Jogja sudah sejak lama menjadi kota tujuan wisata yang selalu membuat pengunjungnya ketagihan. Tak heran memang, Yogyakarta mempunyai berjuta-juta pesona yang mampu menjadi magnet bagi banyak orang untuk mengunjunginya. Jika ingin berwisata alam sekaligus mendapatkan pelajaran, kunjungilah kebun teh Kulon Progo. Di kebun ini, anda akan mendapatkan informasi tentang tanaman teh sampai menjadi teh yang siap seduh.

Selain itu, ada banyak sekali kegiatan yang dapat anda lakukan disana. Bahkan tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga termasuk anak-anak. Dengan begitu, anda bisa memberikan anak-anak pengalaman liburan yang berbeda.

Wisata Edukasi Kebun Teh Kulon Progo

Sebenarnya kebun ini bernama kebun teh nglinggo yang sudah ada belasan tahun lalu dan menjadi sumber mata pencaharian warga sekitar. Sekarang, tidak hanya memberikan kebaikan bagi warga sekitar saja, melainkan juga bagi banyak orang yang mengunjunginya. Karena merupakan area perkebunan, sudah pasti areanya sejuk, segar dan memberikan ketenangan tersendiri.

Jangan lewatkan wisata alam dengan pemandangan indah: Green Village Gedangsari

Letaknya yang di area perbukitan akan membuat anda menyaksikan keindahan panorama alam Kulon Progo dari ketinggian. Bukan hanya keindahan alam asri saja yang disajikan, tapi juga adat-istiadat beserta nilai-nilai budaya masih terjaga di kawasan ini. Menariknya lagi, desa nglinggo mendapatkan gelar sebagai Desa Wisata Terunik di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2009.

Foto

Sejarah Terbentuknya Wisata Kebun Teh Nglinggo

Nglinggo merupakan suatu kawasan yang menjadi salah satu saksi perjuangan Pangeran Diponegoro bersama rakyat saat melawan Belanda di Perbukitan Menoreh. Dalam perlawanan itu, Pangeran Diponegoro dibantu oleh tiga orang prajuritnya Ki Linggo Manik, Ki Gagak Roban dan Ki Dalem Tanu. Untuk mengenang dan memberi penghargaan pada prajuritnya, Pangeran Diponegoro menjadikan nama Ki Linggo Manik sebagai nama dusun.

Sehingga, terbentuklah nama dusun Nglinggo atau sekarang dikenal sebagai desa wisata nglinggo. Pada tahun 1990 merupakan awal pembibitan teh oleh Dinas Perkebunan Kulon Progo. Kemudian Tanaman-tanaman teh mulai ditanam di pedukuhan nglinggo yang berada pada ketinggian antara 800 – 900 mdpl di tahun 1991. Lalu pada tahun 2004, Desa Wisata Nglinggo diresmikan oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo dengan Bupati Kulon Progo.

Kegiatan Wisatawan di Kebun Teh Kulon Progo

Banyak dari wisatawan yang menunggu kehadiran matahari terbit, sehingga banyak pula yang datang di pagi hari. Tapi, ketika anda datang di sore hari, tunggulah sampai matahari terbenam. Kegiatan yang paling tidak boleh dilupakan adalah berfoto. Anda bisa melakukan selfie maupun wefie di beberapa spot yang menarik. Salah satunya di jalan setapak menuju lokasi perkebunan teh. Destinasi wisata kulon progo ini telah kami rangkum dalam paket wisata ke jogja 3 hari.

Karena terletak di area pegunungan menoreh, membuat anda dapat melihat puncak gunung Slamet, Merbabu, Merapi, Ungaran, Prau, Telomoyo, Sindoro dan Sumbing. Aktivitas lain yang tak kalah menariknya, anda bisa belajar cara menanam teh dan bertani dari masyarakat sekitar. Anda pun akan diajarkan beternak kambing, membatik, membuat topeng sampai menari lengger dan jathilan. Wajar saja kalau turis asing ikut mengunjungi kebun teh tritis Kulon Progo.

Lokasi Kebun Teh Tritis Kulon Progo


Letak kebun teh Kulon Progo di Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673. Tepatnya di dusun nglinggo. Kalau dari pusat kota Yogyakarta, kebun ini berada di sebelah barat. Memang aksesnya cukup jauh dari pusat kota, tapi keletihan anda akan terbayarkan setelah sampai disana. Sedangkan jam buka kebun teh ini jam 07.00 – 18.00.

Perjalanan ke tempat ini bisa anda tempuh dengan kendaraan roda 4 dan roda 2. Jika Anda membutuhkan mobil untuk perjalanan, kemi rekomendasikan untuk menggunakan jasa rental innova reborn Jogja.

Fasilitas Kebun Teh Kulon Progo

Untuk membuat para pengunjung nyaman dan senang saat berwisata, pengelola menyediakan banyak fasilitas. Fasilitas kebun teh nglinggo terbilang cukup lengkap dan inilah daftarnya:

  • Toilet
  • Homestay
  • Warung-warung
  • Area parkir

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Saat berwisata, tak ada salahnya kalau anda merencanakan biaya yang dikeluarkan. Anda perlu tahu htm kebun teh nglinggo dan biaya lainnya. Di bawah ini rincian biaya-biaya saat berwisata ke kebun teh Kulon Progo :

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 6.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-

Tempat wisata kebun teh nglinggo, tidak hanya menyajikan hamparan perkebunan hijau nan indah saja, melainkan juga banyak hal lain. Ada keunikan-keunikan lain yang akan anda dapatkan disana. Bahkan anda mendapatkan berbagai pelajaran menarik seperti bercocok tanam, beternak sampai pelajaran seni seperti menari maupun membatik.

Wisata keluarga favorit di Jogja: Gembira Loka Zoo

Bagi yang ingin kesana, siapkan fisik sebaik mungkin. Sebaiknya juga anda persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dan jangan lupa bawa kamera serta lensa terbaik. Untuk lebih jelas tentang rute kebun teh Kulon Progo dapat mencarinya di google maps. Kawasan ini begitu terkenal, jadi anda takkan susah mencari alamatnya.