Kota Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang banyak menyimpan kisah perjuangan para pahlawan. Jenderal Sudirman merupakan salah satu pahlawan yang menjadi bagian sejarah dari kota Jogja. Bahkan perjuangan Jenderal Sudirman di kota Jogja diabadikan kisahnya lewat Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman.

Lihat juga museum lain : Museum Perjuangan Jogja

Museum yang bercerita tentang Jenderal Sudirman ini juga biasa disebut dengan museum Sasmitaloka. Pengunjung yang datang ke museum ini biasanya karena merasa tertarik dengan sosok Panglima Jenderal Sudirman. Jenderal Sudirman adalah pahlawan besar bagi bangsa Indonesia. Bahkan namanya selalu diabadikan menjadi nama-nama jalan besar yang ada di Indonesia. Menelusuri jejak kehidupan sang jenderal tentu sangat menyenangkan.

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman

Museum ini terletak di Jalan Bintaran Wetan nomor 3 Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke Museum Sasmitaloka, para pengunjung bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Akses menuju ke museum ini lebih mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi daripada dengan angkutan umum. Namun para pengunjung tidak perlu merasa khawatir. Hal ini dikarenakan museum ini terbilang mudah untuk dijangkau.

Jika ingin datang ke museum ini, jangan datang pada akhir pekan dan hari libur. Museum ini hanya dibuka mulai dari hari Senin hingga Jumat. Bahkan pada hari libur atau tanggal merah, museum ini juga ditutup. Pengunjung bisa datang dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Rentang waktu jam buka ini terbilang cukup lama. Sehingga para pengunjung bisa mengelilingi museum ini dengan leluasa.

Baca juga tentang museum menarik lainnya : Museum Batik Jogja

Pengunjung yang ingin masuk ke museum Sasmitaloka wajib membayar uang tiket masuk. Namun, untungnya harga tiket masuk ini tidak mahal sama sekali. Pengunjung akan dikutip uang seikhlas hati. Ini artinya, pengunjung boleh memberikan uang berapa pun untuk mendapatkan tiket masuk. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan pengunjung. Melihat fasilitas yang cukup lengkap, rasanya tiket ini harganya sangat tidak sepadan.

Fasilitas Yang Ada Di Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman

Ada banyak fasilitas yang ada di dalam museum ini. Semua fasilitas ini akan memberikan kenyamanan pada para pengunjung. Sehingga pengunjung bisa merasa betah berada di dalam Museum Sasmitaloka. Apa saja fasilitas yang ada di museum ini? Berikut ini rinciannya:

1. Ruang Koleksi Utama

Di ruang koleksi ini, para pengunjung bisa melihat beragam koleksi yang berhubungan dengan Jenderal Sudirman. Semua koleksi tersusun dengan rapi. Bukan hanya itu, bahkan koleksi-koleksi ini juga terjaga dengan rapi. Hal ini dilakukan agar semua barang-barang peninggalan dari Jenderal Sudirman tetap awet dan tidak rusak. Di ruang koleksi ini para pengunjung bisa melihat koleksi-koleksi yang unik.

2. Ruang Diorama

Diorama adalah sejenis miniatur yang menggambarkan sebuah peristiwa atau kondisi sesuatu, Di dalam museum ini juga terdapat ruang diorama, Ada cukup banyak diorama yang dipajang di dalam museum ini. Semua diorama ini menggambarkan tentang perjuangan jenderal Sudirman dalam melawan Belanda. Dari Diorama-Diorama ini, pengunjung akan belajar banyak hal mengenai beratnya perjuangan Jenderal Sudirman.

3. Mushola

Bagi yang muslim, di dalam museum ini juga terdapat mushola. Sehingga bagi siapapun yang ingin melakukan sholat tidak harus keluar dari kompleks museum. Museum ini adalah bekas kediaman Jenderal Sudirman. Jenderal Sudirman adalah tokoh pahlawan yang beragama islam dan sangat taat dalam beribadah. Sehingga fasilitas untuk sholat juga sudah harus ada sejak zaman dulu ketika jenderal Sudirman masih hidup.

4. Ruang Dokumentasi

Jika para pengunjung ingin melihat banyak foto dan dokumentasi dari Jenderal Sudirman, maka ruangan inilah yang harus dikunjungi. Di dalam ruang dokumentasi, ada banyak sekali foto dan gambar Jenderal Sudirman sewaktu dalam masa perjuangan. Semua dokumentasi ini bercerita banyak hal tentang sosok sang Jenderal.

5. Ruang Tidur Jenderal Sudirman

Di dalam museum ini juga terdapat ruang tidur Jenderal Sudirman. Ruang tidur ini bahkan desainnya tetap dijaga sehingga tetap mirip dengan kondisi awal. Di ruang inilah dulunya Jenderal Sudirman tidur jika sedang tidak dalam masa tugas. Namun saat masa tugas, Jenderal Sudirman lebih banyak menghabiskan waktu di dalam hutan bersama para pejuang untuk melakukan serangan pada Belanda.

6. Tempat Parkir Yang Luas

Fasilitas tempat parkir juga disediakan oleh pihak pengelola. Tempat parkir ini terbilang cukup luas. Sehingga para pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya tanpa harus bingung mencari tempat parkir. Tempat parkir ini juga sangat aman. Para pengunjung bisa merasa tenang saat berjalan-jalan di dalam museum. Kawasan parkir ini dulunya juga merupakan bagian dari halaman rumah Jenderal Sudirman.

7. Ruang Tidur Putra Putri Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman adalah pahlawan yang memiliki banyak anak. Ada 9 orang anak Jenderal Sudirman. Para pengunjung juga bisa melihat kamar para putra-putri Jenderal ini. Untuk sekelas Jenderal, kamar-kamar ini terbilang cukup sederhana. Hal ini dikarenakan Jenderal Sudirman selalu mengajarkan kesederhanaan serta kebersamaan pada anak-anaknya.

8. Ruang Kerja

Fasilitas yang satu ini adalah sebuah ruangan dimana Jenderal Sudirman bekerja. Di dalam ruangan ini terdapat banyak koleksi senjata seperti pedang samurai. Semua yang ada di ruang kerja ini adalah bukti betapa seriusnya Jenderal Sudirman dalam bekerja. Di ruangan ini juga terdapat berbagai piagam penghargaan serta bintang jasa yang disematkan pada Jenderal Sudirman.

9. Ruang Koleksi Kendaraan

Ruang yang satu ini adalah ruang dimana pengunjung bisa melihat kendaraan-kendaraan yang pernah digunakan oleh Jenderal Sudirman. Bahkan para pengunjung bisa melihat tandu yang digunakan untuk membawa Jenderal Sudirman ketika perang gerilya. Hal ini tentu sangat kaya akan sejarah perjuangan gerilya Sang Jenderal.

10. Toilet

Fasilitas toilet juga bisa ditemukan dengan mudah di dalam Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman ini. Toliet ini adalah toilet yang khusus bagi para pengunjung. Kebutuhan toilet di tempat-tempat wisata jogja seperti ini memang sangat penting. Hal ini dikarenakan toilet adalah fasilitas wajib yang memang harus ada.

11. Pendopo

Museum ini juga memiliki fasilitas berupa pendopo. Pendopo ini dikhususkan untuk umum. Apabila ada rapat atau pertunjukan dari pihak museum, maka fasilitas pendopo inilah yang digunakan. Pendopo ini juga cukup luas, sehingga bisa muat untuk para pengunjung. Letak dari pendopo ini juga cukup strategis. Sehingga mudah dijangkau oleh para pengunjung museum yang datang.

12. Ruang Rumah Sakit Panti Rapih

Ruang ini adalah ruang dimana pengunjung bisa melihat kondisi Jenderal Sudirman ketika sakit. Ada banyak barang yang akan memberikan gambaran jenderal pada waktu itu. Di ruangan ini juga terdapat cerita mengenai Jenderal Sudirman yang harus dioperasi. Ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari ruangan ini.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan usaha para pahlawan kemerdekaannya. Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman memberikan banyak sekali pengetahuan tentang pengorbanan Jenderal Sudirman. Hal inilah yang membuat banyak pengunjung tetap ramai datang ke Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman. Dengan mengunjungi museum ini, pengunjung akan lebih menghargai jasa pahlawan.