Pesona Keindahan Yang Terselip Di Goa Rancang

//Pesona Keindahan Yang Terselip Di Goa Rancang

Goa rancang adalah salah satu tempat wisata di kota jogja yang sayang apabila dilewatkan begitu saja. dengan keindahan serta keasrian yang dimilikinya, pasti membuat para pengunjungnya semakin tertarik untuk berkunjung. Wisata ini dapat dikunjungi kapanpun baik hari liburan atau hari biasa sekalipun.

Lihat juga tempat wisata lain di Jogja yang sayang jika dilewatkan : Taman Pelangi dan Tugu Jogja

Namun kurang lengkap jika hanya mendengar nama dari goa rancang saja. Dalam kesempatan kali ini, akan memberikan pengetahuan tentang informasi lengkap tentang tempat wisata ini.

Tentang Goa Rancang

Goa ini menjadi tempat bersejarah karena dahulu kala dijadikan sebagai persembunyian laskar Mataram. Di sinilah pasukan tersebut menyusun strategi yang memiliki tujuan mengusir penjajah belanda dari keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Goa ini menjadi pilihan tepat laskar Mataram karena keluasan ruangnya dan memuat banyak anggota dari laskar Mataram.

Tidak hanya sebagai tempat menyusun strategi, doa ini juga dijadikan sebagai semedi. Oleh sebab itu, doa ini dikatakan sebagai tempat bersejarah dalam perjuangan melawan penjajah. Goa ini terbilang sangat tua karena diperkirakan umurnya lebih dari 200 tahun. Namun dengan berkembangnya pengelola sekitar membuat goa ini menjadi tempat wisata yang memiliki daya Tarik yang sangat apik.

Para pengelola menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan pengunjung yang datang. Sudah terdapat banyak fasilitas yang ada seperti, area parkir, perkemahan, kamar mandi,penginapan, warung dan lain sebagainya. Dengan fasilitas inilah akan memberikan kenyamanan untuk para pengunjung, sehingga betah menghabiskan waktu liburannya di sini.

Lokasi, Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional Goa Rancang

Untuk lokasinya sendiri, goa tua ini berada di Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sudah diketahui bahwa gunung kidul merupakan daerah di jogja yang sangat menawan dan kaya akan keindahan alamnya. Oleh sebab itu, jika berkesempatan datang ke wilayah ini jangan sampai ketinggalan untuk mampir ke goa rancang.

Sedangkan untuk biaya tiket masuk objek wisata ini terbilang sangat murah dan terjangkau yaitu sekitar Rp. 5.000 saja. Untuk jam operasionalnya sendiri yaitu dari pukul 08.00 sampai 17.00, jadi jangan sampai datang lebih dari jam tersebut.

Daya Tarik Dari Goa Rancang

Sama dengan tempat wisata lainnya yang memiliki karakteristik tersendiri akan daya tariknya yang memikat hati pengunjung. Goa bersejarah ini juga memiliki daya Tarik tersendiri yang amat menawan, sehingga mengundang rasa penasaran pengunjung untuk datang. Berikut ini adalah beberapa daya Tarik atau keindahan yang dimiliki oleh goa rancang yaitu

1. Pesona Indah Pohon Tua Klumpit

Pohon klumpit inilah yang menjadi ciri khas utama yang dimiliki oleh goa rancang ini. Dengan usia pohon yang sudah teramat tua, namun tak mengurangi keindahan menawan dari pesona pohon ini sendiri. Pohon klumpit ini memiliki usia ratusan tahun.

Yang membuat unik dari pohon ini adalah tumbuh menjulang tinggi sampai menembus goa dan Nampak keluar dari mulut goa. Dengan dahan pohon yang mulai keropos tak membuat pengunjung menjauh, justru semakin terpikat untuk mendekatinya. Karena umur pohon yang sudah tua yaitu ratusan tahun, menjadikan banyak lubang lapuk yang berada di batang pohon.

Bagi masyarakat sekitar pohon ini dijadikan sebagai tempat permohonan atau pemujaan kepercayaan. Bahkan mereka percaya jika setiap do’a yang dipanjatkan di goa ini akan terkabul.

2. Terdapat Tempat Menyerupai Panggung

Selain terdapat pesona keunikan dari pohon berumur ratusan tahun, goa ini juga terdapat sebuah tempat seperti panggung. Yang membuat daya Tarik dari bagian ini yaitu terbuat dari tanah dan batu yang terlihat sangat alami. Ditambah lagi kondisinya yang masih terawat membuat keindahan dari panggung ini menjadi tidak berkurang.

Banyak yang mengatakan jika panggung ini dahulu dijadikan sebagai tempat para pejuang untuk menyusun strategi dan menyampaikan hasil pertemuan pada masa itu. Panggung ini juga dapat dijadikan sebagai sarana berfoto pengunjung yang memiliki keunikan tersendiri.

3. Ruang Goa Yang Luas

Kenyamanan ketika berada di tempat wisata adalah suatu hal utama yang sangat diharapkan oleh pengunjung. Dengan area ruangan yang cukup luas dari goa ini, membuat pengunjung yang datang merasa lebih leluasa untuk bergerak.

Dengan kebebasan untuk bergerak akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman untuk menikmati keindahan goa bersejarah ini. Pengunjung tidak akan merasa sempit saat menelusuri keindahan goa rancang ini. Goa ratusan tahun ini adalah memiliki ukuran sekitar 20 X 20 meter dengan tinggi kurang lebih 12 meter.

4. Pemandangan Goa Yang Masih Asri

Berlibur ke objek wisata seperti goa menjadi salah satu hal yang akan memberikan sensasi yang berbeda. Karena kebanyakan orang justru tidak pernah terlintas di pikirannya untuk datang dan menghabiskan waktu liburannya untuk datang ke Goa. Salah satunya goa rancang ini yang memiliki pesona sangat indah yang membuat banyak pengunjung berbondong-bondong untuk datang.

Dengan udara sejuk serta pemandangan yang masih asri membuat objek wisata di daerah gunung kidul ini banyak menarik para wisatawan untuk berkunjung. Pengunjung dapat merasakan sensasi udara yang sejuk akibat terdapat banyaknya pohon yang tumbuh lebat di sekitar goa. Sehingga dengan berkunjung ke sini, pengunjung dapat menyegarkan pikiran akibat kelelahan beraktivitas.

5. Terdapat Relief Unik

Masih terdapat daya Tarik yang dimiliki goa ini, salah satunya yaitu adanya relief goa yang amat unik dan membuat pengunjung bertanya-tanya. Keunikan dari relief ini terlihat dari lukisan yang menghiasi relief ini seperti gambar jenglot.

Sekilas terlihat menyeramkan, namun jika diperhatikan lukisan ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Relief ini menjadi salah satu pilihan tepat pengunjung sebagai latar bergaya untuk berfoto. meskipun dengan umur goa yang sudah menginjak ratusan tahun ini, tidak membuat pesona keindahan relief tersebut berkurang.

6. Keindahan Stalagtit Dan Stalagmit

Di dalam goa pasti sudah tidak asing lagi dengan adanya dua istilah ini yaitu stalagtit dan stalagmit. Stalagtit merupakan bebatuan yang menempel pada langit-langit goa, sedangkan stalagmit adalah bebatuan yang berada di lantai goa.

Di objek wisata ini pengunjung akan melihat keduanya dengan wujud yang amat indah. Dengan warna yang coklat, hitam dan  putih serta mengkilap membuat pengunjung yang datang merasa terpukau. Hal inilah yang menjadi suatu sensasi tersendiri bagi pengunjung yang datang ke goa ini. Jangan lupa membawa kamera saat berkunjung, untuk mengabadikan momen indah ketika berada di goa ini.

Saran Dan Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke objek wisata ini, alangkah lebih baik mengecek cuaca di sekitar agar tidak menghambat kegiatan liburan. Mengingat tempat wisata goa memiliki daerah serta jalan yang cukup licin, untuk itu sebagai saran jangan berkunjung ketika musim hujan.

Memantau kondisi cuaca sekitar perlu dilakukan oleh pengunjung. Untuk menunjang kenyamanan ketika berlibur, siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memudahkan ketika berkunjung ke goa rancang. Bagi pengunjung yang memiliki riwayat penyakit, jangan lupa membawa obat yang biasa dikonsumsi sehingga kesehatan akan tetap terjaga.

Bagaimana, goa ini memiliki keindahan yang sangat menarik bukan? Untuk pengunjung yang datang namun tidak menggunakan alat transportasi sendiri, dapat menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Sehingga dengan menggunakan jasa sewa mobil di Jogja, pengunjung akan mudah untuk menjangkau obyek wisata Goa Rancang ini.

By | 2018-11-07T14:55:54+00:00 November 7th, 2018|Wisata Jogja|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

08112955063