Jogja adalah kota budaya yang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Ada banyak budaya di Jogja yang masih sangat terjaga hingga sekarang. Salah satu tempat yang memiliki fungsi untuk menjaga kelestarian budaya ini adalah Taman Budaya Jogja. Taman budaya ini sudah lama dibuka dan dijadikan sebagai tempat untuk memerkan kesenian Jogja pada para wisatawan. Jika anda ingin mengenal budaya Jogja dengan lebih dekat, maka tempat yang satu ini wajib untuk dikunjungi.

Lokasi, Akses Dan Harga Tiket Masuk Taman Budaya Jogja

Lokasi taman budaya ini terletak di Jalan Sri Wedani No 1. Tempat wisata yang satu ini terbilang cukup strategis letaknya karena berdekatan dengan Keraton Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke taman budaya ini, anda bisa menggunakan transportasi umum. Namun untuk menjamin kenyamanan perjalanan anda sebaiknya anda menggunakan jasa sewa mobil. Akses menuju ke tempat ini juga terbilang tidak sulit. Sehingga anda akan bisa mendapatkan perjalanan yang lancar menuju ke sini.

Sebenarnya untuk bisa masuk ke taman budaya ini anda tidak perlu membayar uang tiket sama sekali. Namun taman budaya sebenarnya adalah tempat dimana para seniman atau pihak luar mengadakan pagelaran. Sehingga ketika anda ingin melihat acara pagelaran seni tersebut, anda harus membayar tiket sesuai dengan yang diminta penyelenggara. Ada beberapa pagelaran yang terkadang gratis. Namun jika pun harus bayar, anda jangan merasa khawatir sebab biasanya harga tiket sangat murah.

Baca tempat wisata budaya lain di Jogja : Museum Sonobudoyo

Sejarah Dari Taman Budaya Jogja

Sebagai tempat yang didirikan untuk melestarikan kebudayaan, taman budaya memiliki sejarahnya sendiri. Tempat ini berdiri tepat pada tanggal 11 Maret 1977. Bangunan dari taman budaya ini diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono ke IX. Awalnya Taman Budaya diberi nama dengan Purna Budaya. Pengelolaan dari taman ini sendiri di atur oleh pemerintah sesuai dengan perundang-undangan.

Berdirinya taman budaya ini sebagai fasilitas untuk menjawab kebutuhan para seniman Jogja menunjukkan hasil seni dan kreatifitas mereka. Sehingga dibuatlah sebuah bangunan yang memiliki fungsi dan fasilitas untuk seniman. Hal ini tentunya disambut baik oleh masyarakat. Sejak zaman dulu, tempat ini juga digunakan oleh para mahasiswa untuk menampilkan karya-karya mereka. Dengan adanya taman budaya ini, masyarakat menjadi lebih dihargai karya seninya.

Fasilitas Yang Ada Di Taman Budaya Jogja

Taman budaya ini memiliki banyak fasilitas. Semua fasilitas ini bisa digunakan oleh pihak yang mengadakan acara di tempat ini. Tentu saja fasilitas ini juga berguna untuk membuat para pengunjung merasa nyaman dengan berada di sana. Apa saja fasilitas tersebut? Berikut ini rincian lebih jelasnya:

1. Concert Hall Taman Budaya

Fasilitas yang satu ini berguna sebagai ruang diskusi keilmuan. Keilmuan yang dibahas biasanya tentang kesenian atau kesusastraan. Taman budaya pada umumnya membuka diskusi ini untuk siapa saja yang tertarik ingin ikut. Jadi jika anda ingin ikut ke diskusi ini anda hanya perlu bergabung dan tidak perlu membayar apapun.

2. Gedung Societet Military

Gedung Societet Military merupakan fasilitas yang disediakan untuk melakukan pertunjukan. Di dalam gedung ini terdapat sebuah panggung besar untuk siapa saja yang ingin melakukan pertunjukan. Di samping itu, kapasitas gedung ini cukup banyak bahkan mampu menampung penonton hingga 500 orang. Tepat di depan panggung terdapat kursi berjajar rapi untuk para penonton.

3. Perpustakaan

Gedung ini juga memiliki perpustakaan. Bagi anda yang suka baca dan ingin mengetahui banyak hal tentang kebudayaan di Jogja dengan baik, maka tempat ini sangat pas untuk anda. Di dalam perpustakaan ini ada banyak sekali koleksi buku yang sangat berguna. Anda bisa membacanya secara gratis.

4. Mushola

Jangan takut jika waktu sholat datang ketika anda berkunjung ke taman budaya. Hal ini dikarenakan tempat ini memiliki mushola untuk melaksanakan ibadah sholat. Jadi para pengunjung tidak perlu merasa khawatir dalam urusan beribadah. Taman budaya memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

5. Toilet

Tempat ini juga memiliki fasilitas toilet untuk para pengunjung. Ada cukup banyak toilet yang bisa digunakan para pengunjung. Kondisi toilet yang ada di taman budaya juga terbilang cukup baik.

6. Tempat Parkir

Tempat parkir juga merupakan fasilitas yang bisa didapatkan para pengunjung. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir harus membayar uang parkir. Area parkir taman budaya juga terbilang cukup luas. Sehingga anda bisa lebih leluasa menggunakannya.

7. Kafe Tempat Makan

Jika anda lapar ketika berada di tempat ini, anda tidak perlu pergi jauh-jauh. Taman budaya juga memiliki fasilitas berupa kafe untuk tempat makan. Ada beragam jenis makanan yang bisa anda beli di kafe ini.

Itulah fasilitas yang bisa anda gunakan di Taman Budaya Yogyakarta. Semua fasilitas ini bisa anda gunakan untuk melihat beragam kegiatan yang diadakan di sini. Ada banyak kegiatan menarik yang sering diadakan di taman budaya.

Baca spot wisata lain dekat Taman Budaya Jogja : Titik Nol Jogja

Kegiatan Yang Sering Diadakan Di Taman Budaya Jogja

Beragam kegiatan yang sering diadakan di Taman Budaya Yogyakarta sangat sayang jika anda lewatkan. Bila perlu, usahakan anda berkunjung ke sini saat sedang diadakan rangkaian acara yang sangat menarik. Apa saja kegiatan yang selalu diadakan di taman budaya ini? Berikut ini informasinya:

1. Pameran Seni Rupa

Di Taman Budaya Yogyakarta sering diadakan pameran seni rupa. Pameran seni rupa ini sangat menarik. Anda bisa melihat beragam hasil karya seniman yang dipajang dengan rapi. Semua seni rupa ini bentuknya beragam mulai dari lukisan, patung, guci dan masih banyak lagi.

2. Pementasan Teater

Jika anda suka nonton teater maka taman budaya ini adalah tempat yang paling seru. Di sini ada banyak drama yang sudah di tampilkan. Tidak jarang drama-drama yang ditampilkan adalah drama yang menceritakan kehidupan masyarakat Jogja. Jadi tidak ada salahnya jika anda datang ke sini pada saat sedang diadakannya pementasan drama atau teater.

3. Diskusi Sastra

Diskusi sastra juga selalu diadakan di tempat ini. Beberapa hal yang didiskusikan mulai dari bedah buku, puisi dan masih banyak lagi. Diskusi ini tidak jarang melibatkan para budayawan yang ada di Jogja.

4. Pembacaan Puisi

Pembacaan puisi hingga kompetisi puisi juga sering diadakan di taman ini. Bagi anda yang suka dengan puisi, anda juga bisa ikut kompetisi yang sering diadakan. Puisi adalah bagian dari seni yang sangat dihargai di Jogja. Jadi anda juga bisa  mengapresiasikan puisi yang anda punya.

5. Festival Kesenian

Kegiatan yang paling besar yang bisa dijumpai di sini adalah festival kesenian. Festival ini biasanya sangat ramai. Ada banyak pihak seperti penari dan juga ada banyak parade yang dilakukan. Tentu saja hal ini sangat menarik untuk ditonton.

Ikuti semua kegiatan seru yang ada di Taman Budaya Jogja. Tips untuk anda, jika ingin ke sini , anda bisa cek pada laman website Taman Budaya Yogyakarta. Pada website mereka, pihak taman budaya biasanya selalu memberi tahu kegiatan apa saja yang sedang mereka adakan pada tanggal-tanggal tertentu. Sehingga anda bisa datang pada saat yang tepat.