Jogja tidak pernah kehabisan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang unik di Jogja dan tidak boleh dilewatkan adalah jalan Malioboro. Jalan ini sudah lama menjadi kawasan yang sangat menarik bagi wisatawan. Bahkan belum lengkap rasanya jika seseorang ke Jogja namun belum menginjakkan kaki di jalan Malioboro. Beberapa ikon penting kota Jogja juga berada di kawasan Malioboro. Jadi ketika anda ada di Jogja, pastikan anda menyempatkan diri untuk singgah ke kawasan yang unik ini. Di bawah ini disajikan beberapa informasi penting seputar Malioboro.

Lokasi Dan Akses Menuju Jalan Malioboro

Jalan yang satu ini sebenarnya merupakan suatu kawasan yang terdiri dari tiga jalan. Ketiga jalan tersebut adalah Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro dan jalan Margo Mulyo. Kawasan ini dimulai dari dari Tugu Yogyakarta sampai ke kawasan perempatan kantor pos Jogja. Bagi anda yang berasal dari luar daerah, anda bisa memulai perjalanan anda menuju lokasi melalui bandara Adisucipto.

Baca: Keistimewaan keraton ngayogyakarta

Dari bandara anda bisa langsung menaiki kendaraan umum atau kendaraan sewa menuju ke kawasan Malioboro. Jarak dari bandara menuju ke jalan ini tidak terlalu jauh dan hanya memakan waktu beberapa menit saja. Ketika sudah sampai di kawasan ini, anda bisa jalan kaki menikmati setiap sudut jalan ini. Jika sudah merasa lelah, anda juga bisa naik andong atau becak yang banyak berada di kawasan ini. Ada banyak daya tarik kawasan Molioboro yang akan membuat anda merasa betah.

Daya Tarik Jalan Malioboro Bagi Wisatawan

Meskipun hanya sebatas kawasan jalan, namun kawasan Malioboro ini bukan kawasan jalan biasa. Ada banyak sekali daya tarik yang membuat wisatawan datang ke sini. Bahkan kawasan Malioboro ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Apa saja daya tarik dari kawasan jalan yang satu ini? Berikut ini daya tarik dari jalan Malioboro:

1. Tugu Jogja

Banyak orang yang beranggapan salah satu bukti jika mereka sudah pergi ke Jogja adalah foto mereka tepat di depan tugu Jogja. Tugu Jogja ini merupakan  ikon penting bagi orang-orang yang datang ke Jogja. Faktanya tugu Jogja memang kaya akan sejarah dan nilai-nilai kearifan lokal. Tugu Jogja sengaja dibangun oleh Sultan Hamengku Bowono I sebagai suatu simbol kekuatan yang besar. Bahkan tugu ini dianggap menghubungkan laut selatan, Keraton Yogyakarta dan juga Gunung Merapi.

2. Pusat Perbelanjaan Menarik Di Jogja

Salah satu alasan banyak orang yang ingin pergi ke Malioboro karena mereka ingin berbelanja. Alasan ini jelas tepat sekali, sebab ada banyak tempat belanja menarik di kawasan Malioboro. Anda bisa menemukan beberapa mall dan juga penjual-penjual tradisional yang menjajakan dagangannya. Dagangan para penjual ini biasanya sangat kental dengan sesuatu yang berhubungan dengan Jogja. Beberapa penjual di sini menjajakan batik, suvenir, topi dan beberapa barang-barang unik khas Jogja lainnya.

3. Benteng Vredeburg

Meskipun namanya benteng, namun tempat yang satu ini adalah sebuah museum yang sangat penting dan masih terletak di kawasan Malioboro. Untuk berkunjung ke museum ini anda bisa datang pada hari apa saja kecuali pada hari Senin. Pada hari Senin museum yang satu ini memang tidak dibuka untuk umum. Harga tiket masuk museum juga sangat murah yaitu hanya 2 ribu saja. Benteng ini adalah saksi sejarah aktivitas penjajah Belanda yang mengontrol aktivitas masyarakat Jogja.

4. Banyak Tempat Makan

Daya tarik dari jalan yang satu ini adalah banyak tempat makan yang menyajikan makanan-makanan yang lezat. Datang ke Jogja tentu rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati sajian makanan khas Jogja. Kawasan Malioboro adalah tempat yang paling pas dikunjungi jika ingin berwisata kuliner. Pasalnya ada banyak tempat makan di sepanjang jalan ini. Semua tempat makan ini menyajikan makanan khas Jogja dan tentunya harganya juga aman di kantong. Sambil menyusuri tempat-tempat belanja di sini, anda bisa mampir dulu untuk mencicipi hidangan Jogja.

5. Tempat Pagelaran Budaya

Jalan yang satu ini merupakan kawasan yang sering dijadikan tempat pagelaran budaya oleh masyarakat Jogja. Tentu saja pagelaran budaya ini selalu sukses menyedot perhatian dari para wisatawan yang berkunjung. Beberapa pagelaran budaya tersebut ada yang berskala kecil dan ada juga yang berskala besar. Pagelaran budaya di Malioboro yang berskala besar biasanya diadakan oleh pihak Keraton Yogyakarta. Pagelaran budaya yang paling terkenal di kawasan ini adalah Jogja Java Carnival, Pekan Budaya Tionghoa dan Jogja Fashion Week.

6. Suasana Malam Yang Romantis

Jalan Malioboro tidak hanya menawarkan suasana siang yang menarik, bahkan saat malam hari anda bisa merasakan suasana yang romantis di sini. Ada banyak seniman jalanan yang menunjukkan aksinya pada malam hari di sekitaran jalan. Selain itu, hiasan-hiasan lampu yang unik juga bisa anda lihat pada saat malam. Suasana romantis ini bisa dinikmati pengunjung sambil berjalan santai menyusuri pinggiran jalan.

7. Arsitekstur Yang Menawan

Arsitektur bangunan-bangunan yang ada di kawasan ini juga terbilang unik. Ada banyak arsitektur bangunan yang sangat khas dengan budaya Jogja. Hal ini bisa langsung terlihat seperti pada bangunan kepatihan yang ada di kawasan Malioboro.  Semua arsitektur yang menawan ini membuat anda tidak akan kehabisan objek untuk dilihat. Hal ini juga yang membuat wisatawan betah berlama-lama di Malioboro.

Lihat juga: Destinasi wisata jogja museum vredeburg

Itulah daya tarik dari kawasan Malioboro yang membuat anda wajib mengunjunginya saat berada di Jogja. Namun sebelum mengunjungi kawasan ini, ada beberapa tips penting yang wajib anda ikuti. Tips ini akan membantu anda untuk bisa berwisata dengan lancar di Malioboro.

Tips Berwisata Di Jalan Malioboro

Agar aktivitas anda lancar di Malioboro, berikut ini ada tips yang bisa diikuti. Apa saja tips-tipsnya? Berikut ini ulasan lengkapnya:

  • Membawa Uang Tunai. Pastikan anda membawa uang tunai saat mengunjungi tempat ini. Walaupun ada beberapa tempat penarikan uang, namun wilayah Malioboro sangat luas. Sebagai wisatawan tentunya anda akan merasa kesulitan untuk mencari tempat penarikan uang tunai.
  • Jaga Barang-Barang Anda. Masyarakat Jogja memang terkenal baik dan ramah, namun kawasan ini memang terbilang sangat ramai. Sehingga anda harus ekstra hati-hati dalam menjaga barang bawaan sendiri. Jangan sampai barang anda tercecer atau hilang.
  • Pelajari Sedikit Tentang Bahasa Setempat . Jika memungkinkan pelajari sedikit bahasa setempat seperti bahasa untuk menawar barang. Hal ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan harga yang murah dari para pedagang. Kawasan Malioboro  masih menggunakan sistem jual tawar menawar.
  • Gunakan Kendaraan Sewa Pribadi. Pada saat musim liburan, kota Jogja sangat ramai. Sehingga lebih baik anda menyewa kendaraan pribadi seperti mobil. Hal ini akan mempermudah anda dibandingkan harus berebut naik kendaraan umum.

Jalan Malioboro adalah kawasan wisata yang siap memberikan pengalaman wisata terbaik bagi anda. Jangan sampai anda melewatkan tempat wisata yang satu ini saat ke Jogja. Ajak teman-teman atau keluarga untuk berlibur ke sini.