Sesuai dengan namanya, salah satu obyek wisata di Yogyakarta yaitu Pantai Baru mungkin belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Hal ini dikarenakan pantai yang ada di Bantul ini memang bisa dibilang masih sangat baru. Para wisatawan biasanya hanya melewati begitu saja saat akan mengunjungi Pantai Depok atau Pantai Parangtritis.

Apabila Anda masih kurang mengenal pantai ini, maka sebaiknya simaklah beberapa hal berikut terkait dengan pantai ini.

Mengenal Pesona Pantai Baru

Pantai Baru ini memang menyajikan destinasi wisata yang baru sehingga sangat cocok dengan namanya. Anda dapat menemukan beberapa tambak ikan selama Anda dalam perjalanan menuju tempat wisata ini. Selain itu, ada juga beberapa penjual yang menjual kerajinan. Di pantai yang letaknya di pesisir selatan Kota Jogja ini, Anda bisa menikmati deretan kincir angin di lokasi pantai.

Wisata unik di jogja yang wajib dikunjungi: Gumuk Pasir Parangkusumo

Apabila Anda beruntung, Anda bisa menjumpai satu pertunjukan yang gratis diadakan di dalam kawasan pantai. Dalam acara tertentu, band-band atau campursari biasanya meramaikan suasana pantai ini. Acara ini sendiri tentunya dilengkapi juga dengan kehadiran penyanyi-penyanyi lokal.

Foto

Tempat wisata pantai labu baru ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja 3 hari.

Rute Lokasi Pantai Baru

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya sudah resmi dibuka sejak tahun 2010, akan tetapi karena kurangnya promosi dari pihak setenpat ataupun wisatawan, pantai pun kurang terjamah oleh masyarakat.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, Anda bisa berangkat dari pusat Kota Yogyakarta untuk kemudian menuju ke arah selatan. Di sini Anda perlu mengambil jalan yang mengarah ke Jalan Bantul. Selanjutnya menuju ke Bundaran Srandakan di mana merupakan penghubung Bantul dan Kulonprogo. Jika sudah melewati, ambillah jalan ke kiri dan terus lanjutkan perjalanan Anda ke selatan.

Dari sana Anda akan dapat mihat papan jalan yang menujukkan arah menuju ke Pantai Kuwaru dan Pantai Baru. Kemudian ambillah jalan menuju ke Pantai Baru. Keberadaan petunjuk jalan yang ada akan sangat membantu Anda. Hal ini dikarenakan mulai adanya pengelolaan yang baik di mana akses menuju ke lokasi pun semakin mudah. Begitu sampai di pintu masuk, Anda akan dapat melihat ujung mercusuar di antara tamanan bakau dan cemara laut.

Letak pantai ini dari pusat Yogyakarta adalah sejauh 30 kilometer, jika Anda berencana pergi kesana Anda dapat rental mobil innova reborn di jogja. Untuk perjalanannya sendiri akan memakan waktu antara 45 menit sampai dengan 1 jam. Jalanan yang Anda lewati untuk menuju ke lokasi wisata sendiri sudah sangat lancar di mana jalanannya sudah mulus dan juga beraspal.

Fasilitas Yang Tersedia di Tempat Wisata

  1. Mushola
  2. Toilet
  3. Tempat parkir yang luas
  4. Kolam renang mini
  5. Warung makan
  6. ATV
  7. Hiburan

Harga Tiket Masuk & Parkir Kendaraan

Sebelum Anda memasuki kawasan pantai ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu biaya masuk dan biaya lain yang perlu Anda keluarkan. Berikut ini adalah daftar harga untuk tiket masuk dan juga parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi ke lokasi wisata yang satu ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 4.000,-
Parkir BusRp 15.000,-
Parkir MinibusRp 10.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-

Pantai Baru yang lebih dikenal karena keberadaan mercusuar di dalamnya ini masih satu deret letaknya dengan Pantai Pandansari. Selain itu, dekat juga dengan Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo. Usia pantai yang cukup baru menjadikan pantai ini dinamakan Pantai Baru Bantul.

Jangan lewatkan, tempat liburan unik dan seru: Jogja Bay

Demikian tadi beberapa hal berkaitan dengan Pantai Baru Jogja yang mungkin baru Anda ketahui juga. Bagi Anda yang kebetulan sedang berada di Yogyakarta atau justru di Bantul, sangat direkomendasikan untuk datang berkunjung ke pantai yang masih baru dan juga belum banyak terjamah ini.