Jogja merupakan kota yang memiliki banyak sekali museum. Museum-museum ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Ada museum yang berlatar belakang seni, budaya, penjajahan hingga tentang sandi-sandi negara. Museum yang paling terkenal dengan koleksinya yang unik berupa sandi negara adalah Museum Sandi. Sama seperti namanya, museum yang satu ini memang menyimpan banyak sandi.

Lihat Museum lain di Jogja: Museum Batik Jogja

Sandi adalah kode-kode khusus yang digunakan sebagai media komunikasi penting untuk suatu tujuan. Diperlukan kemampuan khusus untuk bisa memecahkan kode-kode ini agar bisa dipahami maknanya. Jika anda adalah orang yang tertarik dengan dunia persandian, maka anda wajib mengunjungi museum yang satu ini. Museum ini tergolong unik dan jelas berbeda jauh dari museum-museum pada umumnya.

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Museum Sandi

Sebelum ke museum ini, sebaiknya anda mengetahui  lokasi dari museum ini. Museum ini terletak di Jalan Faridan Muridan Noto no.21 , Kota Baru, Yogyakarta. Lokasi ini terbilang cukup mudah untuk ditemukan. Namun sebaiknya anda menggunakan jasa rental mobil yang ada di Jogja. Hal ini akan memudahkan anda untuk bisa mencari rute alternatif terdekat menuju ke museum ini.

Museum Sandi buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Namun pada hari libur dan hari-hari besar museum ini ditutup. Oleh sebab itu, jika anda ingin berkunjung ke sini, pastikan anda berkunjung bukan pada saat hari libur. Dari hari Senin hingga Kamis, museum ini dibuka dari jam 08.30 hingga 15.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat dibuka pada jam 08.30-11.30. Khusus pada Sabtu dan Minggu pada jam 09.00-12.00 WIB.

Anda tidak perlu merasa khawatir untuk urusan tiket. Museum ini dibuka untuk umum secara gratis. Ini artinya anda tidak perlu membayar untuk bisa masuk ke dalam museum. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda. Jalan-jalan ke museum ini tidak membutuhkan banyak biaya. Anda hanya perlu memikirkan biaya perjalanan saja.

Sejarah Berdirinya Museum Sandi

Museum ini memiliki sejarah berdirinya sendiri. Selama ini di Indonesia tidak pernah memiliki sebuah museum yang menyimpan koleksi tentang sandi. Oleh karena itu, pada tahun 2006. Sultan Hamengku Buwono X memiliki gagasan untuk membuat sebuah museum bertema sandi. Hal ini dilatarbelakangi kunjungan dari pihak Sekolah Tinggi Sandi Negara  (STSN) ke Yogyakarta.

Tentu saja hal ini membuat museum ini menjadi museum bertema sandi pertama yang didirikan di Indonesia. Museum ini juga pernah mengalami beberapa kali perbaikan akibat gempa yang beberapa kali mengguncang Jogja. Dengan berdirinya museum ini, masyarakat bisa memiliki fasilitas yang memadai untuk bisa mengetahui lebih dalam lagi tentang dunia persandian.

Baca juga tempat wisata Museum di Jogja yang lain : Museum Affandi

Koleksi Yang Ada Di Museum Sandi

Ada banyak koleksi yang bisa anda temui di dalam museum ini. Semua koleksi-koleksi ini sangat unik bahkan tidak bisa anda temui di tempat lain. Penasaran apa-apa saja koleksi yang dimiliki museum ini? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Replika Peralatan Sandi

Koleksi pertama yang bisa anda temui adalah replika peralatan sandi. Dalam mengerjakan tugasnya, badan sandi negara menggunakan banyak peralatan sandi. Oleh sebab itu, museum ini mencoba memberikan gambaran tentang alat-alat tersebut melalui bentuk replika. Semua peralatan ini akan memberikan anda gambaran yang jelas mengenai apa itu sandi negara dan betapa pentingnya pekerjaan ini.

2. Buku-Buku Kode

Dalam memecahkan masalah persandian, seseorang harus memiliki ilmu yang cukup tentang kode-kode. Ilmu ini bisa didapatkan melalui buku-buku yang mengulas tentang kode-kode tertentu. Di dalam museum ini, anda bisa melihat banyak buku-buku yang khusus mengulas tentang kode. Hal ini tentu akan menambah wawasan setiap pengunjung yang datang.

3. Lukisan Penggunaan Sandi Dalam Perundingan

Sebuah sandi penting biasanya digunakan dalam perundingan-perundingan.  Anda juga bisa melihat bagaimana sebuah sandi digunakan dalam perundingan penting. Hal ini akan diinterpretrasikan dalam lukisan-lukisan. Anda bisa melihat betapa pentingnya sebuah sandi dalam memenangkan sebuah perundingan. Oleh sebab itu, lukisan-lukisan ini sangat menarik untuk diamati.

4. Patung-Patung Unik

Ada banyak patung-patung unik yang ada di museum ini. Patung-patung ini menggambarkan para pejuang sandi negara. Dari patung-patung ini anda bisa melihat sosok-sosok yang sudah berjasa dalam urusan persandian negara.

5. Sepeda Unik

Di dalam museum juga terdapat beragam benda-benda unik. Salah satu benda unik yang ada di dalam museum adalah sepeda. Sepeda ini unik karena bentuknya dan juga sejarahnya. Hal ini akan memberikan anda gambaran bagaimana pada zaman dahulu seorang kurir mengantarkan sebuah sandi penting.

Semua koleksi-koleksi yang ada di atas bisa anda nikmati dengan mudah. Berada di dalam museum ini sangat menyenangkan karena ada banyak fasilitas. Meskipun gratis bukan berarti museum ini minim akan fasilitas. Ada banyak fasilitas yang akan membuat para pengunjung akan merasa betah.

Fasilitas Yang Ada Di Museum Sandi

Pengunjung yang datang ke sini akan dijamu dengan 5 fasilitas utama. Kelima fasilitas utama ini akan membuat kunjungan anda berkesan. Berikut ini fasilitas-fasilitas yang ada di Museum Sandi:

1. Fasilitas Pemandu Museum

Begitu sampai ke museum ini anda akan dipandu langsung oleh pemandu museum. Anda akan dibawa berkeliling museum. Pemandu museum di sini juga sangat ramah. Anda bisa bertanya banyak hal seputar koleksi-koleksi yang ada di dalam museum. Fasilitas pemandu ini juga gratis jadi anda tidak perlu merasa khawatir.

2. Ruang Pameran

Fasilitas ruang pameran adalah fasilitas yang paling wajib anda manfaatkan. Hal ini dikarenakan di dalam ruangan inilah semua koleksi-koleksi penting dipajang. Sebaiknya habiskan banyak waktu anda di ruangan ini ketika berkunjung. Ada banyak sekali koleksi yang bisa anda lihat dan pelajari.

3. Ruang Multimedia

Dalam museum ini juga terdapat ruang multimedia. Di ruang multimedia ini biasanya akan diberikan pertunjukan-pertunjukan khusus berupa tontonan gratis.Ruang multimedia ini juga memberikan gambaran jika museum ini sudah termasuk museum yang modern. Fasilitas ini juga sangat berguna bagi para pengunjung.

4. Ruang Perawatan Koleksi

Koleksi-koleksi yang sedang mengalami masa perawatan akan diletakkan di dalam museum ini. Museum ini memberikan perawatan-perawatan khusus pada setiap koleksi yang ada. Hal ini penting dilakukan karena setiap koleksi yang ada tidak ternilai harganya. Sehingga koleksi-koleksi museum ini tidak boleh mengalami kerusakan.

5. Crypto Games Berteknologi Touch Screen

Di dalam museum ini juga terdapat fasilitas untuk bermain game. Sehingga para pengunjung tidak perlu merasa bosan ketika berada di dalam museum. Anda juga bisa mencoba fasilitas ini jika sedang berkunjung ke museum Sandi. Aktivitas yang satu ini adalah aktivitas yang sangat seru dan sayang jika dilewatkan.

Dapatkan banyak pelajaran berharga dari museum ini. Bagi anda yang menyukai aktivitas memecahkan kode-kode tertentu layaknya seorang detektif, tempat ini akan sangat menyenangkan. Berkunjung ke museum ini akan membuka wawasan anda tentang dunia persandian yang banyak tidak diketahui. Setelah mengunjungi museum ini anda akan mengetahui betapa rumit dan serunya dunia persandian.