Banyak orang yang beranggapan bahwa seseorang belum bisa dikatakan pernah ke Jogja jika belum berfoto di depan Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja. Tuju Jogja merupakan landmark atau ikon yang sangat terkenal. Maka tidak heran, jika setiap harinya ada banyak orang yang berfoto ria di depan tugu ini. Jika anda sedang berada di Jogja maka anda wajib mengunjungi Tugu Jogja. Tugu ini memang sudah lama dijadikan sebagai tempat wisata.

Jika berbicara tentang Tugu Jogja, maka ada banyak sekali yang harus dibahas mulai dari letak, sejarah dan berbagai hal penting lainnya. Anda juga harus mengetahui mengapa kata “Pal Putih” disematkan pada tugu yang satu ini. Untuk menjawab semua rasa penasaran anda tentang Tugu Jogja, di bawah ini akan disampaikan beragam informasi penting seputar tugu ini.

Lokasi Dari Tugu Pal Putih

Tugu ini tepat berada di tengah-tengah perempatan jalan. Keempat jalan tersebut adalah Jalan Soedirman, Jalan Mangkubumi, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.  Tentu saja dengan lokasinya yang strategis, anda bisa dengan mudah menemukan lokasi dimana tugu ini berada. Untuk bisa menuju ke sini anda bisa menggunakan kendaraan umum atau menggunakan mobil rental. Sebaiknya anda menggunakan mobil rental agar lebih bisa mengitari seputaran kawasan Tugu Jogja ini.

Bila anda ingin ke  tugu ini, anda tidak perlu membayar biaya kontribusi apapun. Tugu ini dibangun untuk umum. Sehingga anda bisa bebas berfoto di depan Tugu Jogja. Tugu Jogja sebenarnya masih masuk ke kawasan Malioboro. Oleh sebab itu, tempat ini tidak pernah sepi dari para pengunjung. Pengunjung mulai ramai datang sejak pagi hingga malam hari. Apalagi pada saat malam hari suasananya juga sangat romantis dengan banyaknya hiasan lampu yang indah. Tugu ini juga menyimpan banyak sejarah.

Sejarah Dari Tugu Pal Putih

Sebelum anda berkunjung ke Tugu Jogja, ada baiknya anda mengetahui sejarah dari tugu ini. Tugu ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke I pada tahun 1755.  Ini artinya tugu ini sudah ada sejak lama pada zaman penjajahan dan jauh sebelum Indonesia merdeka. Tugu ini merupakan tugu yang dipercaya memiliki garis magis yang menghubungkan antara Laut Selatan, Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Pada awalnya tugu yang satu ini hanya berupa tiang silinder yang mengerucut ke atas.

Ketika terjadi gempa bumi pada tahun 1867, tugu ini mengalami kerusakan parah dan hancur. Sehingga dilakukan pemugaran besar-besaran oleh pihak keraton dan Belanda. Tugu yang satu ini tidak hanya diperbaiki, namun juga diubah bentuknya di beberapa bagian. Sejak saat itu hingga sekarang, tugu ini masih memiliki bentuk yang sama. Saat ini keberadaan tugu ini juga dijaga oleh pemerintahan Jogja. Tentu saja hal ini dikarenakan tugu ini dianggap penting dan simbol kejayaan kota Jogja.

Pada zaman dahulu, Sultan Sri Hamengku Buwono menjadikan arah dari tugu ini sebagai patokan untuk bersemedi. Lewat tugu ini juga aktivitas dari masyarakat Jogja bisa dipantau dengan baik. Tugu ini seperti sebuah saksi sejarah perubahan kota Jogja dari masa ke masa. Tentu saja hal ini sangat membanggakan. Hingga sekarang banyak orang yang melakukan beragam kegiatan di sekitar tugu ini.

Kegiatan Yang Biasa Dilakukan Di Tugu Pal Putih

Ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di tugu yang satu ini. Semua kegiatan ini adalah kegiatan yang cukup menyenangkan dan unik. Anda juga bisa mengikuti kegiatan tersebut jika anda mau. Berikut ini kegiatan tersebut:

1. Berfoto Tepat Di Depan Tugu

Hal pertama kali yang harus anda lakukan saat ke tempat ini adalah berfoto di depan tugu. Kegiatan ini adalah kegiatan yang lumrah dilakukan banyak orang ketika sedang mengunjungi Tugu Jogja. Tentu saja hal ini dilakukan sebagai bukti jika mereka sudah pernah menginjakkan kaki di Jogja. Tugu ini juga terbilang sangat bagus dan juga instagramable. Apalagi jika saat malam hari, ada banyak lampu kecil yang menghiasi.

2. Memeluk Dan Mencium Tugu

Ada kegiatan unik yang bisa anda lihat di tugu ini. Kegiatan unik tersebut adalah mencium dan memeluk Tugu Jogja. Biasanya hal ini dilakukan oleh mereka para mahasiswa rantau yang telah selesai masa studinya di Jogja. Cium dan peluk tugu ini adalah ungkapan terimakasih mereka kepada kota Jogja tempat dimana mereka menimba ilmu. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai janji pada diri mereka, jika suatu hari nanti mereka akan kembali ke kota ini.

3. Menikmati Suasana Kota Jogja

Kawasan tugu ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati suasana kota Jogja. Anda bisa melihat kesibukan masyarakat Jogja. Jika memungkinkan, sebaiknya anda melakukan kegiatan ini di pagi hari saat suasana masih sejuk dan segar. Selain pada pagi hari, waktu yang tempat untuk mengunjungi tempat ini adalah malam hari. Di seputaran tugu ini juga ada banyak penjual makanan yang menjajakan dagangannya. Sehingga anda bisa sekaligus berwisata kuliner.

Itulah kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang datang ke kota Jogja. Keistimewaan Tugu Jogja ini sebenarnya juga dikarenakan banyaknya tempat wisata yang berada di dekatnya. Sehingga para wisatawan biasanya juga menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

Tempat-Tempat Wisata Yang Dekat Dengan Tugu Pal Putih

Banyak sekali tempat-tempat wisata yang berada di dekat Tugu Jogja. Apa saja tempat-tempat tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo juga masih terletak di kawasan jalan Malioboro. Oleh sebab itu, jika anda datang ke tugu ini, anda bisa sekalian mampir berbelanja ke pasar Beringharjo. Pasar yang satu ini bukan sembarangan pasar, pasar ini adalah pasar terbesar dan terlengkap yang ada di Jogja. Di sini anda bisa mendapatkan banyak barang-barang khas dari Jogja. Anda bisa membeli batik, kerajinan tangan, blankon dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca lebih lanjut tentang Pasar Beringharjo

2. Keraton Yogyakarta

Letak tugu ini juga tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Keraton in adalah keraton kebanggaan masyarakat Jogja. Keraton ini juga dibuka untuk umum. Agar liburan anda di Jogja terasa lengkap, setelah mengunjungi Tugu Jogja, anda bisa langsung datang ke keraton ini. Pada bagain belakang keraon juga terdapat alun-alun yang terkenal. Alun-alun tersebut dinamakan alun-alun Kidul.

Baca ulasan lengkap Keraton Yogyakarta

3. Taman Pintar

Kota Jogja juga sangat terkenal dengan wisata edukasinya. Salah satu wisata eduksi yang letaknya dekat dengan tugu ini adalah Taman Pintar. Di dalam taman pintar ini terdapat banyak fasilitas yang sangat menyenangkan seperti fasilitas penelitian mini untuk anak-anak dan banyak lagi yang lainnya. Jika anda berlibur ke Jogja membawa anak-anak tidak ada salahnya anda mampir ke sini.

Lihat ulasan lebih lengkap tentang Taman Pintar

Itulah informasi lengkap tentang Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja. Tugu yang satu ini adalah monumen kaya akan sejarah. Letaknya yang strategis juga akan memudahkan anda untuk berkunjung ke beberapa tempat terkenal lainnya. Dengan berkunjung ke tugu ini berarti anda sudah benar-benar membuktikan jika anda berada di Jogja.