Banyak sekali tempat-tempat unik yang ada di Jogja. Salah satu tempat unik yang menyimpan banyak cerita di Jogja adalah Jembatan Gondolayu. Masyarakat Jogja dan sekitarnya pasti tidak asing lagi dengan jembatan yang satu ini. Jembatan ini terkenal dengan banyak cerita horror sekaligus misteri yang menyelimutinya. Namun terlepas dari hal itu, jembatan yang satu ini memang memiliki banyak keunikan.

Lihat juga bangunan misterius lainnya di Jogja : Gereja Sayidan

Keunikan-keunikan yang ada di Gondolayu yang membuat ada banyak warga sekitar dan juga wisatawan yang merasa penasaran dengan jembatan ini. Sehingga banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk singgah ke jembatan ini ketika berada di Jogja. Di bawah ini ada beragam informasi penting tentang jembatan ini.

Lokasi, Harga Tiket Dan Akses Menuju Jembatan Gondolayu

Lokasi jembatan Gondolayu ini sangat strategis. Jembatan ini berada di jalur pelintasan wisatawan yang ingin berwisata ke area Gunung Merapi. Hal ini membuat banyak orang yang sering singgah ke jembatan ini. Orang-orang biasanya singgah untuk berfoto atau sekedar untuk melihat pemandangan yang ada. Jembatan ini berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Jogjakarta. Jembatan ini melintang di atas sungai Code.

Tidak ada harga tiket untuk bisa menikmati suasana di atas jembatan ini. Para pengunjung bisa mencari posisi yang nyaman. Hal ini juga yang membuat tempat ini sangat ramai. Berwisata di sini seperti sangat menguntungkan karena gratis dan tidak perlu biaya sama sekali. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli jajanan.

Akses menuju ke Jembatan ini terbilang sangat mudah. Pengunjung bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja untuk jalan-jalan ke kawasan ini. Apalagi di area sekitar jembatan ini juga ada banyak destinasi wisata yang menarik. Posisinya yang berada di jalur jalan utama tentu membuat banyak orang tidak mengalami kesulitan menemukan jembatan ini. Setelah sampai di sini, para wisatawan bisa menikmati keunikan yang ditawarkan.

Keunikan Yang Dimiliki Oleh Jembatan Gondolayu

Ada cukup banyak keunikan yang dimiliki oleh Gondolayu. Dari namanya saja, jembatan ini sudah sangat unik. Keunikan inilah yang membuat jembatan yang satu ini tidak pernah sepi peminat. Berikut ini keunikan-keunikan yang dimiliki Gondolayu:

1. Menawarkan Pemandangan Gunung Merapi Dan Merbabu

Jika berdiri di atas jembatan ini, maka pengunjung bisa langsung melihat pemandangan dua gunung sekaligus. Kedua gunung ini adalah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pemandangan ini sangat indah sekali terutama pada saat pagi hari. Pada saat pagi hari, kabut masih terlihat tipis-tipis menyelimuti kawasan kedua gunung ini. Hal ini menambah keindahan dari pemandangan yang tersaji.

2. Melintasi Sungai Code Yang Indah

Jembatan ini terkenal karena melintasi sungai Code yang indah. Sungai ini adalah sungai yang menjadi kebanggaan masyarakat Jogja. Keberadaan sungai ini juga sangat dijaga kelestariannya. Bahkan pada zaman dahulu ada banyak pohon yang tumbuh di pinggiran sungai ini. Sayangnya saat ini jumlah pohon-pohon tersebut menurun drastis. Namun tetap saja, sungai ini terbilang sungai yang cantik.

3. Jembatan Tua Dari Zaman Belanda

Jembatan ini sudah lama terkenal bahkan sejak dari zaman Belanda. Gondolayu adalah jembatan yang dibangun sendiri oleh Belanda untuk meningkatkan mobilitas mereka di pulau Jawa. Ini artinya jembatan ini adalah saksi sejarah bisu kota Jogja. Sebagaimana bangunan tua, jembatan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

4. Punya Banyak Cerita Horor

Banyak orang yang percaya jika di tempat ini ada banyak cerita horror. Bahkan nama Gondolayu juga dipercaya dari kata gondol yang artinya bawa dan ayu adalah istilah untuk anak gadis yang cantik. Sehingga Gondolayu ini dipercaya artinya adalah membawa anak gadis cantik untuk terjun dari atas jembatan. Namun cerita horror ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

5. Menawarkan Pemandangan Rumah-Rumah Warga

Berada di atas jembatan ini juga merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Pasalnya, para pengunjung bisa melihat pemandangan rumah-rumah warga. Rumah-rumah warga ini juga sangat unik sekali. Atap-atap rumah warga di cat warna-warni. Sehingga dari atas jembatan bisa terlihat pemandangan yang unik mirip seperti perkampungan pelangi. Hal ini sengaja dilakukan warga untuk menarik perhatian wisatawan.

6. Sangat Kokoh

Jembatan bangunan Belanda ini sangat kokoh bahkan tahan banting terhadap terjangan banjir lahar dingin akibat letusan Merapi. Walaupun ada kerusakan pada jembatan, namun jembatan ini tetap kokoh berdiri dan hanya butuh direnovasi. Belanda memang tidak main-main saat membuat bangunan jembatan. Hingga saat ini perbaikan dan perawatan jembatan tetap dilakukan.

Semua keunikan yang ada di atas membuat jembatan yang satu ini semakin membuat penasaran banyak orang. Di kawasan jembatan ini, para pengunjung yang datang juga bisa melakukan banyak kegiatan yang seru.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Kawasan Jembatan Gondolayu

Setidaknya ada 5 kegiatan yang sebaiknya dilakukan ketika berada di kawasan Jembatan Gondolayu. Apa saja kegiatan tersebut? Berikut ini ulasannya:

1. Melihat Pemandangan Pagi Hari

Kegiatan yang menyenangkan di sini saat pagi hari adalah melihat pemandangan. Pemandangan pagi hari di area jembatan ini sangat cantik dan asri. Udara juga masih sangat segar dan membuat pengunjung bisa bersemangat dalam melanjutkan perjalanan wisata.

2. Menyaksikan Musisi Jalanan

Di kawasan jembatan ini juga ada banyak musisi jalanan yang suka menampilkan aksinya. Musisi jalanan ini biasanya ada warga-warga sekitar yang mencoba menghibur para pengunjung. Dengan adanya musisi ini, suasana di sekitar jembatan juga semakin ramai. Para pengunjung bisa melihat pertunjukan musik yang biasanya juga bernuansa lagu-lagu Jogja. Hal ini jelas menjadi nilai tambah tersendiri.

3. Berburu Kuliner

Bila datang ke kawasan ini, jangan lupa untuk berburu kuliner murah  yang enak. Ada banyak pedagang makanan yang menjajakan dagangannya di area ini. Sehingga hal ini banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan yang datang untuk mampir sambil mencicipi makanan lezat. Beberapa jajanan khas Jogja bisa didapatkan dengan mudah di jembatan ini.

4. Menikmati Waktu Senja

Waktu senja mungkin adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Pemandangan gunung dengan semburat warna jingga akan sangat sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Pemandangan alam pada sore hari di sini sangat eksotis. Hal ini jelas sangat mencuri perhatian para wisatawan yang lewat dari atas jembatan.

5. Berfoto Di Kawasan Jembatan

Jangan lupa untuk berfoto di kawasan jembatan ini. Ada banyak pemandangan bagus yang bisa dijadikan latar belakang. Banyak para wisatawan yang mampir ke sini hanya sekedar untuk berfoto saja. Setelah puas berfoto, para pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang lainnya.

Lihat juga spot foto yang tidak jauh dari Jembatan Gondolayu : Tugu Jogja

Jembatan Gondolayu adalah jembatan yang sangat fenomenal dan layak untuk disinggahi. Namun jika berkunjung ke sini, jangan parkirkan kendaraan di depan jembatan. Hal ini dapat menyebabkan kemacetan. Jembatan ini masih digunakan hingga sekarang. Sehingga sangat bahaya jika digunakan sebagai tempat parkir. Saat mengambil foto di sini juga harus hati-hati. Jangan sampai pengunjung mengganggu lalu lintas.