Jogja banyak menyimpan cerita tentang perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Cerita-cerita tersebut diabadikan serta disimpan dengan baik di museum-museum. Salah satu museum yang menyimpan cerita tentang perjuangan pahlawan di Jogja adalah Museum Perjuangan. Museum yang satu ini memberikan gambaran kepada para pengunjung bagaimana keadaan pada era penjajahan.

Lihat wisata Museum yang lainnya : Museum Biologi Jogja dan Museum Sandi Jogja

Pengunjung yang datang ke museum ini akan merasakan bagaimana sulitnya para pahlawan memerdekakan Indonesia. Selain itu, museum ini juga merupakan bukti jika ada banyak pahlawan yang berasal dari Jogja. Semua bukti dan cerita tentang sejarah ini dikemas dengan apik lewat koleksi-koleksi penting museum.

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Museum Perjuangan

Lokasi museum ini terletak di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 24 Mergangsan Yogyakarta. Akses menuju ke sini terbilang cukup mudah. Pengunjung yang ingin datang ke sini bisa menggunakan jasa sewa mobil yang ada di Jogja. Dengan menggunakan jasa sewa mobil, para pengunjung tidak perlu mencari rute angkutan umum yang tepat.

Untuk harga tiket masuk ke museum, pengunjung tidak perlu merasa khawatir. Harga tiket untuk bisa masuk ke museum sangat murah sekali. Bagi orang dewasa harga tiket hanya Rp. 2000,- . Sedangkan bagi anak-anak, harga tiket hanya Rp. 1000,- . Khusus bagi warga asing harga tiket sebesar Rp. 10.000,-. Harga ini juga bisa mendapat diskon 50% jika pengunjung datang dalam rombongan.

Museum ini tidak dibuka pada akhir pekan, pengunjung hanya bisa datang dari hari Senin hingga Jumat. Pada hari Senin sampai Kamis, museum buka pada jam 08.00 sampai 16.00 WIB. Khusus pada hari Jumat, museum ini buka dari jam 08.00 pagi hingga 16.30 WIB. Ini artinya, museum ini sama sekali tidak dibuka pada malam hari.

Koleksi-Koleksi Yang Ada Di Museum Perjuangan

Banyak sekali koleksi yang ada di dalam Museum Perjuangan. Semua koleksi ini berkaitan dengan masa penjajahan Belanda. Bahkan ada banyak koleksi yang berkaitan dengan VOC yang merupakan perserikatan dagang Belanda. Berikut ini koleksi-koleksi yang ada di museum ini:

1. Meriam VOC

Belanda mendirikan VOC untuk memonopoli perdagangan rempah yang ada di Indonesia. Belanda memfasilitasi VOC dengan persenjataan yang lengkap. Salah satu persenjataan tersebut adalah meriam. Hingga saat ini, meriam tersebut masih dijaga dengan baik di museum ini. Hal ini juga membuktikan betapa majunya persenjataan para penjajah pada zaman dahulu.

2. Miniatur Kapal Armada Laut Belanda

Armada datang ke Indonesia dengan menggunakan kapal-kapal. Di dalam museum ini juga terdapat miniature kapal armada laut Belanda. Miniatur ini memberikan gambaran seperti apa kapal-kapal Belanda yang mendarat di Indonesia. Meskipun hanya miniatur, namun kapal-kapal mini ini telah memberikan gambaran yang jelas bila Belanda memang sudah cukup maju dalam urusan pelayaran.

3. Replika Senjata Serdadu VOC

Para serdadu VOC dulunya juga dilengkapi dengan persenjataan yang memadai. Di dalam museum, pengunjung bisa melihat replika dari senjata-senjata tersebut. Senjata-senjata ini hanya replika, namun sangat mirip sekali dengan aslinya. Semua replika ini sengaja dirancang agar bisa memberikan gambaran kekuatan serdadu Belanda.

4. Tas Kulit Milik Bung Hatta

Bung Hatta adalah bapak proklamator Indonesia yang telah berjasa memerdekakan Indonesia. Pada zaman dulu, Bung Hatta sering menggunakan tas kulit untuk menyimpan berbagai dokumen penting, Hingga saat ini, tas kulit yang dimiliki oleh Bung Hatta masih tersimpan dengan rapi di dalam museum. Tas ini diberikan perlakukan khusus agar tidak mudah rusak.

5. Meja Dan Kursi Untuk Tamu Kapten Widodo

Ada banyak sekali barang-barang bersejarah yang digunakan para pahlawan Indonesia. Meja dan kursi yang digunakan kapten Widodo untuk menjamu tamu-tamunya juga ada di dalam museum ini. Semua barang-barang ini jelas menyimpan sejarah masing-masing.

6. Uang Zaman Dulu

Museum ini juga menyimpan koleksi-koleksi uang zaman dulu. Uang ini diletakkan di dalam meja kaca. Pengunjung bisa melihat bagaimana rupa dan bentuk uang pada zaman penjajahan Belanda. Tentu saja hal ini akan menambah pengetahuan pengunjung.

7. Seragam Dan Baju-Baju

Seragam serdadu Belanda dan baju-baju para pahlawan juga ada di dalam museum ini. Semua seragam dipajang di dalam etalase. Seragam dan baju-baju inilah yang dulunya digunakan pada era kependudukan Belanda. Semua baju ini sangat sekali desainnya dan berbeda dari baju-baju yang ada sekarang.

8. Patung

Ada juga koleksi patung yang ada di dalam museum ini. Koleksi patung ini menambah kelengkapan koleksi. Para pengunjung bisa melihat patung-patung para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.

Itulah semua koleksi yang bisa dilihat oleh para pengunjung museum. Museum ini juga memiliki banyak fasilitas. Fasilitas-fasilitas ini yang membuat para pengunjung merasa betah di dalam museum.

Fasilitas Yang Ada Di Dalam Museum Perjuangan

Ada 5 fasilitas utama yang dimiliki oleh Museum Perjuangan. Semua fasilitas ini bisa digunakan oleh para pengunjung. Para pengunjung bebas menggunakan fasilitas yang ada sesuai dengan arahan para petugas. Apa saja fasilitas-fasilitas tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Ruang Pameran

Fasilitas utama yang disediakan adalah ruang pameran. Di ruang pameran inilah para pengunjung bisa melihat beragam koleksi-koleksi yang unik. Ruang pameran ini memiliki desain yang terkesan rapi dan praktis. Hal ini memberikan kemudahan bagi para pengunjung saat melihat-lihat koleksi. Ukuran dari ruang pameran museum ini terbilang cukup besar.

2. Taman Bermain

Di dalam museum ini juga terdapat taman bermain. Taman bermain ini dikhususkan bagi para pengunjung anak-anak. Di taman bermain ini ada beragam jenis permainan sederhana namun menyenangkan. Fasilitas ini dibuat untuk memastikan anak-anak yang berkunjung tidak akan mudah bosan ketika berada di dalam museum. Sehingga mereka bisa bermain sambil belajar tentang perjuangan para pahlawan.

3. Tempat Parkir

Fasilitas tempat parkir yang luas juga disediakan di museum ini. Tentu saja hal ini memberikan kemudahan pada para pengunjung yang membawa mobil pribadi maupun mobil sewa. Pengunjung tidak perlu jauh-jauh mencari tempat parkir. Tempat parkir ini juga memiliki keamanan yang memadai. Para pengunjung bisa merasa tenang ketika meninggalkan kendaraannya di parkiran museum.

4. Toilet

Toilet adalah fasilitas wajib yang ada di setiap tempat wisata. Museum ini memiliki fasilitas toilet yang memadai. Bahkan ketika para pengunjung sangat ramai, anda tidak perlu merasa khawatir. Kondisi toilet yang ada di museum ini juga sangat bersih dan rapi. Hal ini sejalan dengan kondisi museum yang juga sangat rapi dan bersih.

5. Hotspot Area

Fasilitas hotspot area juga ada di dalam museum. Ini artinya pengunjung bisa menggunakan internet secara gratis. Untuk mendapatkan fasilitas ini, pengunjung bisa langsung bertanya pada pihak museum. Biasanya selalu akan ada petugas yang siap membantu kebutuhan para pengunjung yang datang.

Museum Perjuangan adalah tempat yang sangat bagus dikunjungi para wisatawan khususnya para pelajar. Hal ini akan membuat generasi muda paham akan perjuangan para pahlawan. Dengan mengunjungi museum ini, kita akan lebih menghargai jasa para pahlawan.