Menikmati kota Jogja bisa dengan banyak cara. Jogja memiliki banyak tempat yang bisa dikagumi salah satu diantaranya adalah Museum Affandi. Nama Affandi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Affandi merupakan sebuah nama yang sering dituliskan di buku-buku pelajaran kesenian. Hal ini dikarenakan beliau adalah maestro ternama asal Jogja.

Lihat Museum lain yang tidak kalah menarik : Jogja National Museum

Affandi memang sudah wafat sejak tahun 1990, namun karya-karya lukisannya masih tetap hidup di hati para pengagumnya. Apalagi maestro yang satu ini adalah pelukis tingkat internasional. Jadi sudah pasti ada banyak orang di dunia ini yang mengaguminya. Di bawah ini akan disajikan informasi tentang Museum Affandi.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Museum Affandi

Letak dari museum yang satu ini terbilang cukup strategis. Museum ini terletak di Jalan Raya Yogyakarta Solo no. 167 di depan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Posisinya yang berada di depan jalan besar membuat para pengunjung bisa dengan mudah menemukan museum yang satu ini. Untuk bisa sampai ke sini, anda bisa menggunakan jasa rental mobil di Jogja.

Harga tiket masuk ke museum ini bervariasi. Variasi harga tiket ini digolongkan berdasarkan umur, status kewarganegaraan dan barang bawaan. Bagi anak-anak harga tiket Rp. 10.000,- sedangkan bagi dewasa harganya Rp. 20.000,-. Pengunjung yang berwarga kenegaraan asing harus membayar tiket Rp. 50.000,-. Jika anda membawa kamera DSLR maka anda wajib membayar retribusi sebesar Rp. 20.000,-. Namun bila anda hanya membawa kamera HP, harga tiketnya Rp. 10.000,-.

Jika ditinjau dari apa yang nantinya bisa anda dapatkan di museum ini, maka harga tiket ini masih tergolong murah. Harga tiket yang diberikan juga bisa berubah sesuai dengan kebijakan pihak pengelola museum. Namun biasanya perubahan harga tersebut tidak terlalu banyak. Jadi anda tidak perlu merasa cemas dengan kenaikan harga tiket.

Sejarah Berdirinya Museum Affandi

Museum ini jelas memiliki sejarah tersendiri yang layak untuk disimak. Pada masa produktifnya, sang maestro Affandi membuat banyak sekali lukisan. Lukisan-lukisan ini bahkan dipamerkan hingga keluar negeri seperti Inggris, India dan beberapa negara lainnya. Affandi adalah pelukis yang sangat disegani di dunia. Bahkan ia dianggap sebagai pelukis yang menggagas aliran lukisan romantisme.

Affandi tidak ingin karyanya mati begitu saja, ia membuat sebuah galeri untuk memajang semua lukisannya. Selama hidupnya Affandi telah membuat lebih dari 2000 lukisan. Namun galeri buatan Affandi masih terlalu kecil dan kurang memadai, hingga akhirnya pemerintah hadir untuk membantu. Galeri yang telah diperbesar ini diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X.

Keunikan Yang Ada Pada Museum Affandi

Galeri Affandi ini memiliki banyak sekali keunikan. Keunikan-keunikan ini merupakan hasil inspirasi dari semua segi kehidupan Affandi pada masa kejayaannya. Ketika mengunjungi museum ini siap-siap anda akan merasa takjub bagaimana seorang manusia bisa berkarya sepuasnya. Untuk menjawab rasa penasaran anda, berikut ini akan disajikan keunikan-keunikan yang ada di Galeri Affandi:

1. Memiliki Ribuan Lukisan

Mungkin anda tidak akan bisa menemukan tempat yang memiliki banyak sekali lukisan di Jogja selain di Galeri Affandi. Museum ini memiliki ribuan koleksi yang dipajang dengan sangat rapi. Semua lukisan ini memiliki cerita serta kisah dibaliknya. Ketika anda melihat lukisan-lukisan ini, cobalah untuk menangkap pesan tersurat dan tersiratnya. Affandi selalu menyampaikan sebuah pesan dan seni tinggi dalam lukisannya.

2. Terdapat Lukisan Lain Selain Milik Affandi

Meskipun namanya Galeri Affandi, namun ternyata tidak hanya lukisan Affandi yang bisa anda temui. Anda juga bisa menemui lukisan dari para pelukis lainnya. Bahkan lukisan-lukisan para seniman-seniman muda Jogja juga bisa dilihat di dalam museum ini. Apalagi jika sedang diadakan pameran lukisan dari suatu pihak. Anda bisa melihat karya-karya yang bagus.

3. Arsitektur Bangunan Yang Sangat Berbeda

Daya tarik dari museum ini juga terletak pada arsitektur bangunannya yang sangat berbeda. Arsitektur yang unik ini merupakan bagian dari seni yang ingin dipamerkan. Atap gedung galeri ini bahkan berbentuk seperti daun pisang. Bagian bawah lantai juga terdapat tangga-tangga kecil yang unik. Bangunan ini juga tidak mengkotak begitu saja. Ada banyak lengkungan unik yang bisa anda lihat.

Lihat wisata lain yang memiliki keunikan arsitektur : Masjid Kauman Jogja

4. Memiliki Menara Pandang

Pada bagian Galeri III terdapat sebuah menara pandang. Dari atas menara ini, para pengunjung bisa melihat pemandangan kota Jogja. Hal ini tentu sangat mengasyikkan dimana anda bisa mengamati aktivitas Jogja dari ketinggian. Waktu terbaik untuk naik ke atas menara pandang ini adalah pada saat senja. Di saat senja awan jingga akan mempercantik pemandangan kota Jogja.

5. Terdapat Fasilitas Kafe Loteng

Di dalam museum ini terdapat sebuah fasilitas yang diberi nama Kafe Loteng. Nama ini diambil karena letak dari kafe ini adalah di atas loteng. Kafe ini merupakan tempat makan. Dimana para pengunjung bisa beristirahat sejenak setelah merasa lelah memutari galeri. Hal ini cukup sangat membantu karena galeri ini sangat luas. Sehingga cukup menguras tenaga untuk mengitarinya dalam waktu satu kali kunjungan.

6. Terdapat Rumah Affandi Di Dalamnya

Keunikan selanjutnya adalah terdapat rumah Affandi di dalam museum ini. Rumah Affandi ini masih tertata dan terawat dengan rapi. Bahkan anda juga masih bisa melihat bagian kamar Affandi. Rumah ini adalah saksi sejarah sang maestro menciptakan karya-karya briliannya. Sehingga rumah ini tetap dijaga hingga sekarang. Banyak orang yang merasa penasaran dengan kamar ini.

7. Memiliki Benda-Benda Antik

Di dalam museum, anda tidak hanya akan menemukan lukisan-lukisan. Ada juga beberapa benda-benda antik seperti patung, mobil, sepeda ontel dan masih banyak lagi. Semua benda-benda unik ini tertata dengan baik. Pengunjung juga boleh berfoto bersama semua benda-benda antik ini. Semua benda-benda antik ini memiliki sejarahnya sendiri bersama Affandi.

Nikmati semua keunikan-keunikan yang ada di dalam museum ini. Ketika berlibur ke sini, ada beberapa tips khusus untuk anda. Semua tips ini penting untuk diikuti agar liburan anda menjadi seru.

Tips Berlibur Ke Museum Affandi

Setidaknya ada 3 tips khusus untuk anda. Ketiga tips ini akan membantu anda mendapatkan liburan yang berkualitas. Berikut ini tipsnya:

  • Jangan Datang Pada Hari Libur. Biasanya tempat ini ditutup pada hari libur atau weekend. Jikapun dibuka, biasanya pengunjung yang datang sangat ramai. Sehingga lebih baik anda datang pada hari Senin-Jumat.
  • Bawa Kamera . Meskipun anda dituntut untuk membayar lebih jika membawa kamera, namun rasanya sayang sekali jika sudah datang ke sini namun tidak mengambil foto. Ada banyak lukisan bagus yang bisa anda abadikan lewat bidikan kamera.
  • Jangan Terburu-buru. Ketika anda berkunjung ke sini, usahakan jangan terburu-buru. Nikmati setiap sajian lukisan yang dipajang. Kunjungi setiap bagian galeri dan jangan sampai ada karya yang terlewatkan. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan bagi anda para pecinta seni.

Jadi masih ragu untuk mengunjungi Museum Affandi? Tentu saja anda tidak boleh ragu untuk datang ke museum ini. Museum Affandi adalah museum yang sangat unik dan layak untuk segera dikunjungi.