Ada banyak masjid yang ada di kota Jogja. Semua masjid-masjid ini memiliki keistimewaannya masing-masing. Namun ada satu masjid yang sangat mengagumkan di Jogja. Masjid ini menjadi  masjid percontohan karena sistem manajemennya yang sangat bagus. Bahkan masjid ini juga terkenal di dunia. Nama masjid tersebut adalah Masjid Jogokariyan.

Nama Jogokariyan disematkan pada masjid ini karena masjid ini berdiri di kawasan yang bernama Jogokariyan. Hal ini mengikuti cara Nabi Muhammad saw yang selalu memberi nama masjid sesuai dengan lokasi berdirinya. Masjid yang satu ini telah banyak membuat banyak orang yang berkunjung kagum. Mungkin tidak ada masjid di nusantara yang sebaik masjid ini dalam urusan manajemennya.

Baca juga obyek wisata Masjid yang wajib dikunjungi : Masjid Kauman 

Lokasi Dan Akses Menuju Masjid Jogokariyan

Masjid ini terletak di sebuah kawasan kampung bernama Jogokariyan. Letak masjid ini berada di tengah-tengah kampung. Sebenarnya kawasan Jogokariyan ini adalah kawasan yang cukup jauh dari pusat kota Jogja. Bahkan daerah ini termasuk pinggiran Jogja. Hal ini membuat para wisatawan yang ingin berkunjung, harus mau sedikit menghabiskan waktu ke pinggiran kota Jogja.

Namun jangan khawatir, meskipun cukup jauh dari pusat kota Jogja, akses menuju ke masjid ini terbilang mudah. Bagi wisatawan, sebaiknya gunakan saja jasa sewa mobil Jogja. Hal ini dikarenakan cukup sulit untuk menemukan angkutan umum yang bisa langsung mengantarkan sampai tujuan. Setelah sampai ke masjid ini, pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Masjid Jogokariyan

Jika sebuah masjid biasanya dianggap hanya sebagai tempat sholat, maka pandangan tersebut ditepiskan oleh Masjid Jogokariyan. Masjid ini bukan hanya menjadi tempat ibadah, namun juga menjadi pusat ekonomi dan kesehatan. Lebih dari itu, masjid ini juga menjadi pusat kegiatan masyarakat. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Berikut ini rincian lengkapnya:

1. Sholat Berjamaah

Banyak masjid yang sepi ketika waktu sholat telah tiba. Namun hal ini tidak berlaku bagi masjid yang satu ini. Masjid ini selalu ramai saat waktu sholat berjamaah tiba, bahkan ketika waktu sholat subuh tiba. Tentu saja hal ini adalah kondisi yang sangat menyenangkan. Siapapun pengunjung yang datang ke sini, sebaiknya juga ikut untuk sholat berjamaah.

2. Mengaji Bersama

Mengaji adalah kegiatan yang sering dilakukan di dalam masjid. Hal ini juga dilakukan di masjid ini. Hanya saja, kegiatan mengaji di sini jauh lebih intens dan banyak anggotanya. Tentu saja ini membuat masjid ini tidak pernah terlihat sepi. Kegiatan mengaji ini rutin dilakukan bukan hanya ketika bulan Ramadhan.

3. Mendengarkan Ceramah

Setiap hari para jamaah masjid bisa mendengarkan ceramah. Kegiatan ceramah ini selalu dilakukan sehabis sholat subuh berjamaah. Ceramah ini isinya berupa bekal para masyarakat sekitar dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Pengunjung yang datang ke sini tentu saja juga boleh ikut mendengarkan ceramah yang sedang berlangsung. Masjid ini cukup luas, sehingga bisa menampung banyak jamaah.

4. Bermain Tenis

Pengunjung yang datang ke sini juga bisa berolahraga. Di masjid ini terdapat lapangan tenis untuk bermain tenis. Selain lapangan tenis, di tempat ini juga terdapat beberapa fasilitas olahraga lainnya. Hal ini membuktikan jika masjid ini juga merupakan  pusat kegiatan olahraga masyarakat. Fasilitas olahraga ini sengaja dibuat agar masyarakat yang berolahraga tidak lupa dengan waktu sholat.

5. Melakukan Permainan Di Arena Bermain

Masjid ini juga memiliki arena bermain yang sangat besar. Arena bermain ini bisa digunakan untuk anak-anak maupun remaja. Taman bermain ini dirancang sangat aman. Hal ini akan memudahkan orangtua yang ingin beribadah. Sehingga anak-anak yang ikut tidak akan mengganggu orangtuanya yang sedang ibadah.

6. Memberikan Infaq

Infaq yang ada di masjid ini juga dikelola dengan sangat baik. Bahkan infaq ini juga langsung dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Jamaah masjid ini juga sangat terdepan dalam urusan memberikan infaq. Dana infaq ini biasanya dilakukan untuk perbaikan umat. Sehingga umat bisa jauh dari angka kemiskinan. Hal ini terbukti dengan sejahteranya masyarakat di sekitar masjid.

7. Belajar Ilmu Agama

Tempat ini juga memfasilitasi siapapun yang ingin belajar tentang agama. Ada banyak fasilitas yang mendukung pendidikan masyarakat yang datang ke masjid. Bahkan kegiatan belajar ini bukan hanya untuk anak-anak, namun juga untuk para orang dewasa. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan. Apalagi ilmu agama adalah ilmu yang sangat penting. Ada banyak ustadz yang bisa mengajari di masjid ini.

8. Belajar Ilmu Bisnis

Meskipun tempat ini adalah masjid, namun faktanya para jamaah juga akan diajari ilmu bisnis. Hal ini dilakukan guna mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar masjid. Para jamaah akan diajarkan bagaimana caranya berdagang dengan baik dan benar. Jadi tidak heran jika masyarakat yang ada di sekitar masjid hidupnya makmur. Hal ini tidak terlepas dari peran Masjid Jogokariyan yang memberikan fasilitas untuk belajar bisnis.

9. Melakukan Kegiatan Berobat Gratis

Setiap jamaah di masjid ini memiliki kartu sehat gratis. Dengan kartu ini, para warga yang sakit bisa mendapatkan pengobatan gratis di masjid ini. Di kawasan masjid, terdapat sebuah klinik yang menjadi pusat kesehatan masyarakat sekitar. Klinik ini memiliki dokter serta fasilitas kesehatan yang lengkap. Seluruh masyarakat yang ada di sekitar masjid ini berobat ke sini. Masjid ini berhasil menjadi pusat kesehatan masyarakat.

10. Menggunakan Fasilitas Wi-Fi Gratis

Warnet atau warung internet tidak akan laku di kawasan Kampung Jogokariyan. Pasalnya masjid ini memberikan fasilitas WI-FI gratis bagi siapapun yang datang ke masjid. Hal ini sangat menguntungkan bagi para orangtua. Ustadz yang ada di dalam masjid bisa memantau anak-anak atau remaja yang menggunakan fasilitas internet ini. Sehingga mereka hanya bisa mengakses situs-situs yang bermanfaat.

11. Mengikuti Acara Tasyakuran  Masjid

Saat-saat tertentu, ada acara tasyakuran yang diadakan oleh pihak pengelola masjid. Dalam acara ini akan ada banyak sekali nasi tumpeng yang tersaji. Seluruh masyarakat akan kumpul dan juga makan bersama. Kegiatan ini menjaga kebersamaan dan kerukunan antar warga. Para pengunjung yang datang juga bisa mengikuti acara tasyakuran. Tentu saja kegiatan ini sangat bermanfaat.

12. Melihat Database Seluruh Warga Jogokariyan

Hal yang paling unik di masjid ini adalah setiap orang yang datang bisa melihat database warga Jogokariyan. Bahkan database ini sepertinya jauh lebih lengkap dari yang dimiliki oleh badan pusat statistik. Pasalnya, yang ditulis di database ini adalah catatan ibadah masyarakat. Sehingga akan terlihat dengan jelas siapa saja yang rajin ke masjid dan yang tidak rajin. Jika ada penduduk yang tidak terlihat sholat di masjid, maka penduduk kampung itu akan mendapat undangan khusus agar ke masjid.

Ingin tahu obyek wisata religi lain di Jogja? Baca : Sumur Gumuling Tamansari

Masjid Jogokariyan di Jogja mengajarkan dunia bagaimana seharusnya sebuah masjid dijalankan. Seharusnya masjid memang bukan hanya tempat ibadah, namun juga tempat membina sebuah masyarakat yang madani. Jika sebuah masjid sangat bagus manajemennya, maka akan makmurlah masyarakat yang ada di sekitar masjid. Mengunjungi masjid ini akan memberikan pengalaman yang berharga.