Pantas jika Jogja mendapatkan sebutan daerah istimewa karena Jogja memang istimewa, selain terkenal dengan kulinernya Jogja juga dikenal sebagai kota budaya. Banyak sekali seniman nasional yang lahir dari kota Jogja, pameran seni pun selalu ada seolah tidak ada putusnya ide para senimannya. Salah satu tempat pameran karya seni adalah Jogja Gallery yang sayang jika dilewatkan.

Bisa dibilang setiap hari kota ini selalu memiliki event seni yang menarik untuk dinikmati, membuat selalu rindu mengunjungi Jogja. Memang sebagai kota budaya Jogja tidak pernah sepi dari pameran, seniman-seniman Jogja selalu punya ide membuat pameran. Jogja gallery art jadi salah satu tempat untuk memamerkan karya mereka.

Lokasi Dan Info Harga Tiket Masuk Jogja Gallery

Lokasi obyek wisata Jogja Gallery terletak di bekas gedung teater Suboharsono yang telah didirikan sejak tahun 1929 namun sejak 1980 sudah terbengkalai. Letaknya sangat strategis, karena terletak di dekat keraton Yogyakarta yang merupakan pusat kebudayaan kota Jogja sekaligus ikon kota ini. Beralamat di Jalan Perkapalan No 67, Alun-alun Utara Yogyakarta.

Galeri ini memiliki jam operasional dari hari selasa hingga hari minggu pukul 09.00 WIB-21.00 WIB. Harga tiket masuk ke Jogja Gallery adalah 3.000 rupiah/ orang, harga yang sangat murah untuk menikmati karya seni yang sangat berharga. Merupakan obyek wisata budaya yang cocok bagi anda yang tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang budaya khususnya budaya Jogja.

Cara Menuju Lokasi Jogja Gallery

Lokasi obyek wisata Jogja Gallery ini sangat strategis berada di tengah kota Jogja, berdekatan dengan keraton Jogja. Sangat mudah untuk menemukan lokasi galeri seni ini, dari stasiun tugu atau pun bandara Adi Sucipto menggunakan kendaraan umum. Banyak alternatif kendaraan yang bisa ada gunakan untuk menuju lokasi obyek wisata.

Namun jika anda ingin lebih nyaman, anda bisa menyewa mobil di Jogja dan driver akan mengantar anda sampai di depan Jogja Gallery. Anda tinggal menghubungi tempat sewa dan mobil akan menjemput anda di stasiun atau bandara untuk kemudian diantar ke lokasi.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan

Jogja Gallery ini merupakan galeri seni visual yang memiliki 3 ruang pameran yang mempertahankan bentuk aslinya yaitu bangunan tradisional Jawa. Tempat ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi anda penikmat karya seni. Banyak hal yang bisa anda lakukan di galeri seni ini, seperti:

1. Menikmati Indahnya Lukisan

Saat memasuki ruangan galeri yang terdiri dari tiga ruangan ini, dapat dilihat banyak lukisan terpajang rapi di dinding. Lukisan yang ditampilkan ada berbagai tema dan jenis lukisan yang merupakan karya dari pelukis setempat. Mulai dari lukisan surialis, futuris, abstrak, impresionis semua tersaji dengan indahnya menunjukkan maksud dari sang pelukis.

Galeri seni ini memang sangat cocok bagi anda penikmat seni yang membutuhkan referensi dalam melukis atau sekedar sebagai pengamat. Anda akan menikmati setiap waktu anda berada di dalam galeri ini, karena karya seni favorit terpajang rapi di sana. Bagi pecinta lukisan pasti tidak rela jika harus meninggalkan galeri seni Jogja ini.

2. Menikmati Karya Seni Rupa 3D

Selain karya seni lukis juga dipamerkan karya seni rupa tiga dimensi yang akan menumbuhkan kembali jiwa seni anda. Berbagai jenis seni rupa dari banyak seniman dipajang di galeri ini, siap untuk anda nikmati dan resapi maknanya. Patung, relief, mozaik, grafis dan berbagai seni rupa bisa anda temukan di galeri ini.

Bagi mahasiswa tau siswa yang mendalami ilmu seni rupa sangat cocok mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Hal itu karena mata anda akan dimanjakan dengan keindahan berbagai karya seni rupa dari banyak seniman Jogja dan sekitarnya. Jika anda event pameran maka karya seni yang bisa anda nikmati akan lebih banyak lagi jumlahnya.

3. Menonton Film Dokumenter

Banyak event pameran seni yang diadakan di galeri seni Jogja ini, salah satunya adalah seni dalam bentuk film. Ada bisa menikmati film yang diputar sesuai dengan event pameran saat itu. Salah satu film yang pernah diputar adalah film dokumenter tentang perjuangan, Jogja kota revolusi.

Memang sudah diketahui jika kota Jogja merupakan salah satu kota tempat perlawanan pahlawan terhadap penjajahan. Banyak benda kenangan yang bersejarah berada di kota ini dan juga dipamerkan di galeri ini. Film dokumenternya pun bercerita tentang masa-masa melawan penjajah dan merebut Jogja kembali dari tangan mereka.

4. Berfoto Di Depan Galeri

Arsitektur Jogja Gallery ini memang unik, bangunan lama yang merupakan bioskop dan dibangun oleh Belanda. Dari depan tampak bentuk bangunan tradisional khas Jawa dengan pintu gebyoknya yang sangat menarik untuk diabadikan. Bangunannya sederhana namun tampak sangat asri dengan warna hijau yang dominan dari luar.

Anda bisa berfoto di depan galeri dan mengabadikan momen saat anda berada di sana. Foto tersebut bisa anda posting ke media sosial karena merupakan foto yang menarik yang menjadi bukti ada mencintai budaya bangsa.

5. Berwisata Kuliner Di sekitar Galeri

Setelah puas berwisata budaya di dalam Jogja Gallery kini saatnya anda mengisi perut ada dengan melakukan wisata kuliner khas Jogja di sekitar situ. Ada banyak tempat makan yang bisa anda kunjungi, tinggal dipilih sesuai dengan selera anda.

Mulai dari gudeg Jogja Wijilan, Nasi Goreng Beringharjo, Jamu jawa, Tongseng, sate buntel ada semua di sana. Anda tinggal memilih mana yang paling anda sukai, karena semua kuliner tersebut recommended untuk dicoba. Jika ingin berkeliling dan berwisata kuliner memang akan lebih nyaman dengan menggunakan jasa sewa mobil Jogja yang sudah mengenal kota ini.

6. Berwisata Di Sekitar Galeri

Lokasi galeri ini memang sangat strategis berada di tengah-tengah kota dan dekat dengan obyek wisata lainnya yang juga terkenal. Setelah menghabiskan waktu menikmati seni, anda bisa berwisata ke obyek wisata lainnya yang berada di sekitar sana. Anda bisa mengunjungi Keraton, jalan-jalan di Malioboro, atau pergi ke pasar Beringharjo.

Baca informasi lebih lanjut tentang : Jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta dan Pasar Beringharjo

Gunakan kesempatan anda sebaik-baiknya selagi berada di Jogja, apalagi jika pergi bersama keluarga. Anda bisa mengelilingi obyek-obyek wisata yang ada di sana dan menikmatinya bersama keluarga. Memang akan lebih nyaman jika ada driver dari sewa mobil Jogja yang bisa mengantarkan anda berkeliling.

Banyak hal menarik yang bisa dilakukan jika berkunjung ke Jogja Gallery di pusat kota Jogja ini. Anda tidak akan menyesal jika menyempatkan diri untuk masuk ke dalamnya karena ada banyak hal yang bisa anda nikmati. Keluar daro obyek wisata ini pasti menumbuhkan jiwa seni dan kreatifitas dari dalam diri.

Memang berbagai event serta pameran diadakan di galeri seni ini baik skala lokal, nasional atau pun internasional. Sangat menarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri menikmati obyek seni di dalam galeri ini. Sangat disayangkan jika sebagai warga lokal tidak menyempatkan diri mengunjunginya sebagai wujud menghargai karya seni anak bangsa.