yang merasa nyaman. Beberapa fasilitas yang lengkap tersebut adalah tempat parkir, kamar mandi dan mushola. Semua fasilitas ini juga sangat terawat dengan baik.

5. Kondisi Terbilang Cukup Bersih

Jangan khawatir untuk masalah kebersihan pasar Beringharjo. Pasar yang satu ini terbilang cukup bersih untuk sekelas pasar tradisional. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir jika berada di pasar yang satu ini. Dijamin anda tidak akan kecewa jika berbelanja di pasar ini.

Itulah kondisi dari pasar terbesar di Jogja yang satu ini.  Pasar ini juga menjual banyak ragam barang yang bisa anda bawa pulang. Semuanya juga dijual dengan harga yang ramah di kantong.

Barang-Barang Yang Dijual Di Pasar Beringharjo

Sebelum kemari, sebaiknya anda mengetahui barang-barang apa saja yang dijual di Beringharjo. Pastinya dengan mengetahui barang-barang apa saja yang dijual, anda jadi bisa menentukan pilihan mau beli apa. Berikut ini barang-barang yang dijual:

1. Beragam Produk Batik

Jogja memang terkenal dengan batiknya. Jadi wajar saja jika pasar terbesar di Jogja ini menjadi pusat penjualan produk dari batik. Semua koleksi batik ini bisa anda beli di lantai 1. Jadi ketika anda akan membeli batik di Beringharjo, anda bisa langsung menuju ke lantai 1. Semua produk dari batik bisa anda temukan, mulai dari yang harga ribuan hingga jutaan.

2. Barang Antik Dan Kuno

Barang antik dan kuno juga bisa anda bawa pulang dari pasar ini. Untuk membeli barang antik di Beringharjo anda bisa langsung menuju lantai 3. Di lantai 3 ini semua pedagang barang-barang antik berkumpul. Anda tinggal menentukan pilihan barang antik mana yang ingin dibeli.

3. Perhiasan

Perhiasan berupa emas atau perhiasan dari kerajinan tangan juga bisa dapat dibeli di sini. Untuk membeli perhiasan dari kerajinan tangan anda harus menuju ke lantai 4. Di sini juga ada banyak aneka ragam kerajinan tangan yang unik-unik. Sebagian kerajinan tangan ini dibuat sendiri oleh warga Jogja.

4. Kebutuhan Sandang

Pakaian, celana, topi dan kebutuhan sandang lainnya juga bisa didapatkan di Beringharjo. Jika ingin membeli kebutuhan sandang, anda cukup pergi ke lantai 1. Di lantai 1 ini sangat lengkap kebutuhan sandang yang bisa anda gunakan. Pakaian yang dijual di sini juga memiliki nilai-nilai seni tersendiri.

5. Kebutuhan Dapur

Kebutuhan dapur seperti beras, sayur, buah dan ikan bisa langsung anda beli di pasar ini tepat di lantai 4. Jadi pasar yang satu ini tidak hanya menjual barang-barang untuk oleh-oleh. Pasar ini juga merupakan tempat masyarakat sekitar memenuhi kebutuhan pokoknya. Kebutuhan pokok ini harganya juga relatif terjangkau.

Silahkan beli semua barang-barang yang anda butuhkan di pasar ini. Namun berbelanja di sini juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips yang bagus untuk anda ikuti. Tentunya agar nantinya anda tidak akan kecewa saat berbelanja.

Tips Berbelanja Di Pasar Beringharjo

Setidaknya ada 3 tips yang berguna bagi anda saat berbelanja di pasar ini. Jangan abaikan tips-tips ini jika anda ingin berbelanja dengan lancar. Berikut ini tipsnya:

  • Jaga Barang-Barang Bawaan Anda. Ingat, jika pasar ini kondisinya sangat ramai. Walaupun masyarakat Jogja terkenal ramah dan baik, namun mungkin ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan situasi. Oleh sebab itu, pastikan anda menjaga barang-barang yang anda bawa seperti dompet dan tas.
  • Lakukan Penawaran Dengan Bahasa Jawa. Harga di pasar ini memang murah, namun sudah lumrah jika terkadang memang anda harus menawar jika belanja di pasar tradisional. Cobalah untuk melakukan penawaran dengan bahasa Jawa. Biasanya jika anda menawar dengan bahasa Jawa harga yang diberikan akan relatif lebih murah.
  • Siapkan Uang Tunai. Pasar ini bukan mall dimana setiap sudutnya memiliki tempat penarikan uang. Oleh sebab itu, pastikan anda membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup. Wilayah pasar ini cukup luas dan akan sedikit merepotkan jika anda harus mencari mesin penarik uang tunai.

Pastikan anda mampir ke pasar yang satu ini saat ke Jogja. Dapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Warga Jogja akan memberikan pelayanan maksimalnya untuk anda.